Game Level 11 Day 4

By i k k a r f - Februari 23, 2020

#hari4
#tantangan10hari
#gamelevel11
#kuliahbundsayIIP
#membangkitkanfitrahanak

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..

Dalam islam seorang anak akan ikut nasab ayahnya. Nasab adalah pertanggungjawaban yang akan diminta dari seorang ayah. Berhasil atau gagalnya seorang ayah akan dimintai pertanggungjawaban sesuai nasabnya.

Peran ayah itu tidak hanya terbatas pada mencari nafkah harta saja tapi juga harus memberikan waktu dan kasih sayang, lebih jauh lagi ayah harus berperan sebagai role model bagi anak untuk belajar ketegasan dan kuat untuk menolak segala hal negatif yang ditawarkan oleh lingkungan luar atau teman sebayanya.

Bagi anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya. Jika anak perempuan mendapatkan cukup cinta dari ayahnya, dia tidak akan mencari cinta dari lelaki lain di luar rumah, hingga menjelang pernikahannya.

Bagi anak laki-laki, ayah adalah super hero pertamanya, idola pertamanya. Jika anak laki-laki tidak mendapatkan ayahnya sebagai super hero atau idola maka dia akan mencari super hero atau idola lain di luar rumahnya. Anak laki-laki juga butuh edukasi pada masa pubertasnya, oleh karena itu yang paling baik dalam mengedukasi hal tersebut adalah sang ayah.
Namun dalam realitanya kita terkadang dihadapkan dengan tantangan-tantangan pengasuhan dari peran ayah itu sendiri..

seperti :

1. Ayah terlalu sibuk mencari nafkah, sehingga tidak bisa sepenuhnya hadir dalam pengasuhan anak

2. Ayah menganggap bahwa pendidikan anak adalah hanyalah tugas seorang ibu, sehingga ayah bersikap pasrah atau bahkan cuek terhadap pendidikan anaknya.

3. Ayah tidak setiap hari ada di rumah karena harus bekerja di tempat yang jauh dari keluarga (LDM)

4. Kurangnya minat ayah untuk belajar ilmu pengasuhan anak.

5. Pudarnya teladan dan kharismatik seorang ayah dalam keluarga. Misal seorang suami yang "sangat tergantung dengan istrinya atau ibunya"

6. Seorang ayah yang belum mampu membuat misi keluarga bahkan galau menjadi ayah

7. Seorang Ayah yg kasar dan kurang bisa memahami perasaan istri dan anak-anaknya.

 
dsb.


Kesimpulannya peran ayah diharapkan terus ada sampai baligh, setelah usia 15 tahun diharapkan figur ayah menjadi teman diskusi anak-anaknya sampai akhir hayat.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments