Puasa Pekanan 1 : Puasa Jajan di Luar

By i k k a r f - April 14, 2021



Alhamdulillah selesai sudah menantang puasa pekanan pertama, saya memilih yang termudah yaitu puasa tidak jajan di luar. InsyaAllah kalau nggak kerja godaan jajan itu minim, karena saya masih bisa masak bahan makanan yang ada di rumah. Tapi kalau udah kerja di kantor, paling nggak enakan kalau diajak teman kantor beli makan siang. Meskipun saya bawa bekal dari rumah, akhirnya luluh nemenin makan juga hehe

Oleh karena itu saya memilih untuk puasa jajan di luar dan mencari solusi terbaik dari masalah diatas. Di akhir evaluasi ini saya menyatakan saya berhasil melewati tantangan ini. Komitmen saya tinggi karena masih keinget rasanya sakit menstruasi bulan ini yang bikin ampun-ampunan deh rasanya. Saya sudah pernah makan berbagaimacam makanan enak-enak selama 30 tahun lebih, sudah saatnya saya harus berhenti. Bisa juga beberapa makanan yang dimasak sendiri dengan mengganti bahannya dengan yang lebih halal dan thoyib.

Selain kantor, godaan ketika berkunjung ke rumah teman dan sanak saudara itu yang jadi tantangan. Kalau nggak ambil dikira sombong, diambil jadi ngerasa bersalah. Seperti di hari minggu kemarin, ketika berkunjung ke rumah teman alhasil makan juga tapi saya batasi. Kita tidak bisa menghindari makanan-makanan tersebut, kalau nggak enak solusinya saat ini bawa wadah lalu dibawa pulang. Tanpa mengurangi rasa bersalah, insyaAllah masih sama-sama berkah kok ya.

Berikut ini penjelasan badge yang saya buat di puasa pekanan pertama ini :
Excellent : Puasa Jajan dan masak sehat sendiri.
Very good : Puasa jajan dan nggak masak sehat sendiri (makan masakan orang, baik pembantu maupun orang lain).
Satisfactory : Jajan, makan sedikit < 50% makanan tidak sehat.
Need Improvement : Jajan dan makan tidak sehat 100%.

Terlihat diawal tantangan masih ada rasa nggak enak ke temen akhirnya ikutan jajan, lalu nggak jajan tapi makan masakan orang lain (nggak masak sendiri). Di hari minggu karena diajak ke rumah teman dan sanak saudara, tidak ada persiapan karena mendadak akhirnya nyicip juga micin-micin hehe tergiur. Over all, sukses bisa dapet badge excellent. Tantangan diterima! 

Pekan kedua, saya memilih untuk mengganti puasa pekanan lainnya yaitu puasa tidak makan makanan yang digoreng. Setelah dievaluasi, sejak hari pertama tantangan saya tidak bisa lepas dari makanan yang digoreng. Tingkat level agak ditingkatkan, saya harus masak sendiri nih. Kalau nggak dikukus ya di oven makanannya. InsyaAllah bisa lah ya.. Hamasah!


 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments