Bunda Produktif : Jurnal 6. Zona 4E (Enjoy, Excellent, Easy, Earn)

By i k k a r f - November 22, 2021




Sebuah project bersama dibutuhkan teamwork yang mumpuni, di cohousing WowMom kami ber-8 orang yang mempunyai habit berbeda-beda dan saling mendukung satu sama lain. Memanfaatkan bakat yang dimiliki untuk suksesnya project passion bersama, setiap individunya harus memiliki 4E yaitu enjoy, excellent, easy dan earn. 

Pengertian 4E (easy, enjoy, excellent, earn)

4E atau Enjoy (asyik), Easy (mudah), Excellent (bagus sekali) dan Earn (menghasilkan) adalah slogan yang kental terkait dengan konsep Talents Mapping. Peta minat dan bakat menggambarkan potensi seseorang serta kesukaannya. Artinya bila seseorang memilih aktivitas berdasarkan kesukaannya (passion) dan bakat yang dimilikinya maka dia akan mendapatkan 4E. Dia enjoy karena mengerjakan hal yang disukainya, easy karena dia mengerjakan sesuatu yang memang bakatnya disitu. Dari kedua hal itu, hasil kerjanya menjadi excellent (bagus sekali), dan karena hasilnya bagus maka orang mau membelinya sehingga dia mendapatkan hasil (earn).

The only thing that will make you happy is being happy with who you are.                                                                                                                          -goldie hawn- 

Setelah mengenali diri, habit yang dipilih berbeda dengan pekan lalu. Karakter yang saya pilih empathy spesifikasinya serving. Kalau pekan lalu fokus pada materi project passion cohousing, kali ini habit yang ingin saya konsistenkan terkait komunikasi dengan para tetangga di cohousing wowmom. Project passion adalah project bersama, jika kami tidak menjaga api kebersamaan dengan baik lama kelamaan akan padam dan akhirnya tumbang satu persatu. 

Atas dasar itu saya berusaha untuk menjaga silaturahmi yang baik dengan para tetangga cohousing. Kesibukan diluar Hexagon City lumayan membuat cohousing "sedikit sepi" perlu adanya "refreshing" dari penatnya project passion wowmom dan kesibukan diluar Hexagon City. Beberapa ide muncul dan coba saya lakukan, salah satunya membuat games this or that. Alhamdulillah banyak yang merespons permainan ini, namun kedepannya saya perlu komunikasikan ke leader, setelah games ini tindak lanjut apa yang akan dilakukan agar tetap solid.

Habit yang saya pilih konsisten fokus melakukan pomodoro membaca chat wowmom dan merespons dengan baik beserta solusi. Yang sudah-sudah saya hanya membuka ala kadarnya, membaca skimming yang akhirnya mengetik kata sambil lalu. Kedepannya saya ingin "present" membaca dan merespons dengan mindfullness, hal ini salah satu cara saya untuk meningkatkan karakter empathy yang ingin saya asah dengan baik.


Check In dan Huddle versi WowMom

Sebelum membahas 4E cohousing wowmom seperti biasa di hari senin dan selasa jadwal kami check in, mengalirkan rasa selama sepekan dan ada tambahan materi dari bu Septi yaitu huddle. Kami diberi template oleh leader kami untuk memberikan emotikon dan keterangan tentang bagaimana perasaanmu hari ini. Ternyata jawaban dari tetangga beragam, ada yang sedang bahagia, ada yang merasa sedih, ada yang lagi nggak enak badan (ini saya), ada juga yang lagi bimbang. Sedih deh kalau udah dengar ada tetangga yang lagi bimbang mau lanjut atau tidak dari cohousing 😟 berikut ini emotikon dan penjelasannya.

Hari selasa waktunya materi dari bu Septi selaku founding mother dari Hexagon City. Beliau menjelaskan tentang "huddle". Huddle biasanya dilakukan sebuah tim, berdekatan dan menyatukan tangan sampai keatas. Ada yang disertai kata penyemangat atau hanya mengayunkan keatas dan kebawah saja. Harapannya sebuah tim dapat berangkulan bersama, mengatur strategi, membahas project kita sampai mana kemudian mencari solusi apa yang bisa kita lakukan untuk kedepan.

Beberapa hari whatsapp grup kami sedikit sepi, saya berinisiatif untuk mengumpulkan semangat teman-teman cohousing dengan melakukan permainan this or that. Alhamdulillah banyak yang mau ikut main, sedikit mendekatkan kami yang tidak bertemu langsung hanya menyapa secara virtual saja. Kemudian kami berbincang kembali dan saling bercerita satu sama lain.


Bagaimana perasaanmu ketika menjalani zona sebelumnya?
Perasaannya seperti kembali ke perkuliahan bunda cekatan, ketika harus masuk ke fase kepompong belajar konsisten melakukan 1 kebiasaan selama 30 hari. Hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk saya, sebab melatih konsistensi merupakan PR besar dikehidupan saya sehari-hari. Di zona ini kembali diingatkan untuk melatih konsisten kembali.

Apa yang sudah sukses?
Ketika berhasil melakukan habit pada hari itu, rasanya puas sekali. Saya memilih melatih fokus dengan melakukan teknik pomodoro. Selama ini banyak melakukan aktivitas yang beragam namun rasanya kurang "mindfullness" hanya sekedar menyelesaikan to do list sambil lalu. Ketika bisa fokus melakukan sesuatu meskipun dalam waktu singkat, namun saya merasa "present". Saya melakukan aktifitas tersebut tanpa terdistraksi dan otak jadi lebih "ringan".

Kenapa kemarin bisa sukses?
Bisa sukses karena menanamkan ke pikiran habit yang ingin dilakukan spesifik. Melakukan pomodoro selama 30 menit, fokus belajar tentang persiapan perempuan sebelum hamil di jam 8 malam. Namun tidak konsisten saya lakukan, sebab saya juga harus belajar materi perkuliahan yang sedang diampu. Saat ini saya mempersiapkan diri untuk UTS, sehingga habit ini lumayan menguras pikiran saya. Kedepannya saya ingin mengganti habit yang sesuai dengan karakter yang ingin saya asah.

Berikutnya kita ingin sukses apa lagi?
Jika melihat karakter yang saya pilih di zona habit kemarin yaitu empathy. Kali ini saya ingin mengasah karakter ini dengan lebih "mindfullness" ketika berinteraksi dengan tim wowmom. Pentingnya komunikasi dengan tim untuk menyukseskan project bersama menurut saya ini salah satu hal penting yang perlu saya upgrade. Seperti materi dari bu Septi, di perkuliahan bunda produktif ini para hexagonia diajak belajar untuk membangun link (jejaring) dengan teman-teman yang sevisi-misi dengan saya.

Apa yang perlu kita perbaiki?
Habit yang saya pilih tetap konsisten melakukan teknik pomodoro selama 30 menit. Kali ini saya ingin "mindfullness" dalam berinteraksi di whatsapp grup wowmom. Meluangkan waktu 30 menit membaca satu persatu chat, menanggapi dengan membangun komunikasi dengan baik, dan mencoba melakukan ide kreatif dengan persetujuan leader entah itu membuat games atau ide terkait project passion tim.

Aktivitas yang dipilih untuk menunjang project passion wowmom

Sebentar lagi kami para anggota wowmom akan mulai melakukan project passion yang sudah kami rumuskan bersama. Di awal project, kami belajar untuk mengedukasi dan melakukan selfbranding kepada para hexagonia. Untuk itu saya memilih aktifitas memposting edukasi terkait kesehatan ibu dan anak di sosial media yang saya miliki seminggu 3 kali. Semoga dengan rutin menulis edukasi kesehatan ini, para hexagonia mengenal saya sebagai midwife of sustain health (seorang bidan yang berfokus pada kesehatan berkelanjutan).


Setelah memilih aktifitas secara personal, kami mulai berbincang terkait aktivitas yang dipilih teman-teman cohousing wowmom. Kami sudah membagikan peran dan tugas kepada masing-masing hexagonia di cohousing wowmom, rata-rata teman-teman fokus pada peran yang sudah dipilih secara sadar dan bahagia. Ada juga yang seperti saya, melakukan edukasi menggunakan sosial medianya. Kesemua itu sangat membantu terlaksananya project passion kami, semoga semua diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan aktivitas yang sudah kami pilih ini.



Roadmap 4E to Nation

Disini saya akan membreakdown aktivitas beberapa peran yang saya ambil di Hexagon city. Pastinya aktivitas saya sebagai hexagonia. Pertama, menyimak materi yang dipaparkan oleh bu Septi dan mardika setiap selasa dan rabu tepat waktu. Meskipun tidak ikut materi secara live, namun saya berusaha untuk melihat videonya di hari yang sama. Jika kurang faham, saya ulang lagi keesokan harinya. Aktivitas ini easy buat saya, sebab melakukannya mulai dari awal perkuliahan sampai sekarang.

Aktivitas saya sebagai hexagonia berikutnya mengerjakan jurnal tepat waktu, Alhamdulillah saya lakukan sampai detik ini dan dilakukan secara excellent lewat blog ini. Aktivitas ketiga yang saya pilih sebagai hexagonia adalah self branding dengan sharing ilmu yang sudah saya pelajari dan terapkan dengan cara menambah jam terbang belajar menjadi pemateri yang menyenangkan dengan cara story teller. Aktivitas ini menyenangkan (enjoy) dan pastinya akan mendatangkan "earn" untuk saya, sebab pekerjaan menjadi bidan sudah pasti harus memberikan edukasi yang baik dan benar kepada klien.

Kemudian aktivitas saya di cohousing wowmom sebagai tim RnD, yaitu mengusulkan ide-ide kreatif terkait project passion wowmom, menjadi pendengar yang baik dan kreatif membuat "sesuatu" untuk menyemangati teman-teman cohousing untuk terus berkobar semangatnya dalam menjalankan project passion bersama ini. Disisi lain saya juga harus nyicil nulis jurnal 15 menit setiap hari di gdrive yang sudah saya buat untuk dijadikan draft buku nantinya.

Dari semua aktivitas tadi saya memprioritaskan 3 aktivitas saya untuk tim :
1. Mengerjakan jurnal project passion bagian saya tepat waktu.
2. Melakukan self branding sebagai midwife of sustain health kepada para hexagonia.
3. Mengerjakan jurnal sebagai hexagonia di blog secara profesional, secara tidak langsung mengenalkan cohousing wowmom ke khalayak umum juga.


Setelah menuliskan aktivitas apa saja yang dilakukan sebagai hexagonia dan tim RnD di cohousing, berikut ini aktivitas para wowmom selama kurang lebih 3 bulan kedepan. Fokus tim dalam waktu dekat yaitu project "wowmom academy". Masing-masing akan sharing ilmu di bidang yang dikuasai sesuai tema yang sudah disepakati bersama. Fokus kami mengedukasi 1000 Hari Pertama Kehidupan, nantinya akan mengedukasi mulai dari persiapan menjadi ibu sampai balita. Berikut ini jadwal tim kami:




Demikian pemaparan jurnal bunda produktif di Zona 4E baik dari sisi individu maupun tim cohousing wowmom. Semoga aktivitas yang direncanakan ini dilakukan secara bahagia dan konsisten, teman-teman di cohousing wowmom juga selalu semangat dalam mengerjakan project bersama ini. Paling penting dari semua itu, semoga semua diberikan kesehatan lahir batin oleh Allah SWT. Aamiin!



















 


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments