Game Level 10 Day 9

By i k k a r f - Februari 05, 2020

#hari9
#tantangan10hari
#gamelevel10
#kuliahbundsayIIP
#grabyourimagination

Assalamualaikum warrahamatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..



Mencoba belajar mendongeng ke teman sebelum ke target utama (suami). Ternyata memang tidak mudah, perlu trik dan ga malu muka jelek, harus ekspresif dan berimaginasi.  Mendongengi orang dewasa dengan anak-anak sungguh sangat berbeda. Berikut hal-hal yang mesti pendongeng perhatikan jika akan mendongeng kepada anak-anak :
  1. Suara dan gestur untuk menggambarkan, naik turun suara saat bercerita dan pergantian suara dalam tokoh bisa dipelajari. Sedangkan gestur memberikan tekanan pada setiap cerita. Bila perlu harus memperagakan gerakan apa yang ada dalam cerita. Harus sering berlatih, untuk suara asli kita disarankan digunakan untuk menggambarkan ceritanya. (Ariyo Zidni, Pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia di Jakarta).
  2. Mendongeng dengan jujur, tak mesti berlebih atau sempurna. Jujurlah atas kemampuan berdongeng anda kepada anak sambil terus mengasah diri.
  3. Pemilihan cerita yang kamu suka, jangan memilih cerita yang tidak kita sukai. Sebab, yang menceritakan dongeng harus memiliki ketertarikan terlebih dahulu. Kalau tidak, cerita tersebut akan terdengar datar. Ketika kita pilih apa yang kita suka otomatis kita pasti sudah set goals-nya. Usahakan sudah membaca isinya terlebih dahulu, kalau kita sudah baca nanti ceritanya akan mengalir. (Ariyo Zidni)
  4. Dongeng bisa dibikin menurut pengalaman, tidak harus yang ada di buku atau cerita rakyat. Dongeng bisa dibuat sendiri oleh kita berdasarkan hal-hal yang dekat dengan anak atau si pendengar dongeng. Apapun bisa dimanfaatkan (properti), waktunya juga enggak harus menjelang tidur. Kita manfaatkan waktu kapanpun untuk digunakan untuk bercerita. Misalnya lagi ngantri lama di supermarket, bisa cerita ke anak soal brokoli atau wortel.
 Tips dan trik diatas garis besarnya bisa kita simpulkan hampir sama bisa dilakukan untuk orang dewasa. Insyaallah besok sesuai target, saya akan membacakan cerita yang sudah selesai saya buat (cerita untuk buku antologi bersama teman-teman saya) ke suami. Semoga Allah berikan waktu dan kesempatan untuk saya bisa melaksanakan misi terakhir di game level 10 ini.

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Source :
https://merahputih.com/post/read/hal-hal-yang-mesti-orang-tua-perhatikan-saat-berdongeng-pada-anak










  • Share:

You Might Also Like

0 Comments