Panggung Regional dan Persiapan Festival Karya Kampung Komunitas Ibu Profesional

By i k k a r f - November 30, 2021


Kali ini ada pada rangkaian parade panggung regional dan persiapan festival karya. Ada banyak panggung yang ditampilkan, namun disini aku membahas 2 karya yang menarik dari balai main gembira dan 1 panggung liga regional. Apakah itu? Yuk, kita simak bareng!

Manajemen Waktu Lintas Negara

Tema ini cukup menarik bagi saya, meskipun domisili masih tinggal di Indonesia tepatnya di salah satu kota kecil Jawa Timur namun ada "sesuatu" yang menggerakkan jari untuk mengulas terkait tema ini. Siapa tau nantinya tinggal di luar negeri 😆. 

Materi dipaparkan oleh mbak Halida Balkis di grup Whatsapp Balai Main Gembira. Beliau saat ini menjabat sebagai tim medkom kampung komunitas pubdekdok di #prestAsyik dan sekarang sedang tinggal di Jerman tepatnya Braunschweig sudah 1,5 tahun.

Waktu memang jadi tantangan buat banyak orang, tapi tahukah kamu jika ada tantangan ekstra bernama "daylight saying time". Fenomena ini menarik karena tidak dialami di Indonesia. Durasi siang dan malam berubah sepanjang tahun, selisih 5 jam di bulan Maret sampai Oktober dan 6 jam di bulan Oktober sampai Maret (antara waktu Eropa dengan waktu Indonesia barat). 

Kalau siangnya lebih panjang dan malamnya pendek apa saja yang ingin dilakukan? Atau sebaliknya, bagaimana cara kita melakukan to do list kita? Mbak Halida melempar pertanyaan ini ke anggota grup, rata-rata jawabannya disetujui mbak Halida. Kalau malam hari fitrahnya tubuh istirahat dan siang hari digunakan untuk aktivitas. 

Ada tips dari mbak Halida pertama tanyakan kepada diri, apa yang membuat gembira? Lakukan! Be mindfull! Ambil peran dan jalankan dengan sungguh-sungguh. Prioritas utama selesaikan dahulu tugas harian pribadi dan keluarga, baru kemudian melakukan kegiatan yang menunjang aktualisasi diri. Mbak Halida juga bercerita tentang sekolah untuk anak-anak di Jerman, menjawab pertanyaan dari teman-teman.

Pertanyaan berikutnya, kalau musim dingin di Jerman suka mager nggak seperti musim hujan di Indonesia pengennya nggak ngapa-ngapain. Menurut mbak Halida tubuh manusia itu luar biasa bisa beradaptasi dengan lingkungan, yang utama adalah bahagia agar mood selalu semangat untuk melakukan segala aktivitas. 


Overall tips manajemen waktu dari mbak Halida hampir sama dengan cara yang aku lakukan sehari-hari, intinya selalu bahagia agar melakukan aktivitas dengan mood yang baik (bahagia = produktif). Kesimpulan dari sharing diatas, kondisikan diri dulu, cukupi kebutuhan diri, lakukan yang prioritas, insyaAllah pengaturan yang lain bisa mengikuti dan bisa dicari jalan keluarnya.

Senang sekali nyimak mbak Halida, share materinya tu berasa ngobrol santai. Semakin tervisualisasi di pikiran karena menjelaskannya dengan voice note. Apalagi dia termasuk dalam tim Asyik yang bertugas jadi MC di acara orientasi kampung komunitas ini, jadi tau gimana ekspresinya ketika bicara hehe. Auranya positif kalau dengerin mbak Halida bicara, terima kasih sudah berbagi cerita dengan kami mbak. Semoga sehat selalu dan semoga aku bisa menjejakkan kaki juga di Jerman. Aamiin!

Bagaimana Menulis Blog yang Menghasilkan

Akhir-akhir ini aku berbinar ketika ngeblog, ketika di balai main gembira ada sharing materi ini aku semangat sekali untuk nyimak. Terutama setelah blogku aku coba profesionalin dengan mengganti domainnya. Algoritma google tu gimana ya cara bacanya? Disini mbak Rahmah memberikan sharing ilmunya.

Inti dari algoritma google adalah agar tulisan kita dibaca semakin luas oleh khalayak umum (bisa dibaca seluruh dunia). Algoritma ini penting untuk mengatur strategi apakah tulisan kita harus membahas satu tema tertentu atau bermacam-macam. Secara praktik, bagaimana agar supaya tulisan kita bersaing dengan blog lain (lebih menarik perhatian).

Awal mula mbak Rahmah terjun ke dunia blog itu ketika ditawari menulis dan dibayar oleh sebuah komunitas blogger. Sebelumnya mbak Rahmah mengikuti beberapa workshop dan pelatihan terlebih dahulu agar menghasilkan tulisan yang ramah di search engine. Diawal artikelnya, dia menulis 500 kata dan menerima bayaran 7 digit. Sejak saat itu dia terus mengasah diri, tidak hanya menerima tantangan menulis artikel berbayar tapi juga ikut lomba ngeblog yang hadiahnya jutaan rupiah.

Nominal paling tinggi yang pernah mbak Rahmah ikuti hadiahnya sekali lomba dapat 10 juta rupiah. Hadiah tersebut langsung dibelikan kamera, untuk meneruskan hobi yang sekarangpun juga jadi sumber cuan dengan menjadi jasa foto produk. Intinya adalah terus menulis, biarkan tulisanmu menemukan takdirnya. Mbak Rahmah mulai ngeblog tahun 2008 dan baru bisa menghasilkan cuan di tahun 2011 sampai sekarang.


Pesan dari pemateri, perbaiki dulu kualitas tulisan dengan terus menulis, kemudian ikuti pelatihan dan tidak malu bertanya pada yang sudah dianggap baik tulisannya. Usaha yang giat (sungguh-sungguh) tidak akan pernah mengkhianati hasil. Menurut mbak Rahmah ketika diskusi dengan salah satu mentor blog, sekarang sudah banyak bermunculan blogger baru namun kualitas tulisannya kurang baik karena tujuannya hanya cuan. Padahal cuan itu akan datang ketika memang kualitas tulisan yang berbicara.

Tips dari mbak Rahmah, tulislah apa yang dikuasai, cari tahu tema yang paling banyak diminati, coba kembangkan tulisan yang benar-benar "kita banget", gabung dengan komunitas blogger, dan tidak pernah berhenti belajar, dan setelah mengambil langkah pertama maka pastikan ada langkah selanjutnya. Jangan berhenti! 

Blog itu 90% user experience, benar-benar ditulis berdasarkan pengalaman si penulis. Tidak ada unsur menipu, karena blogger yang baik pasti akan mereview apa adanya dengan bahasa yang santun. Blog juga menjadi sarana promosi yang paling trend karena tidak perlu mahal bayar iklan puluhan juta dan tayang cuma jangka waktu tertentu. 

Nulis di blog akan abadi di internet, selama pemiliknya menggunakannya terus (kalau blognya berbayar, domain dan hostingnya diperpanjang terus). Masih banyak brand yang membutuhkan link, supaya tetap kuat. Nah, keberadaan blogger yang memberikan tautan kepada brand tersebut sangat besar efeknya untuk keberlangsungan sebuah brand. 

Nulis blog juga sebagai salah satu jalan untuk mengabadikan diri (kita mau dikenal sebagai siapa dan tetap dikenang seperti apa), bahkan jadi amal jariyah jika konten positif kita memberi manfaat untuk orang lain meskipun kita sudah tidak ada lagi di dunia ini. Blogging itu bukan ilmu pasti, maka teruslah menulis sampai mati. 

Wah, pesan penutup dari sharing materi mbak Rahmah benar-benar jadi penyemangatku untuk terus belajar ngeblog. Terima kasih banyak mbak Rahmah atas sharing materinya, sangat bermanfaat sekali buatku yang masih amatir dan mencoba selangkah lebih maju menjadi profesional blogger. InsyaAllah ilmunya bermanfaat ya mbak Rahmah 💓

Festival Karya Kampung Komunitas, Panggung Liga Regional

Kamis, 11 November 2021 intip program unggulan arek-arek Jawa Timur lewat youtube, jadi tim santai nontonnya nggak pas live hehe. IP Jember Raya ikutan meriahin acara ini, aku pengen rangkum kebahagiaan acara pada malam itu. Ada 7 regional yang berpartisipasi dalam acara ini yaitu Jember Raya, Malang Raya, Sidomojo (Sidoarjo-Mojokerto), Jombang, Suramadu (Surabaya-Madura), Kediri Raya, Gresik.

Aku ada di regional IP Jember Raya, program unggulan disana ada 2 yaitu bermain di dapur dan bermain di kebun. Bermain di Dapur :
1. Sharing santai mengenai manajemen dapur.
2. Kulwap tentang memasak, hemat dan bergizi.
3. Challange Cipta Kreasi Resep.
4. Memasak bersama keluarga.

Sedangkan bermain di kebun ada beberapa kegiatan, diantaranya :
1. Kulwap berkebun.
2. Rancang tanam.
3. Semai-semai.
4. Pindah tanam.
5. Panen Raya.

Semakin mendekati pintu gerbang komunitas regional, sedikit lagi sah menjadi warga kampung komunitas bekal pekan ini sangat bermanfaat sekali untuk menjadi warga. Selain sharing ilmu terkait manajemen waktu, passion, ada juga program kerja para manager di masing-masing regional. Fokusku di Regional IP Jember Raya, sangat bersemangat 2 kegiatan disana (bermain di dapur dan kebun) juga kegiatan yang membuatku berbinar. Tak sabar ingin segera bergabung bersama warga kampung lama 😍

#resume4 #Panggungligaregional #orientasikampungkomunitas #balaimaingembira #ibuprofesional2021 #komunitasibuprofesional # kampungmain3 #semestakaryauntukindonesia #salamberprestasi #PrestAsyik 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments