Bunda Produktif : Keikutsertaan Hexagonia dan Konferensi Ibu Pembaharu

By i k k a r f - Januari 03, 2022



Selayaknya warga kota, riuh-nya project passion tiap cohousing mulai menyita banyak perhatian. Banyak acara menarik untuk diikuti oleh Hexagonia. Keikutsertaan para Hexagonia dari satu acara ke acara yang lain membuat Hexagon City semakin ramai dan hidup. Berikut ini ceritaku sebagai hexagonia dalam mengikuti parade project passion di Hexagon City sampai acara 1 dekade Ibu Profesional yaitu Konferensi Ibu Pembaharu.

Parade Project Passion

Seperti yang kita tau masing-masing coHousing sudah mulai menampilkan karya-karyanya, baik itu secara profit maupun non-profit. Namun, banyaknya project passion coHousing membuat saya bingung sehingga tim formula dan tim pusat kota memfasilitasi parade project passion semua coHousing yang ada di Hexagon City untuk disimak oleh para hexagonia secara utuh.

Tak terkecuali coHousing saya yaitu wowmom, kami sudah mulai menjalankan milestone kami satu per-satu sejak bulan Desember 2021 kemarin. Salah satunya saya, sempat melakukan IG live dengan tema "persiapan perempuan secara lahir batin sebelum menjadi ibu". Kami menyebut project passion pertama kami dengan sebutan "wowmom accademy" yang ditayangkan setiap hari jumat. Agenda wowmom accademy itulah yang diikutkan parade project passion Hexagon city.

Kami sepakat untuk membuat video yang menampilkan eflyer wowmom accademy yang temanya beragam, namun satu benang merah yaitu mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan seorang manusia secara baik dan berilmu. Mulai dari mempersiapkan seorang perempuan usia produktif untuk menjadi seorang ibu sampai menstimulus sensori balita yang banyak ibu kurang "aware" akan hal tersebut.


Selain itu saya mengikuti kelas cohousing kalavati tentang membuat design cantik, promosi menarik menggunakan aplikasi canva. Kelasnya menggunakan platform whatsapp, dan kelas ini membahas tips dan trik optimasi design untuk promosi. Menurut saya ini penting untuk menunjang saya promosi "self branding" dan membuat eflyer untuk usaha saya. Setelah mengikuti kelas ini, saya jadi punya ilmu untuk membuat konten feed instagram usaha saya agar menarik pembaca.

Semarak KIP di kota

Selain cohousing, tim kota pusat juga membuat beberapa acara menarik yang bermanfaat bagi para hexagonia. Salah satu acara yang diselenggarakan oleh tim RnD Hexagon city yaitu Pelatihan Penunjang Project Passion "Teknik Ilustrasi Buku Anak" bersama mbak Caput. Ini saya pilih untuk menunjang saya untuk punya ilmu ilustrasi membuat jurnal wowmom accademy. Goals terakhir project passion kami, kelas gratis "wowmom accademy" yang sudah kami lakukan rencananya akan dijadikan 1 buku yang menarik. Tidak hanya berisi materi tapi juga beberapa infografis dan template menarik untuk diisi oleh pembaca.



Saya pikir ini materi yang menarik dan ternyata setelah mengikuti kelas ini, saya merasa terbantu sekali. Kelasnya diadakan menggunakan media zoom, dan tanya jawab interaktif baik di zoom maupun whatsapp grup. Terima kasih tim RnD dan mbak caput sebagai pemateri, ilmu yang diberikan sangat berguna bagi saya yang masih newbie di dunia illustrasi. Tahun 2022 ini saya ingin lebih mengenalkan diri (self branding) dengan menggunakan konten menarik menggunakan illustrasi dan tulisan. Bismillah!

Konferensi Ibu Pembaharu (KIP)

Bulan Desember 2021 kemarin tepat 1 dekade (10 tahun) bu Septi sebagai founding mother Ibu Profesional berkarya sekaligus mengenalkan "Ibu Pembaharu" kepada khalayak umum secara resmi. Perbedaannya adalah Ibu Pembaharu dikhususkan bagi perempuan usia lanjut (lansia) untuk berdaya dan mempersiapkan diri secara bahagia di usia senjanya. Ibu Septi kedepannya akan lebih banyak fokusnya di Ibu Pembaharu, sebab di Ibu Profesional sudah ada perempuan-perempuan luar biasa yang bisa menghandlenya.

Disini saya belum bisa jadi peserta konferensi, namun saya menyimak KIP melalui youtube. Video yang saya simak adalah video penutupan konferensi dari bu Septi. Beliau disini menceritakan awal mula mendirikan ibu profesional sampai sekarang, dan beberapa alasan mengapa bu Septi membuat Ibu Pembaharu (salah satu milestone bu Septi untuk 10 tahun kedepan). Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa saya ambil dari cerita beliau, menariknya adalah bagaimana disiplinnya bu Septi dan bersungguh-sungguh pada apa yang sudah ibu rencanakan.

Berikut ini adalah beberapa latar belakang serta deklarasi Konferensi Ibu Pembaharu :




Deklarasi tersebut sungguh sangat memberikan semangat bagi saya sebagai perempuan dan ibu rumah tangga. Terima kasih ibu 💖

Alhamdulillah tahun berganti, semangat dan harapan baru dimulai lagi. Banyak rencana yang saya susun untuk tahun 2022 ini, dengan meng-ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) cara bu Septi terkait kedisiplinan dan kesungguhan beliau. Semoga teman-teman-pun juga begitu, banyaknya parade project passion dan materi-materi dari kota serta KIP menjadikan bekal ilmu para hexagonia untuk membuat goals-goals yang produktif di tahun 2022. Selamat Tahun Baru, semoga kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi daripada tahun lalu. Aamiin!

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments