Gelanggang Inspirasi Dapur Kampung Komunitas Ibu Profesional

By i k k a r f - Oktober 28, 2021

 


Tumbuh bersama Komunitas dengan Ketua Kampung Komunitas

Perjalanan selama di Ibu Profesional memberikan banyak pengalaman yang berharga, tidak hanya menyerap ilmu mengenai pengasuhan anak namun juga belajar hal baru. Setiap hal yang terjadi dalam kehidupan adalah pelajaran yang menarik. Ada proses transfer ilmu menjadi tingkah laku proses belajar melalui mengajar dengan warga komunitas. Uni Eci.

Definisi bahagia bagi uni Eci, kebahagian itu ketika berada di berbagai tantangan namun kita masih bisa bersyukur masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk bisa memeluk tantangan tersebut. Tantangan itu selalu ada, namun kita bisa menjalani tantangan dengan hati tentram.

Anak meniru orang tuanya, bagi uni Eci ketika mengambil peran menjadi ketua komunitas harapannya anak-anak bisa mengambil hal baik yang sudah uni Eci lakukan dan anak-anak diikutkan serta di acara komunitas Ibu Profesional. 

Perbanyak ngobrol bareng, main bareng dan aktivitas bareng dengan para warga komunitas agar warga baru semakin dekat dengan para warga lain. Jadikan komunitas ini sebagai tempat berkembang, pencapaian baru bagi dirinya sebagai perempuan/ibu/istri. Ketika mendampingi anak serta berperan di komunitas jadikan tempat untuk recharging (energi yang saling melengkapi), bukan malah menghabiskan energi.

Berkarya dalam Untaian Kata dengan Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)

Pendaftaran menjadi member KLIP hanya satu kali di awal tahun, sebab disini kita dilatih konsistensi dan kejujuran diri untuk komitmen menulis selama 1 tahun. Menulisnya di sosmed atau blog, jumlah kata ditentukan, setoran setiap hari, evaluasi per bulan dan ada syarat kelulusannya (minimal 10 tulisan dalam satu bulan). Tema diberi 4 kali dalam sebulan (setiap minggu), sehingga memancing ide untuk menulis sharing ke khalayak umum. KLIP bisa diakses melalui web, facebook grup dan whatsapp grup.

Di KLIP juga ada beberapa kegiatan lain yaitu klub buku, bisa dengan membuat quote penyemangat maupun saran bacaan buku apa saja yang menarik. Ruang berbagi sekali dalam sebulan, mulai bulan ini ada podcast juga (reading challanges). Inti dari kegiatan ini adalah berusaha untuk tetap terus semangat menulis. Bisa juga membaca web KLIP untuk informasi dan setoran tulisan masuk ke web.

Materi ini termasuk yang saya tunggu setelah materi dari bu Septi, saya berbinar ketika menulis. Semoga bisa mendaftar di awal tahun depan untuk bergabung dengan KLIP. Semoga ini jadi salah satu jalan untuk saya melahirkan buku solo setelah sebelumnya membuat sebuah buku antologi. Karya dalam dunia tulis-menulis tidak selalu tentang buku namun juga membuat blog, dan kelas literasi. 

Sebuah tips untuk tau kualitas tulisan kita yaitu mencoba masukkan tulisan kita ke penerbit mayor. Di Tahun 2022 KLIP membuat program pendampingan member, bisa dinanti dan ikutan. Saya sudah bergabung di Facebook grup KLIP, tapi bingung mulai dari mana. Materi hari ini lumayan memberikan pencerahan untuk jadi member KLIP.

Saatnya Bermain bersama Bumin

Bumin adalah sebutan bagi tim media komunikasi komunitas Ibu Profesional. Materi kali ini aku diajak main ke dapurnya bumin nih. Racikan ramuan rahasianya adalah brief - copywriting - design - proof read - proof read - sosmed upload. Spirit dari tim medkom adalah ikhlas, inisiatif, explorative, fast learner, eager to learn, dan disiplin. 

Rubrik sosmed medkom :
1. Catatan ibu, pesan dan isi hati Founder IP Ibu Septi Peni Wulandani.
2. Roman komunitas, curhatan ketua kampung Yesi Dwi Fitria.
3. Rahasia ibu, profil perempuan inspiratif baik dari IP atau non IP.
4. Berita ibu, info event IP nasional atau komunitas dari regional.
5. Ibu bisa, pengembangan potensi ibu, kolaborasi dengan 3R.
6. Karya ibu, pamer haskar rumbel regional.
7. Pesona ibu, seputar kesehatan dan kecantikan.
8. Ibu tamasya, seputar wisata budaya, kuliner dan belanja.
9. Ibu menyapa, konten ringan untuk memancing interaktif.
10. Layar kaca, info dan ulasan seputar Kampung Bakat.
11. Kabar kampung, info seputar kampung komunitas.
12. Ruang klip/literasi ibu, seputar dunia kepenulisan dan KLIP.

Diajak jalan-jalan ke dapur bumin jadi berbinar sekali, semua perempuan hebat merancang desain dan bisa mengadmini semua sosial media Komunitas Ibu Profesional padahal kegiatan jadi ibu juga sudah banyak. Dari sini aku melihat semua bumin sangat passionate dengan media komunikasi sehingga melakukannya dengan berbinar dan bahagia. Ada Facebook, Instagram dan Youtube, semua dikerjakan dengan sepenuh hati serta selalu mengikuti CoC yang sudah dirumuskan bersama. Good Job!

Lahan Bermain Ala Dapur Komunitas

Materi terakhir pekan ini bermain di dapur Manager Operasional, Manager Keuangan, Manager Program, dan Manager Aktifitas Kampung Komunitas Ibu Profesional. Ada 4 lahan bermain yang ada di dapur komunitas :
1. Manager Operasional, tugas utamanya menjalankan fungsi kesekretariatan komunitas. Berkoordinasi dengan ManOpNas (Manager Operasional pusat), memegang data seluruh komunitas regional. Membuat dan menjaga SOP komunitas terkait surat menyurat (penomoran surat). Menjaga arus informasi seluruh komunitas regional. Membantu leader kampung komunitas regional untuk berbagi informasi internalnya.
2. Manager Keuangan, Pengajuan keuangan antara pusat dan regional, membantu proses pencairan dana dengan membuat proposal sesuai dengan CoC.
3. Manager Program, posisi paling baru di komunitas. Tugasnya bikin acara, playground (tempat bermain bagi warga komunitas). Playgroundnya ada Kampung Main, Kampung Bakat, Super Camp, dan Kampung Ananda (masih digodog).
4. Manager Aktifitas, mengkoordinir aktifitas yang ada di kampung main baik di pusat maupun regional (ada rumbel, rumin dan rumba) selain itu juga mengkoordinir event.

Alhamdulillah insight dan materi yang sudah diberikan sangat bermanfaat untuk aku pribadi terkait apa saja yang ada di dalam Kampung Komunitas baik di pusat maupun regional. Sampai dengan saat ini masih jadi tim Santai nih, nonton materinya udah lewat dari hari H sebab kesibukan yang mengharuskan aku untuk nyimak materi di pekan-pekan pengumpulan resume. Namun tidak menghilangkan esensi dari mengapa dilakukannya orientasi di kampung main ini.


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments