Main di Kampung Komunitas Ibu Profesional

By i k k a r f - Oktober 13, 2021

 


Ibu juga butuh main, biar mainnya bermanfaat ikutan kampung komunitas Ibu Profesional. Ibu Profesional (IP) sudah tersebar di seluruh penjuru daerah di Indonesia dan juga dunia, biasa kami menyebutnya IP regional. Setiap regional mempunyai rumah belajar, rumah bermain dan rumah berbagi yang khas, menyesuaikan passion ibu di masing-masing regional.

Apa sih beda Ibu Profesional dengan Institut Ibu Profesional ?

Pembaca yang sudah membaca artikelku yang lain, pasti sudah pernah membaca kisah belajarku di Institut Ibu Profesional (IIP). Founding mothers-nya sama yaitu ibu Septi Peni, jika di Institut Ibu Profesional (IIP) fokus pada perkuliahan namun ibu profesional sebutan untuk komunitasnya. 

Awal mengikuti komunitas ini semua pendaftar diwajibkan untuk mengikuti program matrikulasi. Layaknya suatu komunitas yang mewadahi beragam aspirasi anggotanya perlu adanya tata tertib/aturan, kami menyebutnya CoC (Code of Conduct). Pada program matrikulasi tujuannya pendaftar baru mempunyai pandangan yang sama terkait IP.

Setelah lulus matrikulasi diharapkan memilih salah satu peminatan, maksimal 2 untuk menghindari "silent reader". Mulai tahun 2020 ada 5 komponen peminatan di IP yaitu Institut, Komunitas, RCIP, Sejuta Cinta, Kipma. Pada awalnya aku memilih 1 peminatan saja yaitu institut, namun seiring berkurangnya aktifitas (sengaja membatasi aktifitas) aku menambah 1 peminatan lagi yaitu komunitas.



Masa Orientasi Kampung Komunitas

Sebelum masuk ke komunitas regional, para peserta yang memilih peminatan komunitas harus melakukan masa orientasi yang dilaksanakan selama 3 bulan secara online. Temanya batch ke-3 ini diberi nama "Prestasyik" singkatan dari Prestasi dan Asyik. Ada 5 kali pertemuan zoom, namun sayang sekali hanya dibatasi 100 peserta saja. Aku selalu nggak dapet tempat, kuota selalu penuh. Berujung jadi Tim Santai saja, lihat siaran ulang dari youtube. Berikut ke-5 judul yang dibahas pada pekan Gelanggang Inspirasi Leader Regional :

Strong why berkomunitas 

Sudah pasti ketika berkomitmen memilih suatu pilihan, kita harus punya niat yang kuat diawal (strong why). Perwakilan beberapa leader regional membagikan cara menemukan strong why berkomunitas di Ibu Profesional. Ada satu yang aku garis bawahi, caranya temukan, asah dan pertajam. 

Kesibukan seorang ibu biasanya membuat ada beberapa yang merasa jenuh, perlu adanya wadah/ruang yang bisa mengembangkan hoby, passion atau "kesenangan" yang dimiliki sebelum menikah. Pada komunitas inilah seorang ibu diberi ruang bermain (playground) untuk passionnya tersebut. Pengertian passion bisa dibaca lebih jelasnya di "sini".

Rangkuman strong why berkomunitas dari narasumber adalah sebagai tempat menambah teman, mencari ilmu, dan tempat berbagi ilmu yang dimiliki. Carilah rumah belajar yang membahagiakan, dan bermainlah di playground dengan bahagia. Ketika ibu itu bahagia, dia akan menularkan kebahagiaan ke rumahnya, dan ketika berkomunitas dia belajar menjadi pribadi yang mulia.

Ada quote bu Septi yang menarik, "Kemuliaan seorang istri terletak pada ketaatannya pada suami. Kemuliaan seorang suami terletak pada tanggung jawabnya pada istri. Apabila keduanya saling menjaga kemuliaan, maka semua tantangan dalam rumah tangga akan terselesaikan."

Tantangan berkomunitas di Regional 

Di sesi ini regionalku IP Jember Raya menyampaikan beberapa tantangan yang ada di regional. 

1. Memberikan wadah dan mendorong member agar mau berbagi.

2. Menyalurkan informasi dengan komunikatif.

3. Silent reader di WAG komponen.

4. Peran belum optimal dari masing-masing pengurus.

Selain tantangan, IP Jember Raya juga mempunyai kekuatan yaitu :

1. Sumber daya berkualitas.

2. Member banyak dan tersebar di 5 kabupaten.

3. Variasi keahlian member di bidangnya masing-masing.

4. Tim yang solid dan loyal.

Dari situ aku jadi tau tantangan dan kekuatan yang ada di regionalku, semoga kedepannya bisa berkontribusi di komunitas regional dengan bahagia. 

Beberapa saran dari narasumber bagi peserta orientasi untuk menaklukkan tantangan berkomunitas yaitu sampaikan pesan dengan tepat, bergabung dengan team work, lakukan manajemen waktu yang baik, kenali karakter teman-teman regional dan lakukan bonding, take action (ambil bagian) di rumah belajar (rumbel), rumah bermain (rumin) serta rumah berbagi yang tersedia di regional. 

Tips betah di Regional

1. Jangan malu, jadilah responsif. Bisa dengan menjawab salam di WAG, memperkenalkan diri, maupun jangan sungkan untuk bertanya ketika ada kebingungan.

2. Ambil peran dalam Rumbel, Rumin, maupun Rumba. Sangat boleh mengambil peran sebagai pengurus juga.

Ruang bermain di Regional

Komunitas Ibu Profesional memiliki 3 Room :

1. Rumbel, rumah belajar untuk menambah jam terbang. Ada mentor, narasumber, dan ketua, kegiatan/pelajarannya yang ada disini lebih terstruktur.

2. Rumin, rumah main yang kegiatannya tidak terstruktur, tempat belajar bareng. Setiap regional mempunyai kegiatan dan kebijakan berbeda-beda.

3. Rumba, rumah berbagi dengan khalayak umum (non member IP).

Kontribusi warga baru di Regional 

Peserta orientasi yang sudah lulus akan menjadi warga baru di komunitas masing-masing regional (mengikuti domisilinya saat ini ada dimana). Lakukan tips dan materi yang sudah disampaikan oleh narasumber perwakilan dari berbagai pelosok regional. Aktif dan berbagi apapun yang dimiliki, jangan lupa untuk mengapresiasi diri dan teman yang sudah mau berbagi. Jika memiliki waktu lebih dan ingin belajar hal baru jangan sungkan untuk mengajukan diri jadi pengurus atau bisa juga menginisiasi rumbel baru sambil mengajak minimal 5 orang yang se-passion.

Kesan yang didapat selama mengikuti pekan Gelanggang Inspirasi Leader Regional

Secara garis besar aku memahami dan sudah terjun langsung sebagai pengurus selama 2 tahun (2017-2019). Sebelum tahun 2020 komunitas Ibu Profesional berbeda konsep dengan yang sekarang, namun lika-liku-nya hampir sama. Setelah seleh aku memilih untuk menjadi anggota saja, aku cukup sadar diri dengan banyaknya aktifitas yang aku jalani sehingga masih perlu belajar untuk membuat manajemen waktu yang baik dan membahagiakan.

Setelah melihat tantangan dan kelebihan yang ada di regionalku, serta melihat materi dan tips dari para narasumber selama 5 hari membuatku ingin berpartisipasi walaupun kecil di komunitas nanti. Semoga semangat ini terus ada untuk berbagi dan belajar bersama teman-teman di komunitas regional IP Jember Raya.


#resume1 #gelangganginspirasileader #orientasikampungkomunitas #balaimaingembira #ibuprofesional2021 #komunitasibuprofesional #kampungmain3 #semestakaryauntukindonesia #salamberprestasi #PrestAsyik

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments