Game Level 11 Day 6

By i k k a r f - Februari 25, 2020

#hari6
#tantangan10hari
#gamelevel11
#kuliahbundsayIIP
#membangkitkanfitrahseksualanak

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..


Kalau untuk usia dini belum perlu mengenalkan dunia digital, karena memang belum masanya. Namun saat anak memasuki usia yang cukup, anak bisa dikenalkan dengan pendampingan orang tua, agar ia tahu cara menggunakannya dengan benar. Bila tidak dikenalkan, dikuatirkan nanti ia malah tahu/belajar dari orang/sumber lain yang belum tentu sesuai dengan yang diharapkan keluarga. 

Misal, dengan kontrol orang tua, anak justru bisa diajarkan bagaimana cara mencari informasi edukatif, atau menggunakan aplikasi yang sesuai usianya.

ASHA (American Speech-Language-Hearing Association) menyarankan durasi maksimal penggunaan gadget dalam sehari sesuai usia anak, yaitu:
* 0-2 tahun (0 menit/hari), kecuali video call itupun sebaiknya tetap dibatasi durasi, dan pergerakan gambar lawan bicara.
* 2-3 tahun (30 menit/ hari)
* 3-4 tahun (1 jam/hari)
* 4-5 tahun ( 60-90 menit/hari)
https://schoolofparenting.id/batasan-penggunaan-gadget-untuk-anak/

Ortunya berubah dulu, lebih banyak interaksi dg anak. 
Ada 2 poin,
1 kalau mau anaknya lepas sepenuhnya dr yutub, ya berarti perlahan dikurangi dg lebih banyak interaksi/permainan motorik sensorik
2 kalau nggak bisa sepenuhnya lepas, dampingi anak saat main yutub. arahkan mana yang baik untuk dilihat, gali potensinya agar bisa menggunakan yutub sesuai kemampuannya. Misal suka lihat acara menyanyi, maka ajak untuk benar2 ikuti dan asah kemampuan nyanyinya.

berkaitan dgn kecanduan gadget, kita sbgai orgtua mjd role model utk anak, sebisa mungkin meminimalisir penggunaan gadget dihadapan anak, kita lebih banyak bermain mainan tradisional, misal kalo anak perempuan masak2an, anak laki2 bermain bola


Kita tdk bisa melarang anak menikmati kemajuan teknologi digital, yg bisa kita lakukan adalah memanagenya, ada kandang waktu dan konsistensi dalam melakukannya. Tidak mudah memang, in syaa Allah dgn niat yg kuat agar anak2 kita tumbuh mjd anak yg shalih/at sesuai fitrahnya, semoga Allah mudahkan setiap upaya kita dalam mendidik dan membersamainya
Tetap jalin komunikasi dua arah saat menggunakan media digital, karena peran orgtua tdk bs digantikan dgn teknologi secanggih apapun. utk menjaga fitrah seksualitas anak2, kita hadirkan permainan tradisional di rumah, agar mengasah motoriknya, tentu sesuaikan dgn gendernya.



  • Share:

You Might Also Like

0 Comments