Bunda Produktif : Jurnal 13. Zona Open Space

By i k k a r f - Februari 28, 2022



Zona Open Space menurutku zona yang lain daripada zona lainnya, disini peran individu sangat ditonjolkan. Apresiasi usaha individu dengan membolehkan promosi usahanya secara bebas namun sesuai CoC (Code of Conduct) dari Institut Ibu Profesional. Berikut ini peranku di zona ini, simak yuk!

Hexagon City Virtual Conference 2022

Ada yang menarik di zona O kali ini, seperti perkuliahan bunda produktif batch 1 lalu tahun ini juga diadakan HCVC 2022. Hexagonia baik batch 1 sampai batch 2 (yang aku ikuti sekarang) boleh melakukan conference. Semua dikerjakan sendiri, tidak ada lagi membawa nama cohousing. Lebih dari 100 speaker hexagonia ikut ke dalam acara ini, semua melakukan sharing ilmu yang masing-masing kuasai.

Begitupun aku, tidak pikir panjang aku langsung ikut berpartisipasi menjadi speaker juga di HCVC 2022. Di awal masuk Hexagon City aku dituntut untuk belajar kerjasama secara grup, nah di zona ini aku diharapkan melakukan semuanya sendiri (tugas individu). Mulai dari memilih judul apa untuk sharing nanti, platform apa yang dipilih, kapan waktunya, buat daftar feedback, promosi acara, sampai lapor secara mandiri ke tim formula.

Persiapan sebelum HCVC


 

Eflyer-pun dibuat sendiri, gambar diatas adalah flyer yang aku buat untuk memeriahkan HCVC 2022. Aliran Rasa terkait acara ini aku sudah jelaskan, yaa judul yang aku pilih sekaligus kekhawatiran yang aku takutkan juga. Alhamdulillah, atas seizin Allah dalam waktu singkat persiapan sebelum acara diberi kelancaran.

Pertama-tama aku harus memilih judul apa kira-kira yang menarik untuk diikuti banyak orang, namun juga tema-nya disesuaikan dengan cohousing yang aku ikuti saat ini. Aku ingin profesional di bidang kesehatan secara berkelanjutan terutama kesehatan reproduksi, kebetulan di cohouse WowMom aku kebagian pilih mendalami fase mempersiapkan perempuan sebelum jadi ibu (1000 Hari Pertama Kehidupan).

Akhirnya aku pilih judul menstruasi, yang umum dekat dengan kebanyakan perempuan. Tema ini aku pilih karena keresahan tentang nyeri menstruasi yang dihadapi setiap bulan, kebetulan jadwal menstruasiku bertepatan dengan tanggal yang aku pilih untuk perform. Aku memilih hari pertama HCVC agar segera selesai, kebetulan minggu ini ada agenda besar (acara keluarga) di akhir pekan.

Setelah judul dipilih, keresahan berikutnya platform apa yang aku pilih untuk perform nanti. Kalau dari materi yang aku pilih, sebaiknya aku menggunakan slide show (ppt) agar mudah penyampaian materi ke audience. Jika harus begitu ada 2 pilihan platform, zoom dan streamyard. Kebetulan keduanya aku tidak punya yang pro, harus sewa agar tidak mengganggu sharing ppt terhalang putus nyambung video.

Aku mulai melirik platform lain, bagaimana kalau instagram saja. Coba kulik instagram live-nya, bisa lah dengan kumpulin foto pengganti slide show (ppt). Kebetulan laptopku rusak, sehingga jika ingin menggunakan streamyard agak susah kalau menggunakan device lain. Sebenarnya tertarik ingin menggunakan youtube, aku pernah membuat video untuk diupload ke youtube menggunakan laptop namun terkendala karena laptop sedang rusak.

Hari penentuan jadwal waktu dan platform yang digunakan para hexagonia dibuka, kebetulan aku tau informasi sudah agak siangan. Targetku ingin menggunakan instagram yang gratis saja, sebab aku tidak faham bagaimana kalau harus sewa. Namun, waktu yang aku pilih hanya bisa ambil platform zoom saja. Hiks! Aku agak sedih, tapi mau tidak mau harus cari solusi.

Setelah tanya contact person yang ditunjuk, akhirnya aku bisa melakukan sewa zoom. Sambil dikejar-kejar rasa nyeri, beberapa hal aku tidak bisa berfikir jernih (mulai stres dan tertekan). Baru kali ini aku perform menggunakan zoom lewat ipad, biasanya pakai zoom di laptop dan bisa save video. Aku mulai belajar sebentar sehari sebelum perform menggunakan zoom lewat ipad.

It's the day !

Waktu perform tiba, setelah lika-liku pencocokan jadwal dengan hexagonia lain dengan tim formula akhirnya hari itu tiba. Tugas berikutnya promosi singkat ke khalayak ramai untuk mau bergabung ke acaraku. Hanya grup tertentu yang aku share, yang pasti instagramku dan facebook-ku sudah aku share link zoom-nya. Aku sudah pasrah berapapun audience yang datang, satu orang-pun aku sudah bahagia.





Alhamdulillah ada 11 orang yang hadir dalam acaraku, terima kasih teman-teman yang sudah hadir. Sesuai dengan janjiku, ada 1 orang teraktif yang aku beri hadiah karena keaktifannya. Yang paling pertama datang, yang pertama kali bertanya setelah acara, aku beri uang pulsa sekedarnya setelah acara. Semoga bermanfaat ya!

Setelah acara ada 2 evaluasi yang aku lakukan untuk diriku sendiri, yang pertama di akhir acara aku terlalu terburu-buru menutup acara. Jadi host sekaligus pembicara memang tantangan tersendiri, tugasku sebagai host pada saat sesi penutup agak kurang baik. Hal itu terjadi karena nyeriku sudah mau muncul lagi, sebelumnya aku minum obat pereda nyeri agar bisa perform tepat waktu dan tidak rescedule.

Evaluasi kedua, aku lupa tidak latihan simpan video pakai device baru ini. Walhasil video-nya tidak terekam, padahal aku sudah record zoom. Biasanya hasil video acaraku disimpan ke youtube-ku, namun kali ini aku kehilangan rekaman. Ada teman yang wapri aku minta rekamannya, sungguh sayang sekali aku harus sampaikan bahwa tidak ada rekaman acara HCVC-ku tadi. Hiks!

Aku harus ikhlas, dan akhir kata "it's a wrap"! Good Job Q! Setelah apa yang aku lakukan dan hadapi, acara terselenggara dengan baik, dapat testimoni manis dari audienceku. Semoga yang aku sharing-kan tadi bermanfaat buat teman-teman semua ya, terutama buatku sebagai pelaku nyeri mensturasi tiap bulannya hehe.




  • Share:

You Might Also Like

0 Comments