Mentorship pekan 4 - Check In

By i k k a r f - Juli 02, 2021




Peri hutan memberikan waktu untuk double check pola pendekatan mentorship antara mentor dan mentee apakah sudah nyaman. Menurut saya, mentor saya mbak Lusi sudah cukup baik untuk menjadi mentor. Kami sudah saling nyaman untuk berbagi cerita dan sharing ilmu. Mungkin kendala memang di waktu, tetapi sejauh ini masih bisa kami kompromikan. 

Dari diskusi panjang yang telah kami lakukan, saya sudah membuat daftar prioritas diskusi pekan depan. Pertama-tama saya membuat bagan, apa saja yang dilakukan dan dihadapi ketika akan menjadi holistic nutririonist.


Setelah membuat bagannya, saya mencoba mengubah habit baik secara menyenangkan dan menarik menurut Atomic Habit. 


Memulai habit baru sejak hari senin pekan ini, masih di sticky notes merah (belum berhasil). Indikator berhasil menempel sticky notes warna hijau, jika saya menyiapkan sarapan dan makan malam (5 menit di dapur). Rewardnya nonton film dan minum ice coffee, sebab kedua itu memang saya batasi "konsumsinya".



Pekan ini awal memulai habit baru, dan masih meraba-raba cara yang menarik serta menyenangkan versi saya sesuai atomic habit. Awalnya memutuskan untuk menambah habit baik yaitu menambah lemak baik di isi piring saya, kebetulan beberapa hari lalu teman saya dokter gizi datang ke rumah. Saya nimbang BB dan nutrisi tubuh saya sebelum ramadhan (saya timbang ke rumah beliau), sekarang ingin mengevaluasi perkembangannya bagaimana. Ternyata ada kenaikan 0,7 kg dari terakhir timbang, dan beliau menyarankan untuk tidak menambah lemak, namun menambah otot saja.

Dari situ lumayan bikin galau, terus terang sudah semingguan saya minum minyak ikan dan minyak zaitun. Kebetulan pekan lalu saya menstruasi, perkembangannya saya nggak perlu obat pereda nyeri buat nahan sakit mens. Cukup tiduran dan istirahat aja, meskipun akhirnya nggak masuk kerja 2 hari (masih nggak kuat kalo masuk kantor). Alhamdulillah atas dasar itu saya ingin menambah asupan lemak baik, tapi ternyata kalau konsumsi tablet minyak ikan dan tablet minyak zaitun terus-terusan nggak baik juga. Mestakung-nya (semesta mendukung hehe) materi kelas dr. Meity sangat relate dengan kondisi saya pekan ini. Saya bertanyalah terkait konsumsi multivitamin setiap hari ke beliau, ternyata emang sebaiknya jika pada kondisi sehat sebaiknya melewati proses mengunyah. Kalau lemak baiknya berupa makanan yang ada di isi piring, bukan tablet yang langsung "glek" boleh (alpukat, kacang-kacangan dll).

Saya coba buka menu untuk orang yang mau memperbaiki hormon versi dr. Meity dan dari situ saya coba menerapkan menu itu saja dulu (easy) sambil dimodifikasi. Ada berhasil 1% pekan ini, konsisten minum air habatussauda sesuai menu. Menurut penelitian atas paparan dr. Meity kalau konsumsi habatussauda tiap hari dengan dosis yang sesuai. 

Pekan 1 challanges masih proses meraba-raba, jadi it's okey kalo indikatornya masih merah, tapi berhasil 1% di minumannya konsisten tiap hari (ada progress) udah berhasil menurut Atomic Habit. Pekan depan ditingkatkan ke menu makannya, sebab rencana akan ada WFH lagi dari kantor jadi bisa atur waktu untuk di dapur-nya. Semangat!



  • Share:

You Might Also Like

0 Comments