Game Level 12 Day 2

By i k k a r f - Maret 20, 2020

#hari2
#tantangan10hari
#gamelevel12
#kuliahbundsayIIP
#diamdirumah
#14hariantimatigaya
#ibulawancorona
#institutibuprofesional

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..

Saya memfokuskan tahun ini untuk belajar "slow living", yaitu seni menikmati hidup dengan berani menggunakan waktu agar dapat melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin (dalam buku In Praise of Slowness: Challenging the Cult of Speed, Carl Honoré ). Di zaman yang serba cepat, dan saya pun terbiasa untuk sangat multitasking ternyata tidak selamanya berdampak baik. Saya menjadi kurang fokus dan itu mempengaruhi kemampuan otak saya, selain itu bahan-bahan makanan, kosmetik dll yang instan dan banyak bahan kimia membuat tubuh saya terpapar banyak sekali racun yang bernama "Xenoestrogen" (hormon estrogen palsu) yang berpengaruh kepada alat reproduksi laki-laki maupun perempuan. Oleh sebab itu saya tertarik untuk membuat personal care saya sendiri, salah satunya adalah sabun handmade.

Sebelum membuat sabun yang sesuai dengan kemauan kita, perlu menghitung takaran bahan dasar yang menunjang untuk menjadi sabun yang "benar". Saya menggunakan web ini untuk menghitungnya : www.soapcalc.net . Begini tampilannya :


Setelah klik alamat webnya, muncul gambar diatas ini. Kemudian klik tombol "getting started".


Kemudian turun ke paling bawah, seperti di gambar klik soapcalc lye calculator. 


Kemudian tampilan akan menunjukkan seperti gambar diatas. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan anak-anak, bermain sambil bereksperimen. Cara ini paling praktis dan free untuk semua kalangan, pemakaiannya juga mudah (bisa dilakukan dari handphone).


Gambar diatas adalah contoh pembuatan sabun dengan menggunakan total bahan 250 gr. Hasilnya bisa menghasilkan sabun untuk seluruh keluarga kurang lebih selama 1 bulan. Selama memakai sabun yang saya tau komposisinya dan bahan-bahan "aman" yang saya pilih sendiri sesuai jenis kulit saya, membuat saya tenang dan merasa "sehat". Apalagi di suasana seperti sekarang yang sedang marak virus corona, diharapkan kita sering untuk cuci tangan dengan sabun. Jika memakai sabun yang beredar di pasaran, dimana zat kimianya yang membuat kulit kering dengan menggunakan sabun buatan saya sendiri ini kulit saya selalu lembab meskipun sering cuci tangan atau mandi.

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.














  • Share:

You Might Also Like

0 Comments