Aliran Rasa Tahap Kepompong

By i k k a r f - Mei 29, 2021

#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapkepompong
#aliranrasakepompong



Setelah menantang diri selama 30 hari + puasa pekanan, ternyata saya mempunyai data mengenali kemampuan diri saya. Bisa dilakukan kedepannya untuk mencari data pengenalan diri. Ternyata saya nggak bisa langsung "eating clean", harus bertahap. Kalau olah raga dan fokus lumayan bisa istiqomah, suatu hal yang wajar kalau ada satu dua hari skip dari rutinitas (entah itu faktor psikis atau lingkungan). Tanpa sengaja saya melihat suatu video dari youtube yang relate akan hal ini. Saya penasaran dengan isi buku "atomic habit", ternyata ada yang membedah buku ini. Inilah kesimpulan yang bisa saya ambil dari video tersebut :

obvious : bikin lebih jelas, terukur & tercatat (kapan kita mau ngerjain, brp kali kita ngerjain)

contoh : dari 3x makan dalam sehari minimal sekali makan yg lauknya semuanya sayur & bukan gorengan.


attractive : kebiasaan baru kita harus dikawinkan/dicari irisannya dg sesuatu yg kita suka kerjaan (bisa dinikmati).

contoh : 10.000 langkah - lari pagi sambil dgrin podcast.


easy : make it easy, adanya halangan bikin mager jadi temukan cara biar simple (temukan rintangan dan solusinya) harapannya bisa lebih konsisten.

contoh : makan sehat - ikut catring.


satisfying : bikin sesuatu yg bikin kamu senyum (rewarding).

james clear, what is immediately rewarded is repeated. what is immediately punished is avoided.

contoh : mau gym 40 menit, bikin plan setelahnya. habis gym ke coffee shop sambil baca buku (me time).

Dari keterangan diatas, saya akan melanjutkan habit yang paling inti (bangun di jam 3). Melakukan satu fokus sampai berhasil dulu baru pindah ke fokus habit berikutnya. Menggunakan teknik yang ada di buku "atomic habit" diatas, semoga saya bisa berprogres setiap harinya meskipun hanya 1% saja. Hal ini sesuai dengan "slow living" yang ada di peta saya. 


Setelah dievaluasi, fokus habit saya yang kaitannya dengan makanan kemarin terlalu banyak. Banyak makanan yang harus di stop agar hormon kembali stabil harusnya satu dulu bertahap, sedangkan habit olahraga sudah fokus satu dan pomodoro (sudah fokus satu) alhamdulillah lebih banyak hari yang sukses terlewati daripada gagalnya.

Fokus adalah bukan hal mustahil terjadi, jika punya niat dan kebulatan tekad yang sangat kuat. Tantangan di fase kepompong ini hampir sama pengumpulan tugasnya seperti di kelas Bunda Sayang. Ketika di Bundsay saya tidak bisa full excellent mengerjakan tugas, salah satunya lupa kirim link. Jadi saya bertekad di fase kepompong ini nggak boleh skip satu haripun. Ada hari dimana saya berjibaku sakit ketika heavy flow menstruasi, saya harus punya strategi agar tetap bisa kirim link. Salah satu strategi adalah alarm di jam 21, kalau hari itu belum kirim link di jam 9 malem saya akan sebagai pengingat agar terhindar dari lupa.




Akhirnya usaha saya membuahkan hasil, saya masuk ke dalam para kepompong istimewa yang bisa ngobrol bareng bu Septi dan pak Dodik. Kami semua belajar ilmu baru, namanya "mentorship". Wah, semakin tercerahkan dari obrolan bu Septi, pak Dodik dan magika, keren banget dan saya sangat menantikan hari senin untuk mendengar tantangan di Hutan Kupu Cekatan selanjutnya. Disini saya belajar tentang kerja keras untuk fokus buahnya sangat manis. Be Patience!



source : Youtube dibacain by fellexandro ruby

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments