Bunda Produktif : Jurnal 9. Zona A. Agility

By i k k a r f - Januari 17, 2022


Agility adalah kemampuan atau kapabilitas dalam mengambil keputusan bergerak dan mengeksekusi tindakan dengan cepat. Disini akan dilihat seberapa tangkas anda merespon sebuah perubahan.

Personal Agility 



"Pola pikir agile adalah hormat kepada semua orang tanpa membedakannya, dapat memberikan penilaian tinggi kepada customer, melakukan kolaborasi dengan yang lain, dan menjadikan setiap momen adalah tempat untuk belajar. Septi Peni Wulandani"

Beberapa pekan di Hexagon City liburan, tapi tidak ada libur di dunia nyata. Ada perubahan pekerjaan di kantor dan beberapa urusan lainnya sampai pekan ini. Walhasil termasuk yang "delayers" baik itu tugas di cohousing sampai telat menyimak materi dari Mardika. Akhirnya ku buka kembali beberapa jurnal lalu yang sudah aku tulis dan petakan dalam template gambar diatas. 

Karakter yang ingin aku asah adalah empathy terutama tentang serving (pelayanan). Tidak hanya di cohousing, karakter ini penting dimiliki seseorang baik untuk keluarga maupun dunia kerja. Peran yang aku ambil di cohousing sebagai tim RnD dalam project passion WowMom. Tugas ini kurang aku kerjakan dengan baik seiring dengan bertambahnya kesibukan diluar Hexagon City. Namun, aku meluangkan waktu untuk memantau grup walaupun sebentar sebagai komitmenku sebagai hexagonia.

4E yang aku pilih di Jurnal 6 adalah post edukasi kesehatan di sosial media yang aku punya seminggu 3x postingan, baik itu konten bergambar maupun video. Namun lagi-lagi karena kesibukan dan management waktu yang kurang baik, aktivitas ini tidak aku lakukan. Sebagai komitmen yang aku lakukan adalah belajar untuk mendesign dengan mengikuti kulwap maupun kulzoom yang diadakan di Hexagon City maupun diluar. Hal ini aku pilih agar tampilan menarik dan enak dibaca oleh audience.

Roadmap Project Passion WowMom



Cohousing kami sepakat untuk melakukan google meet untuk koordinasi, sebab cara ini sangat efisien untuk bahas milestone project passion kami. Akhirnya pada hari Jumat malam kami sepakat berkempul, meskipun hanya 4 orang yang bisa hadir hal ini tidak menyurutkan semangat diskusi. Masing-masing kami melakukan evaluasi dan memberikan urun pendapat. 

Master mind pertama adalah pertanyaan sudah sukses apa sampai pekan ini? Kami sepakat menjawab masih konsisten melakukan WowMom Accademy yang diselenggarakan tiap hari Jumat di Instagram Hexagon City.

Apa kuncinya bisa sukses?
1. Koordinasi antar anggota WowMom sangat baik.
2. Saling back up jika ada anggota WowMom yang jadwalnya manggung berhalangan, digantikan oleh anggota WowMom yang jadwal manggungnya setelah dia dan bersedia.
3. Komunikasi produktif yang baik antar anggota cohousing.
4. Cohousing kami sifatnya kekeluargaan, dan itu terbukti.
5. Tim work yang solid, bisa tetap kompak 7 orang sampai saat ini.

Tahap berikutnya ingin sukses seperti apa?
1. Ikut aktif meramaikan harbolnas di zona A.
2. Mencapai goal awal bersama-sama.
3. Semakin produktif lagi para anggotanya.
4. Menemukan passionnya masing-masing.
5. Melakukan personal branding, semakin dikuatkan perannya.
6. Menghasilkan produk dengan berkolaborasi dengan cohousing lain.

Setelah melakukan master mind mapping, berikutnya kita lakukan evaluasi cohousing dengan "false celebration". Pertanyaan pertama apa saja kesalahan yang pernah dilakukan? Tidak menjalankan habit dengan baik akibatnya project-nya pending. Ini memang benar, jika komitmen melakukan habit yang sudah ditulis maka akan ada progres meskipun sedikit. Hal ini aku jadikan evaluasi terutama buat diriku sendiri.

Belajar apa dari kesalahan tersebut? Kedepannya mulai konsisten lagi dengan istikomah melakukan habit yang sudah ditulis. Mulai membaca kembali jurnal sebelumnya, ditulis ulang secara spesifik dan mulai dikerjakan dari sekarang. Perubahan apa yang ingin dilakukan? Tetap menjalankan apa yang menjadi goals awal, flashback melihat kembali habit dan aktivitas masing-masing anggota, menghasilkan produk cohousing, jika memungkinkan lakukan kolaborasi dengan cohousing lain, mencari solusi agar produk berhasil launching.

Cluster Nsantara Analysis


Setelah melakukan diskusi masing-masing cohousing, di zona agile ini cohousing yang ada di Cluster Nusantara ini kolaborasi. Agendanya adalah
1. Menjadwalkan pertemuan rutin satu cluster, harapannya para leader dan tim sukses bisa koordinasi dengan baik. 
2. Leader cohouse mengumpulkan data pencapaiannya di cluster.
3. Menetapkan 2 kriteria kesuksesan cluster.
4.Mengidentifikasi kriteria sukses cluster Nusantara itu apa. 
5. Mengidentifikasi masing-masing cohousing.
6. Buat kuadran kriteria sukses cluster.
7. Tempatkan di setiap kuadran.

Hasil diskusi para leader didapatkan gambar seperti diatas, cohousing WowMom berada di kuadran IV.

Cluster Nusantara Agility



 


Setelah melakukan identifikasi cohousing di cluster maka berikutnya mengidentifikasi agility masing-masing hexagonia (personal agility) yang ada di cluster Nusantara untuk dijadikan tim sukses cluster. Aku bergabung dengan tim sukses A bagian design, sebab sesuai dengan yang sedang aku pelajari saat ini ingin mengasah kesukaanku terkait design pada project passion bersama ini. Bismillah, semoga amanah dan bahagia!

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments