Bunda Produktif : Jurnal 10. Zona Growth

By i k k a r f - Januari 23, 2022

 


Pindah zona! Zona A pola pikir agile adalah hormat pada semua orang, kolaborasi, dan jadikan momen tempat belajar. Beralih ke zona G adalah pola pikir untuk percaya bahwa sukses bisa didapatkan melalui latihan dan kerja keras. Disini kita akan belajar apa itu Growth mindset, apa saja yang dipelajari? Yuuk belajar tumbuh bareng!

Pengertian Growth Mindset dan Fix Mindset

Growth mindset didefinisikan sebagai pola pikir yang selalu berkembang dimana pemiliknya percaya bahwa kesuksesan bisa didapatkan melalui latihan dan kerja keras. Sedangkan fix mindset didefinisikan sebagai pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya akan tetap dan tidak akan berubah. Dari kedua mindset ini serupa tapi tak sama, kira-kira apa ya perbedaanya?

Growth mindset :
  1. Selalu mendorong dirinya untuk berani dan mencoba hal baru.
  2. Selalu memberikan usaha pada setiap hal yang dilakukannya. Fokus pada proses dan usaha.
  3. Berani mengambil resiko, keluar dari zona nyaman, tidak pernah takut gagal. Saat gagal tahu caranya bangkit.
Fixed mindset :
  1. Selalu merasa puas dengan kondisi/bakat yang dimilikinya. Jadi, mereka tidak tertarik untuk belajar hal baru.
  2. Selalu bangga dengan bakat alami yang dimilikinya sejak lahir. Hal itu membuat mereka tidak tahu caranya berusaha dan bekerja keras.
  3. Takut mengambil resiko, tidak mau keluar dari zona nyaman, takut gagal, memilih diam.

Hexagon City Growth

Di zona ini semua hexagonia menjadi ambasador bagi seluruh project passion yang ada di Hexagon City. Setiap Hexagonia akan membawa value, story, product jasa maupun barang yang dihasilkan oleh seluruh Project Passion untuk dibawa keluar Hexagon City sesuai CoC Ibu Profesional.
  1. Setiap cluster membuat katalog Project Passion masing-masing serta segala ketentuan apabila akan dipasarkan oleh seluruh hexagonia.
  2. Dikumpulkan ke City Leader untuk diolah bersama tim formula.
  3. City Leader membagikan semua katalog dan segala ketentuan dari setiap Project Passion untuk dibawa Hexagonia keluar Hexagon City.
Zona ini menggiring hexagonia tidak hanya belajar teamwork kecil di cohousing masing-masing, kita diajak belajar teamwork lebih besar lagi untuk kumpul 1 cluster. Saya masuk ke dalam cluster Nusantara, terdapat 3 cohousing yaitu Pesona, Apple Tree dan WowMom. Di zona ini ada harbolnas (Hari Belanja Nasional) khusus untuk para hexagonia saja dan tidak boleh untuk dibawa keluar Hexagon City.

Berikut ini worksheet saya tentang growth mindset untuk saya pribadi, cohouse, cluster, hexagon city dan untuk ibu profesional :

Growth mindset saya memilih tambah jam terbang melalui design dan illustrasi. Kenapa saya memilih design, karena kedepannya ingin mengedukasi audience melalui konten baik secara visual maupun tulisan. Growth mindset yang akan dilakukan untuk diri saya adalah praktik belajar illustrasi versi pemula. Saya ingin mendorong diri saya dengan cara melakukan pomodoro 30 menit praktik teori yang sudah dipelajari setiap hari. Saya akan melakukan selebrasi untuk diri saya jika berhasil membuat 1 halaman ilustrasi project passion jurnal bagian saya. 

Growth mindset kedua yang saya pilih untuk menambah jam terbang saya terkait menjadi seorang mentor yang pandai story telling. Ketika mengedukasi audience belajar untuk menyampaikan materi yang menarik dan tidak membosankan untuk dilihat dan didengar. Saya ingin mendorong diri saya dengan cara pomodoro 30 menit praktik public speaking di depan cermin setiap hari. Kelebihannya saya bisa melihat wajah ketika menyampaikan suatu materi sudah baik atau kurang. Saya akan melakukan selebrasi untuk diri saya jika bisa membuat 1 video edukasi di Youtube channel saya dengan gaya story telling yang baik.

Growth mindset yang akan saya lakukan untuk cohousing wowmom adalah belajar jadi team work yang sehat. Saya ingin mendorong cohousing saya dengan cara ikut berperan aktif dalam kegiatan cohousing baik itu dibalik layar maupun jadi audience kegiatan-kegiatan wowmom. Saya akan melakukan selebrasi untuk cohousing jika wowmom berhasil kompak terus sampai akhir zona tantangan kelas bunda produktif batch 2.

Growth mindset yang akan saya lakukan untuk cluster adalah menjadi tim sukses dan mengembangkan value sebagai serving cluster Nusantara di bidang design. Saya ingin mendorong cluster saya dengan cara ikut mendesign dan mengerjakan tugas design dengan baik. Saya akan melakukan selebrasi untuk cluster jika tim sukses design berhasil menyelesaikan tugasnya bersama-sama dengan baik.

Growth mindset yang akan saya lakukan untuk hexagon city dengan menyampaikan pada leader cohouse saran agar setelah perkuliahan bunda produktif batch 2 selesai, peminatan kesehatan tentang ibu dan anak digabung jadi satu mulai dari batch 1 sampai berikutnya. Harapnnya bisa berkelanjutan kerjasama jadi teamwork yang sevisi misi dengan cohousing wowmom. Saya ingin mendorong hexagon city dengan cara menyatukan hexagonia yang punya project passion yang mirip (sevisi misi) jadi satu tanpa melihat dari batch berapa saja dalam teamwork tersebut. Saya akan melakukan selebrasi untuk hexagon city jika saran saya ini terealisasi/terwujud.

Growth mindset yang akan saya lakukan untuk ibu profesional adalah menyampaikan ide pada ketua HIMA regional untuk mengumpulkan jadi satu dokumentasi hasil project passion hexagonia regional Jember Raya untuk dishare ke media sosial IP regional. Harapannya teman-teman regional tertarik untuk belajar dan masuk ke dalam Hexagon City, membeli dan mengikuti project passion anggota regional yang ada di Hexagon City. Saya ingin mendorong Ibu Profesional dengan cara mengenalkan serunya perkuliahan di Institut Ibu Profesional minimal ke member IP Jember Raya. Saya akan melakukan selebrasi untuk Ibu Profesional jika saran saya ini terealisasi/terwujud.

Growth Mindset ala Cohouse WowMom

WowMom belajar growth mindset dengan mengikuti kegiatan Harbolnas yang diadakan oleh Hexagon City. Awalnya kegiatan ini tidak ada dalam project passion cohousing kami, tetapi leader kami mengajukan diri untuk mengisi webinar untuk Harbolnas dengan ke-6 anggota wowmom jadi teamwork dibalik layarnya acara ini. Bagaimana kami semua belajar bersama-sama mengubah masalah menjadi solusi. Ini salah satu bentuk latihan bagi cohousing wowmom untuk growth bersama.

Hampir saja kegiatan ini tidak berjalan, namun terima kasih pada hexagonia yang mendaftar dalam webinar yang wowmom adakan. Saya berusaha menyemangati teman-teman untuk show must goes on, walaupun hanya 1 peserta kita hargai usaha peserta. Alhamdulillah webinar ini terselenggara dengan baik dan jadwal free pendampingan wowmom accademy juga tetap terlaksana melalui IG live Hexagon City. Terima kasih teman-teman cohousing yang semangat saling bantu satu dengan yang lain walaupun dengan metode "the power of kepepet". Terima kasih juga kepada para peserta yang sudah ikut meramaikan harbolnas wowmom.



  • Share:

You Might Also Like

0 Comments