Aliran Rasa Game Level 10

By i k k a r f - Februari 12, 2020


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..

Selama 10 hari kemarin saya lebih banyak belajar bagaimana membuat suatu dongeng yang baik dan benar. Kebetulan memang tanggalnya dateline untuk membuat naskah tulisan buku antologi bersama teman-teman saya. Ya udah deh..sekalian belajar membuat cerita suatu dongeng. Bagaimana dongeng tersebut dapat menyampaikan hikmah atau pelajaran hidup untuk pendengar maupun pembacanya. Saya suka menulis, tetapi ketika serius menulis kali ini saya sadar ternyata tulisan saya kurang "konten". Tulisan yang bernyawa harus bisa membuat pembacanya punya imajinasi menggambarkan dalam pikirannya menjadi nyata. Itu sungguh tidaklah mudah.

Alhamdulillahnya di awal tahun ini seolah saya digiring untuk menjadi penulis. Selain dapat kesempatan untuk ikut menulis dalam sebuah buku antologi, saya juga belajar lebih serius memperbaiki tulisan saya. Ketika mengikuti tantangan 10 hari mendongeng ini entah kenapa saya ingin sekali belajar untuk lebih serius bagaimana cara mendongeng yang baik dan benar. Saya belajar apa itu "read aloud" yang ternyata sungguh beda dari mendongeng. Sepertinya sifat saya yang overthinking sangat cocok jika diaplikasikan untuk membuat suatu cerita dongeng. Kreatif dan imajinatif harus diperlukan oleh seorang penulis dongeng. Kalau istilah orang awam itu harus "out of the box", kalau penulis dongeng haruslah tidak punya kotak (box). Bebas berekspresi tanpa harus memperhatikan kotak, berbeda dengan tulisan. Tulisan sudah tentu harus ada kaidah aturannya, dan itu dua hal yang sangat berbeda jauh.

Wah! Seketika saya takjub dengan orang terdahulu yang membuat suatu cerita wayang, terutama sunan walisongo yang syiar agama Islam dengan menggunakan wayang. Tokoh  Aceh seperti PM Toh yang ekspresif sekali ketika mendongeng. Semoga kelak saya bisa seperti beliau-beliau ini. Amiiin!

Demikian kurang lebih tulisan saya, mohon maaf jika ada salah-salah kata. Semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Source :
Gambar dari google.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments