Peta Belajar Fase Telur

By i k k a r f - Februari 04, 2021

#institutibuprofesional

#hutankupucekatan
#petaperjalananbelajar

Semakin dalam menjelajah hutan kupu-kupu, semakin semangat dan berbinar. Di fase terakhir telur, kita akan membuat peta perjalanan belajar. Sebab kita tidak tau dan tidak bisa meraba apa yang ada di depan nanti. Agar tidak tersesat, saya harus merumuskan peta untuk menuju kupu-kupu unik nan cantik versi saya. Setelah membedah isi ransel, berbincang dengan magika, peri hutan dan kunang-kunang, sedikit demi sedikit saya menemukan rumusan peta belajar versi saya.


Jadi, saya mempunyai 2 peta belajar. Peta belajar dunia (besar) dan ada peta belajar kota (kecil). Gambar diatas adalah peta belajar dunia saya. Saya ingin menjadi "muslimah holistic therapist", disitu saya membagi 6 ilmu yang perlu saya pelajari yaitu :
1. Spiritual, karena ilmu holistic itu menyeluruh (jasmani dan ruhani) disini memperdalam ilmu ruhani-nya.
2. Medical, di tahap ini memperdalam ilmu jasmani berhubungan dengan kesehatan tubuh.
3. Bussines, disini belajar lebih dalam mengenai sosiopreneur dan belajar memproduksi produk yang menunjang kesehatan secara holistic.
4. Education, fokus disini membuat buku dan kurikulum untuk sharing ke khalayak umum.
5. Movement, fokus belajar disini mengenai gerakan yoga dan gerakan sholat yang menyehatkan secara holistik.
6. Nutritionist, fokus belajar menjadi ahli gizi secara holistik yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga kecil saya terlebih dahulu. Untuk 6 bulan kedepan fokus saya menjadi ahli gizi keluarga secara holistik.


Dari peta besar tadi, saya mengambil fokus ke nutritionist. Lalu terciptalah peta kecil perjalanan untuk menjadi ahli versi saya. Sebelumnya sudah saya singgung peta belajar saya di postingan blog sebelum ini (screening - pencarian/pengumpulan data - fleksibel dalam bertindak - bekal ilmu - trial eror - istiqomah - progres - evaluasi). Ternyata setelah saya breakdown dikerucutkan lagi agar lebih ringkas, sehingga terciptalah peta belajar yang saya namakan "Finding New Stars". Menurut saya belajar menjadi ahli seperti menemukan satu bintang di antara jutaan bintang di jagat semesta ilmu-nya Allah.

Goal terbesar saya di project ini adalah hormon dan emosi saya stabil. Stabilnya hormon terlihat dari siklus menstruasi saya selama 6 bulan kedepan bagaimana. Sedangkan kestabilan emosi menurut saya ketika datang emosi (baik itu senang, sedih, khawatir, takut dll) saya bisa melihat dan mengelolanya dengan baik. Lalu, goals kecil saya di project ini adalah saya bisa istiqomah melakukan aktifitas yang sudah dibuat sesuai jadwal dan saya juga istiqomah masak sehat untuk diri saya dan keluarga setiap hari. Sebab kendala saya adalah istiqomah dan daya juang yang rendah. 

Bagaimana cara membaca peta kecil ini???

Pertama-tama kita memposisikan diri di area "mulai" - lalu kita berjalan ke stadion "screening" disini kita mulai mendeteksi diri kita, apa yang menjadi kekhawatiran saya, penyakit apa yang ada di diri saya, begitu pula di suami dan ibu saya, dan kira-kira apa yang perlu saya cari tau agar saya berhasil mencapai goals (kekurangan dan kelebihan diri sendiri). Saya memberi waktu 2 minggu untuk melakukan screening pada diri sendiri, suami dan ibu.

Lalu asumsi-asumsi dan semua kekhawatiran tadi harus diubah menjadi "data". Disini kita berbicara fakta, bukan belief (kepercayaan) yang belum tentu itu benar. Dengan dibantu dengan ilmu 7 pilar kelola emosi dan 5 pilar perubahan kita rumuskan disini. Untuk mengecek type gut saya, suami dan ibu saya termasuk kemana, saya menggunakan quiz dr.Axe juga sebagai data penunjang. Pencarian data penunjang berikutnya tentang kelebihan dan kekurangan saya melalui ST-30. Saya memberi waktu 3 minggu untuk pengumpulan data.

Setelah mengumpulkan fakta dan data, saya mencari tau lebih dalam penyakit-penyakit tersebut (kondisi saat ini) dengan "mencari ilmunya". Saya cari tau tentang telur oranye (sehat ala Rasulullah, wellness in your kitchen, slow living) melalui buku, mendengarkan dan mencatat pelajaran M2S yang sudah saya pelajari sebelumnya di kandang waktu yang sudah saya buat. Saya batasi 4 minggu untuk belajar mengumpulkan ilmunya.

Nah setelah dari bank ilmu, saya bermain-main di "playground". Mencoba trial dan eror membuat resep masakan yang sesuai type gut (data yang sudah saya punya). Mencari tau bagaimana membuat dapur yang sehat, bahan-bahan yang sehat sampai membuat meal plan yang sesuai/nyaman dengan saya dan keluarga. Disini saya mencoba membuat challange 30 hari, sebagai bentuk konsisten untuk memasak setiap hari.

Setelah bermain-main trial eror di playground, diharapkan di fitting room ini sudah mempunyai resep masakan yang menjadi benang merah antara saya, suami dan ibu saya. Jika cukup waktunya saya mencoba membuat challange 30 hari lagi untuk mematenkan meal plan yang sesuai dengan konsep hidup "slow living". Jika berhasil maka kita lanjutkan perjalanan di "the stage". Di tahap ini saya mencoba evaluasi, membandingkan awal sebelum berprogres dengan hari ini.

Tahap evaluasi merupakan bagian dari tahap "new star". Wah kalau dibayangkan, ini tahap paling mengharukan sih. Dimana saya menyatakan berhasil atau tidak dalam menjalani tantangan ini. Jika berhasil, maka saya akan melakukan "self reward" entah itu berupa barang atau apresiasi selain barang. Namun, jika saya tidak berhasil saya harus berbesar hati untuk melakukan "punishment". Hal ini masih perlu saya cari ilmunya agar mindfullness ketika menjalaninya. Adakah saran dari teman-teaman sebaiknya apa reward dan punishment yang cocok untuk saya??? Tulis di kolom komentar ya.

Terima kasih teman-teman sudah membaca tulisan saya. Yuk, cobain buat peta belajar versimu sendiri! 😊




  • Share:

You Might Also Like

2 Comments

  1. Wah, mbak mantap sekali rinciannya.
    Aku jadi terpikirkan untuk buat peta dunia juga, mbak.

    Rewardnya bisa makanan sehat dari restoran tertentu gitu mungkin, mbak atau alat masak.
    Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senang sekali dapet feedback dari mb fikadara, makasih mbak.

      Yuk cobain buat peta dunia versi mba fika, insyaAllah akan jadi lebih tertata setelah bundcek selesai.

      Wah boleh juga tuh saran rewardnya, semoga saya dan mb fika bisa melakukan proses perubahan ini berhasil dengan baik ya.. Amiiin!

      Hapus