Puasa Pekanan 4 : Tidak tidur setelah subuh

By i k k a r f - Mei 26, 2021




Puasa pekanan ke-4 ini masih melanjutkan puasa pekanan ke-3 kemarin. Indikatornya-pun masih sama, yang menjadi beda sekarang bulan Syawal. Bulan Ramadan kemarin alarm tubuhnya udah okey, tiap jam 3 dini hari pasti kebangun. Hal ini terus berlanjut sampai akhirnya siklus menstruasi datang lagi di bulan ini.

Hari pertama masih need improvement, sebab lagi menstruasi ga ada alasan buat bangun solat subuh. Entah di alam bawah sadar saya juga lagi gelisah, sering insomnia dan suka banget konsumsi kopi hitam tubruk. Jika setelah minum kopi rasanya suasana hati kembali enak, Good mood! Semakin mendekati hari adik saya mau nikah, ikutan mikirin acara.

Hari kedua mulai masuk kerja, semangat baru pengen lebih baik dari kemarin. Mungkin juga hari ini bertepatan anniversary pernikahan saya yang ke-8, semangat bangun jam 3 soalnya persiapan nyentrikain seragam kerja suami juga. Sayangnya ketiduran setelahnya, yah gagal dapet badge satisfactory.

Hari ke 3 dan 4 tidurnya baru bisa lewat jam 12 dini hari terus, apakah aku semakin stres karena persiapkan pernikahan adik?! Entahlah.. yang jelas saya habis minum kopi malemnya. Yang lucu, kalau kopinya kapal api hitam kemasan itu bisa ngantuk. Tapi kalo kopinya asli dapet dari perkebunan, suami dikasih temannya ini jadi bikin ga bisa tidur. Bisa sugestiku saja kali ya. 

Kalau sudah seperti ini saya harus lakukan self healing, melakukan reframing helikopter view. Tapi belum saya lakukan, saya sibuk ngevaluasi siklus menstruasi saya. Ketakutan kalau pas hari H pernikahan adik saya, si Soraya Montenegro ( sebutan saya untuk nyeri menstruasi yang luar biasa sampai nggak bisa beraktivitas ) datang.

Indikator keberhasilan tantangan 30 hari kemarin juga dilihat dari menstruasi saya juga. Kali ini siklusnya maju banget, ngefleknya lama. Sampai tulisan ini ditulis, hari ini hari ke-11 menstruasi. Baru deras di hari ke 9-10, tapi kabar gembiranya saya hanya minum 1 obat pereda nyeri saja itu artinya semakin menurun skala nyerinya.

Sangat berbeda dari bulan lalu, hal ini membuat saya gembira. saya semangat untuk terus melanjutkan pola hidup sehat dari tantangan 30 hari kemarin dengan evaluasi dan catatan. Usaha saya ternyata ada hasilnya 😍 Alhamdulillah.





 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments