Bunda Produktif : Jurnal 12. Zona Growth Final

By i k k a r f - Februari 14, 2022

Ada di Zona growth di Hexagon City merupakan zona terlama, ada 3 jurnal dan ini adalah finalnya. Cohousing WowMom juga menjalankan growth mindset dengan keunikan masing-masing anggotanya. Simak bagaimana kami melakukan growth mindset dan menemukan aha-moment kami masing-masing.

Pecahkan masalah dengan Topi Berfikir Edward de Bono



Perjalanan di zona growth selama 1 bulan sangat berkesan, sisi lain tanggal tersebut sibuk-sibuknya saya sebagai vaksinator booster vaksin covid. Management waktu dan komitmen habit yang sudah ditulis pada zona sebelumnya sangat diuji. Pernah jadi si delayers di cohousing wowmom, pernah juga sempat terfikir untuk berhenti tapi sangat disayangkan sudah berjalan sejauh ini. Terima kasih pada teman-teman wowmom yang terus solid saling bantu untuk anggotanya tetap mengerjakan jurnalnya tepat waktu.

Perkuliahan di bunda produktif ini kita diajak untuk belajar kelompok, bagaimana suatu tim bisa bekerjasama secara sehat. Banyaknya isi kepala sudah tentu akan ada singgungan masalah, disinilah kita belajar bagaimana untuk menyelesaikan masalah secara sehat. Materi kali ini bu Septi mengenalkan seorang psikolog Edward de Bono dengan teorinya yang disebut "Six Thinking Hat". 

Pada tahun 1985 beliau merancang konsep topi berfikir, menurutnya premis dari metode ini adalah bahwa otak manusia berfikir dalam sejumlah cara berbeda yang dapat dengan sengaja ditantang, dan karenanya direncanakan untuk digunakan dengan cara terstruktur yang memungkinkan seseorang untuk mengembangkan taktik untuk memikirkan isu-isu tertentu.

Saatnya memasang Topi Berpikir 

Ada 6 Topi berfikir ala Edward de Bono :
  1. Gunakan topi biru, tentukan tantangan dan tujuan apa yang akan dicapai.
  2. Gunakan topi putih, kumpulkan data dan fakta pendukung yang ada.
  3. Gunakan topi hijau, pikirkan solusi sebanyak-banyaknya. Alternatif apa yang dapat diambil.
  4. Gunakan topi kuning, tentukan manfaat, values dan kelebihan dari ide-ide yang telah kita dapatkan.
  5. Gunakan topi hitam, tentukan kekurangan dari ide tersebut. Sertai dengan pertanyaan, "bagaimana cara agar kekurangan dari ide tersebut dapat dicegah atau ditanggulangi?"
  6. Gunakan topi merah, tanpa memperhatikan fakta dan data, bagaimana perasaan atau feeling kita terhadap ide tersebut?
Quote dari Edward de Bono yang bu Septi garis bawahi ini bikin saya semangat. "Kesehatan tidak hanya tentang apa yang diasup/makan. Tapi kesehatan itu juga dipengaruhi dari apa yang kita fikirkan dan katakan." Kesehatan itu tidak hanya melulu tentang fisik tapi juga harus memperhatikan psikis, pikiran kita termasuk ke dalam psikis manusia. Dari ke-6 topi berfikir maka ambil topi biru untuk memilih 3 solusi terbaik. Tentukan satu yang terbaik, ambil keputusan dan langsung tulis action item-nya di worksheet team.

Gambar diatas menunjukkan worksheet individu saya, dengan melihat kondisi cohousing wowmom akhirnya dihasilkan 6 topi berfikir menurut saya. 
  1. Topi biru, menurut saya tantangan cohousing wowmom ada 2 project passion cohouse yang masih belum terlaksana. Pertama kelas pendampingan berbayar (wowmom accademy) dan kedua jurnal berbayar yang masih 30% baru 3 orang yang mengumpulkan jurnal kurang 4 orang lagi. Dari tantangan tersebut saya memilih untuk salah satu project passion saja yang dikerjakan, yaitu kelas pendampingan berbayar (wowmom accademy).
  2. Topi putih, data dan fakta yang saya analisa yaitu teamwork cohousing wowmom solid. Sudah terlihat dan dirasakan kelas pendampingan free yang diadakan setiap hari jumat melalui Instagram Live dari instagram Hexagon City terlaksana dengan baik agar "show must goes on". Data kedua waktu online anggota wowmom berbeda-beda, sehingga lumayan susah jika harus janjian untuk ngumpul bareng. Data ketiga, semua anggota wowmom adalah pengajar (guru, dosen dan penyuluh kesehatan) sehingga sudah kenal dengan silabus harapannya wowmom punya silabus/pedoman untuk kelas pendampingan berbayar nanti.
  3. Topi hijau, jurnal berbayar belum bisa terlaksana jadi jurnal yang sudah terkumpul dijadikan 1 pdf untuk buku pedoman khusus digunakan anggota wowmom dulu. Harapannya setelah kelas bunda produktif, cohousing wowmom masih ada project berkelanjutan untuk kedepannya dijadikan ebook atau buku untuk jadi satu produk yang bisa dijual melalui hexa market. Project passion pendampingan berbayar berjalan dengan 4 tahapan; pendampingan 1 mentor 1 mentee, 2 mentor dg beberapa mentee, 3 mentor dg beberapa mentee dan paket bundling 7 mentor dg beberapa mentee.
  4. Topi kuning, manfaatnya dengan sisa 2 zona cohouse wowmom fokus di 1 project saja dengan tema 1000 HPK, tidak perlu semua jadi mentor tapi kita bekerja team (teamwork), kembali ke tujuan awal project passion ch wowmom yaitu membuat Wowmom Accademy.
  5. Topi hitam, apa solusinya jika ternyata tidak ada mentee yang mendaftar, bagaimana alur pendampingan yang menarik audience, bagaimana solusinya jika anggota wowmom ada kesibukan masing-masing sehingga belum bisa menjalankan kegiatan yang sudah dibagi pada saat itu?
  6. Topi merah, feeling saya jika kelas pendampingan berbayar ini dilakukan secara ekslusif, melihat satu persatu akar masalah masing-masing mentee akan membahagiakan jika satu mentee goalsnya teratasi dengan bahagia. Manusia itu unik, tidak bisa disamakan goalsnya satu dengan yang lain. Sama dengan teamwork, misalkan hanya 1 yang menjadi mentor tapi anggota lain jadi teamwork yang solid hal itu sudah membahagiakan dan kelas pendampingan ini (mentorship program) akan sukses.

Sebagai rasa bersalah saya sebagai delay-ers beberapa minggu kebelakang, saya berusaha menjalankan tugas saya sebagai tim RnD terutama bagian mendesign cover jurnal dan beberapa eflyer terkait project passion wowmom.

Action Item Cohouse WowMom

Hari Jumat kemarin, anggota wowmom yang masih aktif jam online-nya melakukan google meeting. Check in yang cocok untuk cohouse kami dengan ngobrol via gmeet. Ada 3 orang yang bisa ikut gmeet termasuk saya, hasil diskusi kami dishare ke wag wowmom. Masing-masing anggota mulai share worksheet individu tentang 6 topi berfikirnya, akhirnya dihasilkan gambar berikut :

Setelah dirangkum, ada 2 anggota wowmom yang ingin menyelesaikan jurnal berbayar sampai selesai. 3 anggota wowmom ingin menyelesaikan kelas pendampingan berbayar dan 2 orang memilih lakukan project passion yang sesuai dengan 4E.

 










  • Share:

You Might Also Like

0 Comments