Game Level 11 Day 1

By i k k a r f - Februari 20, 2020

#hari1
#tantangan10hari
#kuliahbundsayIIP
#gamelevel11
#membangkitkanfitrahanak


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..





Secara umum karakter anak, menurut Erik Erikson(1963), tahap perkembangan manusia sejak usia bayi hingga usia remaja ada 5 tahap, yaitu:


1⃣Trust vs Mistrus

Tahap ini berlangsung pada masa oral, pada umur 0-1 tahun atau 1,5 tahun (infancy).Poin pembentukan karakter yang harus diperhatikan pada masa ini adalah MEMBUAT BAYI PERCAYA KEPADA LINGKUNGAN

2⃣Otonomy vs shame and doubt (Otonomi vs perasaan malu dan ragu-ragu)

Tahap ini merupakan tahap anus-otot (anal/mascular stages), masa ini disebut masa batita yang berlangsung mulai usia 1-3 tahun (early childhood). Saat ini, bayi sudah disebut dengan anak (di atas 1 tahun, bukan bayi lagi =)) .

Dalam Islam, masa anak-anak (2-7 tahun atau disebut dengan fase thufulah)

Pada fase inilah merupakan fase penting memberikan pondasi dasar tauhid pada anak melalui cara aktif agar anak terdorong dan memiliki tauhid aktif dimana anak mau melakukan sesuatu yang baik semata menurut Allah.

Poin pembentukan karakter yang harus diperhatikan pada masa ini adalah MEMBUAT ANAK PERCAYA DIRI.

3⃣ Inisiatif vs Guilt ( Inisiatif vs rasa bersalah)

Tahap ini dialami pada anak saat usia 4-5 tahun (preschool age).

Poin pembentukan karakter yang harus diperhatikan pada masa ini adalah penanaman semua nilai-nilai/karakter baik dalam berbagai situasi dengan cara yang baik pula.

Poin pembentukan karakter pada masa ini adalah sikap disiplin, berempati, pemalu (menjaga aurat), dermawan, rendah hati, optimis, kepemimpinan, dan pemaaf

4⃣Industrial vs Inferioritas

Tahap ini merupakan tahap usia 6-12 tahun (school age).

Dalam Islam, fase ini disebut masa tamyiz (7-10 tahun).

Di fase ini anak sudah mulai mampu membedakan baik dan buruk berdasarkan nalarnya sendiri sehingga di fase inilah kita sudah mulai mempertegas pendidikan pokok syariat.

Poin pembentukan karakter yang harus diperhatikan pada masa ini adalah keuletan/kegigihan/ kerajinan dalam melakukan tugas-tugasnya serta anak bangga pada dirinya sendiri (menghargai dirinya sendiri, serta merasa dirinya berhasil menjalankan peran-perannya).

5⃣Identitas vs kekacauan identitas

Tahap ini merupakan tahap remaja, dimulai pada saat masa puber dan berakhir pada usia 12-18 tahun/anak.

- Di dalam tahap ini lingkup lingkungan anak semakin luas, tidak hanya di lingkungan keluarga atau sekolah, namun juga di masyarakat

– Pencarian jati diri mulai terjadi dalam tahap ini.

– Apabila seorang remaja dalam mencari jati dirinya bergaul dengan lingkungan yang baik maka akan tercipta identitas yang baik.

– Jika remaja bergaul dalam lingkungan yang kurang baik maka akan timbul kekacauan identitas pada diri remaja tersebut.

Dalam Islam fase ini disebut dengan Masa Amrad (10-15 tahun)

Fase ini adalah fase dimana anak mulai mengembangkan potensi dirinya guna mencapai kedewasaan dan memiliki kemampuan bertanggung jawab secara penuh. Dalam islam, fase ini juga merupakan fase dimana anak mencapai aqil baligh sehingga sudah semakin pandai menggunakan akalnya secara penuh. Salah satu yang menjadi tuntutan bagi anak kemudian adalah kepandaiannya dalam mengatur harta yang dimulai dengan kemampuan mengatur anggaran untuk dirinya sendiri. Setelah anak memasuki usia 15 tahun, dalam Islam, berarti anak telah masuk pada Masa Taklif (15-18 tahun). Pada masa ini anak seharusnya sudah sampai pada titik bernama taklif atau bertanggung jawab. Bagi lelaki setidaknya fase ini paling lambat dicapai di usia 18 tahun dan bagi anak perempuan paling lambat dicapai di usia 17 tahun. Tanggung jawab yang dimaksud selain pada diri sendiri juga tanggung jawab terhadap keluarga, masyarakat sekitar dan masyarakat secara keseluruhan.

Pada fase ini, yang menjadi fokus perkembangan karakter anak adalah anak memiliki kemampuan intrapersonal dan interpersonal yang baik dan bertanggung jawab.

Dari pemaparan kelompok 1 tentang Pemahaman Perbedaan Gender cukup jelas, jadi gender itu tentang peran fungsi tetapi sex itu tentang peran organ jasmani. 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments