Game Level 10 Day 2

By i k k a r f - Januari 28, 2020

#hari2
#tantangan10hari
#kuliahbundsay
#gamelevel10
#GrabYourImagination

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..


Ketika berbicara tentang mendongeng kepada orang dewasa saya seketika teringat tentang wayang. Jaman dahulu semua orang mendapatkan manfaat mendongeng dari wayang, penyebaran agamapun lebih mudah dengan menggunakan wayang. Dengan memberikan pelajaran hidup melalui cerita wayang. Dikutip dari halaman buku Jejak Langkah Bunda Sayang Jurnal Institut Ibu Profesional, cerita rakyat tersebat di seluruh penjuru nusantara. Di Aceh dikenal dengan Hikayat, "Sya'e" juga "Haba Jameun". Di aceh ada budaya bercerita berseri-seri yang dituturkan oleh seorang ahli cerita, dan ditonton beramai-ramai.

Hikayat PMTOH merupakan salah satu kesenian bercerita (bertutur) di Aceh. Cara bercerita gaya PMTOH ini pertama sekali dipopulerkan oleh Tgk. H. Adnan, beliau adalah ahli hikayat sejak tahun 1960-an. Kemampuan berkisah beliau, membuat ia sering diundang dalam pesta pernikahan, sunat rasul, atau acara-acara kesenian. Tgk. H. Adnan suatu hari bercerita tentang "Putroe Bungsu", cerita yang beliau bawakan unik dan lihai sampai-sampai panjang ceritanya hingga tujuh hari tujuh malam dan beliau tidak merasa lelah. Sayangnya seiring perkembangan zaman, kini budaya hikayat ini sudah mulai jarang sekali ditemukan. Kecuali ada perhelatan kesenian khusus. Padahal tradisi lisan yang halus budi, kaya akan atat bahasa dan seni adalah kekayaan kultur sepanjang peradaban. Saya jadi teringat dengan teman saya yang seorang guru, dia mulai menggalakkan "read aloud" di Jember. Sepertinya saya perlu diskusi banyak dengan dia mengenai kegiatan ini, entah kenapa ketika menuliskan ini saya sangat ingin memperdalam aktifitas mendongeng ini menjadi profesional.

Semalam saya mencoba ingin mendongeng, tapi sungguh otak ini buntu. Perlu imajinasi dan kreativitas untuk membuat suatu dongeng yang tidak menggurui tetapi belajar mengenai satu topik pelajaran hidup yang dikemas secara apik melalui dongeng. Yang keluar malahan tanya jawab ke suami, hehe tetapi ada yang saya petik dari komunikasi ini. Saya jadi tau tema apa yang suami saya sangat "interest" untuk dijadikan bahan dongeng. Nanti saya akan mencari referensi cerita dan sedikit imajinasi membuat dongeng, dan saya akan mencoba mempagelarkan dongeng saya kepada suami. Insyaallah di hari ke 10 tantangan game kali ini. Disisi lain saya juga sedang dikejar dateline untuk menulis sebuah buku antologi bersama teman-teman saya. Sekalian mengasah untuk membuat suatu naskah atau cerita yang nanti akan saya jadikan materi dongeng saya kepada suami.

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Source : 
Gambar dari google

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments