Game Level 12 Day 9

By i k k a r f - Maret 27, 2020

#hari9
#tantangan10hari
#gamelevel12
#kuliahbundsayIIP
#keluargamultimedia

Assalamualaikum warrahamatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..

Kebijakan WFH (work from home) sudah berlaku di tempat kerja saya, kalau lagi kerja di kantor biasanya saya dan teman-teman kantor berjemur di halaman kantor. Kalau lagi kerja di rumah, saya berjemur sambil mengamati tanaman-tanaman saya. Saya suka berkebun, ada beberapa tanaman hias ada juga tanaman yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Agar berjemurnya berfaedah saya sambil mencari tau sejarah dari tanaman saya ini dengan menggunakan aplikasi "plant snap".

Aplikasi ini menggunakan bahasa indonesia, tampilannya seperti berikut ini :

Ketika membuka aplikasi ini akan muncul seperti gambar diatas, foto tanaman yang ingin anda cari tau lebih dalam. 



Saya ingin mencari tau tentang daun monstera, kemudian muncullah keterangan seperti gambar diatas. Ada klasifikasi kelas, kerajaan, jenisnya apa, dan ada deskripsi jelas dari jenis ini.

Tetapi saya lebih menyukai aplikasi "picture this" :

Bentuk icon aplikasinya seperti gambar diatas, sayangnya berbahasa inggris. Tetapi sangat membantu saya karena ada keterangan bagaimana merawat tanaman tersebut, termasuk tanaman yang suka air atau tidak, yang suka banyak sinar matahari atau tidak. Karena setiap tanaman punya karakteristik yang berbeda-beda, maka jika kita ingin merawatnya dengan benar harus tau apa yang dibutuhkan tanaman ini.


Hampir sama caranya dengan aplikasi plant snap, jadi pertama-tama kita foto dulu tanaman yang ingin kita cari tau deskripsi dan karakteristik tanaman tersebut. Saya mencoba mencari tau lebih dalam tentang tanaman saya yang bernama "string of hearts", jika kita tidak tau namanya apa kita bisa tau namanya lewat aplikasi ini dan macam2 string of hearts apa saja.




Seperti gambar diatas, tanaman ini sebaiknya tanahnya agak kering, dan lebih baik tidak terkena matahari langsung (lebih baik di tempat yang cukup sinar matahari, agak masuk di bawah naungan). Saya masih belum mempelajari lebih dalam aplikasi ini, mungkin bisa diubah ke bahasa indonesia. 


Di bagian explore kita bisa share tanaman yang kita punya dan bisa melihat tanaman milik orang di sekitar kita yang juga menggunakan aplikasi ini. Kita bisa terhubung dan membuat suatu komunitas juga.

Demikian kurang lebih mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments