Game Level 11 Day 10

By i k k a r f - Februari 29, 2020

#hari10
#tantangan10hari
#gamelevel11
#kuliahbundsayIIP
#membangkitkanfitrahseksualanak

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..






Ada 7 sikap yang harus dilakukan orang tua untuk menghadapi anak usia SD yang mulai suka - suka an dengan lawan jenis , antara lain :

1⃣ Jangan Panik

Jika kita menanggapi hal ini dengan panik dan berlebihan maka anak akan merasa takut bahkan sebelum ia menyampaikannya pada kita. Bersikaplah secara natural walaupun sebenarnya kita terkejut dengan pernyataannya.

2⃣ Jadilah Pendengar yang Baik

Dengarkanlah ceritanya secara lengkap terlebih dahulu. Jangan buru-buru memotong ucapannya. Kumpulkan informasi dari anak sebanyak-banyaknya agar kita bisa memberikan saran yang paling pas untuk mereka. Banyak bertanya balik padanya untuk menggali sejauh mana definisi ketertarikan mereka pada lawan jenis.

Contoh :
Ketika anak laki2 bercerita ada temannya yg cantik, ibunya bisa tanya "cantik  ya nak? Apanya yg cantik?"
"Matanya bagus Bu"
"Selain matanya, apa lagi?"

Ketika anak cewek bercerita kalau suka cowok, kita bisa tanya
"Kenapa sih kamu suka dia?"
"Soalnya ia cowok baik"
"Menurut kamu, tipe cowok baik kayak apa?"

3⃣ Tanggapi dengan Tenang

Setelah mengetahui sejauh mana penjelasan mereka, saatnya menjelaskan bahwa hal tersebut wajar terjadi dan itu menandakan bahwa mereka sudah beranjak dewasa, itulah yang orang dewasa rasakan pada lawan jenisnya.

Jelaskan pada mereka memiliki banyak teman merupakan hal yang penting. Dengan memiliki banyak teman, mereka juga akan mendapatkan kesempatan yang luas untuk menemukan seseorang yang benar-benar klik dengan mereka saat dewasa nanti.

4⃣ Berikan Penjelasan tentang Cinta sesuai Usianya.

Jelaskan padanya bahwa cinta bukan hanya diberikan dari mereka dan lawan jenisnya namun cinta itu luas. Bahkan mereka juga harus cinta dengan semua makhluk hidup di dunia ini. Cinta dengan Mama dan Papa, cinta dengan hewan peliharaan, bahkan cinta dengan tumbuhan di kebun mama.

5⃣ Jelaskan Batasannya pada mereka

Lanjutkan dengan menjelaskan batasan-batasan seperti apa yang harus mereka patuhi.

Misalnya tidak boleh melakukan kontak fisik secara langsung dan disengaja. Namun hal tersebut bukan berarti ia tidak boleh berteman dengan lawan jenisnya ya, Ma. Beri mereka pengertian untuk tetap berteman dengan sewajarnya.

6⃣ Arahkan dengan Kegiatan Positif

7⃣ Sampaikan Pesan Moral

Hal terakhir yang perlu diakukan adalah menyampaikan pesan moral pada mereka. Untuk memudahkannya mengerti penjelasan kita, gunakanlah perumpamaan dari cerita nyata atau karangan saja.


Sumber : https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/sarrah-ulfah/jika-anak-jatuh-cinta-ini-yang-harus-mama-lakukan/full

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments