Bunda Produktif : Jurnal 8. Zona Extramiles

By i k k a r f - Desember 06, 2021



Masuk ke zona Xtramiles tandanya para hexagonia diharapkan berjalan lebih ekstra daripada sebelumnya. Waktu semakin mendekati garis finish, para hexagonia harus semakin solid  dan jalan lebih cepat bersama dengan timnya. Begitupun semangat dari cohousing wowmom mulai xtra, beginilah progres diri pribadi dan cohousing kami.

Progres Habit 30 Hari




Progres habit saya pribadi mulai konsisten untuk selalu menjalankan aktifitas yang sudah ditulis. Alhamdulillah pekan ini sudah menyelesaikan 1 agenda pribadi, yaitu sharing secara IG live terkait materi ke para hexagonia dengan kolaborasi bersama tim marcom. 

Persiapan sebelum IG live sudah matang, namun Qadarullah tepat di hari H dapat undangan acara keluarga yang tidak bisa diwakilkan. Alhasil ada sedikit kendala sinyal ketika IG live, namun materi yang sudah dipersiapkan telah disampaikan semua dengan baik.

Satu kekurangannya selama ini kurang "mindfull" dan fokus, sehingga sempat sedikit "burnout". Solusi kedepannya karena agenda di luar bunda produktif juga semakin padat, saya perlu meluangkan waktu khusus minimal 15 menit per hari untuk fokus hanya membaca chat grup wowmom, cek facebook grup bunpro 2, dan nyicil susun jurnal project wowmom tanpa terdistraksi dengan aktifitas lain.

Berjalan Menuju Milestone 2 WowMom


Semua anggota wowmom sudah melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik, sehingga milestone 2 cohousing kami berjalan sesuai dengan rencana. Habit yang kami pilih disiplin, konsisten dan manajemen diri. Penghambat cohousing kami cuek dan tidak menepati batas waktu pengumpulan bahan tulisan jurnal. Maka solusi dari hambatan tersebut perlu dilakukan virtual meeting dan diskusi via WAG cohousing. 

Pada kamis malam, kami sepakat untuk melakukan check in dan ice breaking dengan menggunakan google meet. Alhamdulillah semangat kami mulai membara lagi, kami susun kembali rencana kedepan dan mengevaluasi masing-masing hexagonia wowmom bagaimana persiapan "jumat hangat wowmom accademy"-nya. 2 orang sudah tampil melakukan preview class, sisa 5 orang lagi yang bersiap untuk preview class berikutnya.

Xtra Miles Impact For Project Passion WowMom


Project list saya kedepannya tidak banyak, hanya saja harus lebih ekstra lagi fokus pada project passion wowmom saja. Personal branding sudah dimulai sejak saya telah melakukan ig live bersama marcom city leader di platform Hexagon City, untuk kemudian dilanjut rutin posting edukasi di sosial media yang saya miliki agar para hexagonia dan umum bisa semakin mengenal saya.

Fokus project passion wowmom adalah mendampingi hexagonia dan umum untuk mendapatkan ilmu terkait pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) seorang manusia. Oleh karena itu, saya mencoba untuk menyusun silabus untuk pendampingan (mentoring) secara private. Jika tidak ada hexagonia yang ingin mentoring kepada saya, silabus ini bisa diteruskan untuk membantu saya membuat kelas bagi klien saya (diluar IP).

Aktivitas saya semakin banyak, saya harus memanage waktu dengan baik. Setelah dievaluasi, saya perlu melakukan pomodoro (fokus meluangkan waktu khusus) untuk komunikasi dengan tim wowmom, menyimak materi dan informasi tim formula serta tim city leader, serta menyusun jurnal project wowmom. Jika tidak memberikan kandang waktu khusus maka akan tercampur dengan aktifitas lain, hal ini membuat saya burnout (pekan lalu sempat terjadi).


 

Sedikit penjelasan terkait diagram diatas :
Thankless tasks, aktivitas low impact high effort. Beberapa peran di project passion yang sudah kita lakukan dengan optimal, dengan usaha yang tinggi, tapi tetap memberikan dampak yang kecil. Beberapa ide disini bisa menyebabkan frustasi, maka kita harus segera memutuskan untuk menghentikan pekerjaan-pekerjaan ini dan menggesernya ke kuadran yang lain.

Fill ins, aktivitas low impact low effort. Beberapa pekerjaan yang tidak dapat kita hindari, dan bisa kita kerjakan dalam keadaan lelah sekalipun. Bisa tercapai, tapi dampaknya kecil baik bagi tim maupun bagi perkembangan pribadi kita.

Quick Wins, aktivitas high impact low effort. Berikut adalah ide Xtra Miles untuk project passion yang memiliki dampat terbesar tanpa banyak pekerjaan extra. Ini adalah kuadran yang anda inginkan agar semua orang menang.

Major Project, aktivitas high impact dan high effort. Ini adalah ide-ide Xtra Miles di project passion. yang biasanya tidak pernah kita lakukan karena terlalu sulit, dan ada begitu banyak alasan/excuse serta kesibukan diantaranya.

Setelah mengevaluasi diri, project list yang saya pilih hanya yang high impact bagi project passion saya saja. Saya tidak ingin melakukan terlalu banyak aktivitas, hanya 3 aktivitas yang saya butuh xtra fokus. Melakukan pomodoro, membuat silabus mentorship dan menyusun jurnal bagian saya. Sedangkan aktivitas yang dipilih oleh tim wowmom bisa dilihat dari gambar diatas.

Saya memilih untuk berada di kuadran quick wins dan major project saja. Quick wins untuk aktivitas pomodoro dan menyusun silabus mentorship karena ini hanya target saya pribadi sehingga saya lakukan low effort namun jika ini berhasil dengan baik maka akan high impact bagi project passion wowmom. Sedangkan untuk kuadran major project saya masukkan aktivitas menyusun jurnal bagian saya. Aktivitas ini akan high impact bagi wowmom dan juga high effort untuk saya sebab tidak bisa diwakilkan oleh orang lain.

Demikian jurnal 8 saya, di zona ini saya dituntut untuk lari kencang dan perlu memperhatikan management waktu saya lebih ketat lagi. Aktivitas diluar juga menuntut saya untuk bergerak lebih xtra, semoga selalu diberikan kemudahan dan kesehatan oleh Allah SWT. Hamasah!

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments