Game Level 12 Day 14

By i k k a r f - Maret 31, 2020

#hari14
#tantangan10hari
#gamelevel12
#kuliahbundsayIIP
#keluargamultimedia

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim

Kalian liat ga? Ada yang berbeda hari ini. Apa hayo...

Masih nggak "ngeh" ?

Ya udah aku kasih bocoran, kalo tampilan blog ku beda dari kemarin-kemarin. Hehe

Aku lagi belajar ngehias supaya blogku enak buat dilihat, tapi masih belum fix dan rapih. Perlu banyak belajar lagi. Seperti aplikasi "must have" yang harus ada di handphoneku. Aplikasi ini bikin aku belajar buat memilih dan memilah bahan-bahan organik dan aman dari bahan kimia. Nama aplikasinya "think dirty".



Tampilannya akan seperti gambar diatas, ini adalah aplikasi untuk melihat kadar kimia di suatu produk. Semenjak belajar zero waste dan xenoestrogen, saya berusaha mencari skincare, kosmetik dan personal care saya yang organik. Ketika membuka aplikasi ini, di "home" akan muncul seperti gambar diatas, ada search produk atau ada klasifikasi personal care untuk memudahkan pengguna mencari. Ada informasi juga tapi sayangnya ini berbahasa inggris, bagusnya ini free. Ada juga scan barcode (klik tools hijau ditengah), yang ada di produk anda otomatis akan keluar informasi dari produk yang anda capture.




Disini saya mencoba klik hand sanitizer, yang lagi marak sekarang gara-gara virus covid19. Banyak orang berbondong-bondong mencari alkohol dan bahan-bahan disinfektan yang jika dipakai terus menerus akan membahayakan tubuh kita. Kemudian akan muncul seperti gambar diatas, dan saya mencoba klik salah satu produk organik terkenal yaitu Dr. Bronner's.



Maka hasilnya akan muncul seperti gambar diatas, bintangnya 5 artinya sangat bagus dan produk ini organik. Ada indikator merah (dirty) yang artinya kadar kimianya tinggi, kalau kuning (half n half) artinya ada bahan kimia dan campuran bahan organik juga, kalau hijau (clean) artinya produk tersebut bahannya dari organik murni tidak ada campuran bahan kimianya. Bisa dilihat bahan dari hand sanitizers produk Dr. Bronners ini terdiri dari organik ethanol, jika di klik maka akan muncul alkohol apa aja yang terkandung di dalamnya. Untuk lebih jelasnya klik "show more".

Aplikasi ini sangat membantu saya untuk melihat produk organik yang aman digunakan atau tidak. Sayangnya sebagian besar produk luar negeri yang ada disini, meskipun ada juga produk local yang terdaftar di aplikasi ini. Tetapi tidak apa-apa, selama ada ecommers insyaallah produk tersebut mudah kita cari dan dapatkan. Karena harganya yang mahal, tidak semua personal care, kosmetik saya beli ada juga yang saya buat dan racik sendiri. Alhamdulillah saya sudah menemukan ramuan yang pas untuk membuat sabun mandi dan wajah, deodorant, dan skin care untuk kulit wajah-tubuh. Selain itu saya menggunakan produk Dr. Bronners ini, pasta gigi dan soap base (bisa untuk shampoo, sabun cuci tangan traveling yang bisa diencerkan dan dicampur dengan bahan yang lain supaya hemat). Lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi pastikan masukkan bahan yang "aman" untuk tubuh anda dan keluarga anda.

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments