Fase Kepompong Day 2

By i k k a r f - April 08, 2021



Yeay! Tepat hari ini map hutan kupu cekatan seirisan dengan mindmap saya. Hari ini dan seterusnya menjadi fase playground saya, artinya saya perlu menyiapkan isi piring saya sendiri. Bertepatan dengan puasa pekanan hari ke 2-saya untuk tidak jajan. Godaan jajan hari ini nggak sekuat kemarin karena sekarang jadwal saya untuk WFH (work from home). Masih dalam tahapan kelola emosi kalau di kantor ada yang ngajakin jajan makan siang, padahal saya sudah bawa bekal dari rumah. 😅

    

Hari ini saya kasih skor 3 "VERY GOOD"! Saya berhasil melakukan pomodoro satu jam dan yoga 15 menit. Alhamdulillah badan sudah mulai enakan, hormon menstruasi sepertinya sudah kembali ke posisi normal. Jadi saya beberes kulkas, ada beberapa makanan yang sudah busuk. Saya memang menyiapkan makanan probiotik di dalam kulkas, masalahnya orang rumah tidak suka. Mungkin ada yang buka kotak saya lalu lupa menutup rapat kembali, akhirnya tumbuh jamur. Mungkin nanti perlu saya kasih label kotak makanan saya. Tapi tak apa, 2 kotak kimchi saya masih aman.

Saya juga berusaha melakukan management dapur yang sudah saya catat di pekan ulat lalu. Decluttering beberapa bahan makanan dan menata lemari dapur lebih rapih lagi (pernah saya foto di fase telur). Untuk beralih ke makanan sehat memang perlu ada cemilan pengganti dari makanan instant. Belajar untuk makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang itu butuh usaha. Kebiasaan sebelumnya makan sampai kenyang, biasanya nyemil kue kering ataupun masak baso aci instant sekarang kalau laper nyemilnya buah. 

Masih ada beberapa makanan kemasan sih, tapi nanti akan saya masak biar dimakan orang rumah aja lah. Icip 1 biji boleh kali ya 😜  Mungkin terdengar, "kok sampe segitunya sih?" Kalau lihat daftar makanan yang nggak boleh dimakan oleh saya memang sangat "ketat". Tapi karena saya sudah mengazamkan diri jadi harus berusaha untuk melakukan detoks dari sekarang. Menstruasi kemarin udah jadi alarm tubuh saya bahwa perlu adanya detoksifikasi besar-besar-an buat tubuh saya. 

2 hari ini masih belum berhasil menghindari daftar makanan yang tidak boleh dimakan (goreng-goreng dan tempe), sebab hari ini saya nggak masak sendiri. Alhamdulillah ada yang bantuin tugas domestik di rumah, dan saya belum belanja bahan makanan yang boleh saya makan heee salah sendiri kan? Tapi lumayan untuk push olahraga minimal 15 menit hari ini. Untuk mengetahui berapa kalori yang terbakar sewaktu olahraga saya menggunakan smartwatch sebagai data. Ya! Untuk berubah itu perlu data, jadi kita bisa mengukur progres kita. Jadi, jangan malas menjurnal dengan data ya teman-teman.


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments