Bunda Produktif : Jurnal 15. Aliran Rasa HCVC

By i k k a r f - Maret 07, 2022



 Aliran rasa Hexagon City Virtual Conference

Zona Open Space benar-benar zona yang riuh dan peluang diri untuk mengenalkan karya ke khalayak umum. Ada 5 peran yang ditawarkan untuk para hexagonia, sebagai kaktwo, Bumblebee, butterfly, speaker, dan audience. Masing-masing hexagonia diharapkan mengambil ke-5 peran tersebut, dan aku menerima tantangan tersebut.

Bagiku zona O ini, zona yang paling menantang diantara keseluruhan zona. Bisa jadi karena diluar Hexagon City (kehidupan nyata) juga menantangku untuk terus bertahan menyelesaikan perkuliahan di kelas bunda produktif ini. Hampir menyerah, tetapi semangat dari teman-teman cohousing dan tim formula yang baik aku masih bertahan sampai sekarang.

Dimulai dari pengambilan peran jadi speaker, bagiku ini mudah. Pengalaman pertama di bunda sayang sudah aku lewati dengan mudah, kali inipun aku pasti bisa. Aku sudah tau mau ambil tema apa, namun yang jadi kekhawatiranku adalah waktu. Judul yang aku pilih sekaligus keresahan yang sedang aku hadapi.

Tema yang aku ambil adalah deteksi dini nyeri menstruasi dan cara mengatasinya. Memang bukan tema unggulan yang akan dipilih para ibu-ibu muda, apalagi platform yang aku pilih adalah zoom. Namun aku semangat (passion) jika cerita terkait tema ini, karena setiap bulan aku mengalaminya.

Kebetulan tanggal yang aku pilih untuk perform adalah tanggalku menstruasi, jika menstruasi deras (heavy flow) maka aku akan kesakitan yang mengganggu aktivitasku. Aku selalu ijin tidak masuk kerja jika nyeri itu datang, lalu bagaimana jika saat aku perform nyeri itu datang?

Benar saja, yang aku khawatirkan terjadi! Sebenarnya bisa saja aku rescedule jadwal perform, namun waktuku tidak banyak (ada agenda besar juga butuh fokusku). Akhirnya aku buat strategi! Aku pilih hari pertama HCVC yaitu hari Senin, sebab weekend (Jumat sampai minggu) ada acara akad adik iparku keluar kota.

Hanya butuh waktu 2-3 hari aku harus persiapkan semua beres di hari minggu, apapun yang terjadi Senin harus perform. Sebab aku butuh waktu recovery dari hari nyeri haid menuju hari sibuk persiapan adik akad, tidak bisa diundur lagi (belum juga aku kerja shift pelayanan vaksin).

Senin tiba, semua sudah siap! Strategi berikutnya aku harus atur masa kerja obat pereda nyeri bisa bantu aku perform 1 jam saja tanpa kesakitan. Hal ini tidak mudah, aku banyak merapalkan doa agar diberikan kelancaran oleh Allah. Alhamdulillah doaku diijabah Allah, aku berhasil menyelesaikan tugasku sebagai speaker dengan baik tepat 1 jam. Setelah itu, efek obat habis dan nyeri itu datang lagi.

Wah! Ini pengalaman pertamaku yang sungguh membuatku stres, bisa juga karena psikisku yang stres nyeri menstruasi kali ini luar biasa sakit daripada biasanya. Qadarullah, atas seijin Allah hari Jumat kemarin aku USG ke dokter ada kista muncul 2 cm di ovarium kananku. Terjawab sudah kenapa nyerinya begitu hebat akhir-akhir ini.

Setiap kali aku sharing materi ke khalayak umum, sebenarnya aku juga mengingatkan diriku sendiri terutama untuk mempraktikkan teori yang aku share ke pola hidupku sendiri. Setelah tau “alarm tubuh” ini aku harus lebih Istiqomah dan patuh melaksanakan pola hidup sehat agar penyakit yang ada di tubuhku mengecil dan hilang. Semangat!

Insight talkshow

Setelah selesai perform, saatnya aku belanja ide gagasan dari virtual Conference teman-teman hexagonia yang lain. Rata-rata yang aku sempat tonton ya dari live instagram dan live facebook. Tidak ada yang kebetulan, semua sudah diatur oleh Allah. 

Kebetulan tema yang teman-teman sampaikan itu yang aku butuhkan, seperti salah satu contohnya sambil aku menunggu waktu performku tidak sengaja aku lihat live facebook HCVC mengenai bagaimana kekuatan wajah, gesture serta cara berbicara ke depan kamera yang baik dan benar mempengaruhi audience kita.

Pada saat perform aku coba terapkan dan betul, meskipun aku sedikit menahan nyeri tapi teknik yang disampaikan tadi aku lakukan. Testimoni audience-ku positif semua, meskipun diakhir aku merasa udah lose control sebab ingin cepat-cepat mengakhiri karena sudah tidak kuat menahan nyeri yang mulai datang. Tapi overall, aku sukses! Terima kasih mb, tipsmu (talkshowmu) sangat menginspirasi serta membantuku sekali.

Hexagon City Fair

Sangat disayangkan, kali ini aku absen tidak bisa ikut berpartisipasi di acara Hexagon City fair. Waktu pendaftarannya terlalu mepet dan kebetulan kerjaanku sudah menumpuk serta butuh fokusku sebab aku absen kerja beberapa hari karena nyeri menstruasi.

Saat jualan temen hexagonia dibuka kebetulan aku fokus ke acara ngunduh mantu adik ipar. Aku kebagian seksi sibuk membantu mertua menyiapkan ini itu sehingga tidak ikutan membeli produk jualan teman-teman. Semoga kedepannya bisa ikutan memeriahkan Hexagon City fair tahun depan, InsyaAllah. Disela kesibukan aku masih sempat melihat unboxing teman-teman yang membeli produk HCF, ternyata keren-keren yaa. Jadi nyesel nggak ikutan beli, kalian luar biasa teman-teman! Semoga muamalahnya berkah yaa, aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments