Game Level 10 Day 1

By i k k a r f - Januari 27, 2020

#tantangan10hari
#gamelevel10
#kuliahbundasayang
#GrabYourImagination
#hari1

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..


Lumayan dibikin bingung dengan game level 10 kali ini, tetapi lumayan mendapat pencerahan ketika diskusi di grup. Alhamdulillahnya ada seorang teman sekelas yang dulunya penyiar, empuk sekali suaranya ketika beliau mencoba mendongeng via voice note whatsapp grup. Ternyata banyak sekali manfaat dari mendongeng yaitu belajar artikulasi yang jelas, kapan memberi jeda, perbedaan suara yang konsisten di setiap karakternya, apalagi membuat suatu hikmah pelajaran ke dalam sebuah cerita (dongeng). Mendongeng bukan hal yang baru bagi saya, meskipun kondisi saya sekarang belum punya anak. Tetapi otomatis ketika ada keponakan, atau anak dari teman saya ketika mereka rewel saya mencoba mengambil buku yang mereka punya dan mendongengkan buku tersebut kepada mereka supaya tenang. Yes! mendongeng ke anak kecil itu obat penenang untuk mereka. Rata-rata semua anak kecil yang pernah saya dongengin, dia semakin dekat dengan saya. Padahal awalnya dia malu-malu dan sembunyi, atau ada yang berlarian kesana kemari tetapi ketika saya membacakan buku menjadi sebuah dongeng mereka serius mendengarkan dan banyak tanya. Menyenangkan!

Tantangan kali ini saya mencoba mendongeng ke orang dewasa (rencananya ke suami), kalau yang satu ini saya belum pernah melakukannya. Pastinya akan berbeda jika kita mendongeng ke anak-anak. Harus lebih kreatif untuk membuat sebuah cerita agar masuk dan diterima dengan baik ke pendengar kita. Pertama-tama saya mencoba belajar artikulasi di depan cermin, dengan mantra "satu sate, tujuh tusuk" (ini ilmu yang didapat ketika diskusi di kelas bundsay kemarin dengan teman saya yang mantan penyiar itu). Setelah itu saya mencoba berbicara mantra tersebut ke suami saya;
Saya : "mas, coba dengerin ya.. sa-tu-- sa-te-- tu-juh-- tu-suk--"
Suami : "denger"
Saya : "artikulasinya jelas nggak mas?"
Suami : "jelas kok"
Yaa begitulah percakapan singkat yang berlanjut cerita kelainnya hehe setidaknya belajar artikulasi dulu. Jujur saya tipe orang yang nggak Pe-De-an, jadi kadang malu-malu kalau berbicara mengutarakan pendapat atau pelan dan ga jelas artikulasinya. Saya rasa tantangan mendongeng kali ini sangat berguna untuk saya. 

Hari ini saya mencoba sedikit memasukkan dongeng di dalam percakapan saya dengan suami. Tapi sepertinya belum berhasil, entahlah saya belum menanyakan progresnya. Ternyata sungguh tidak mudah untuk memasukkan dongeng ke dalam obrolan antara suami istri, kalau tetiba mendongeng di depan suami juga kok nggak lucu ya.. Saya perlu banyak mencari referensi nih, mendongeng ke orang dewasa. Tidak ada yang tidak mungkin, kemarin kan sudah belajar tentang kreatifitas insyaallah saya bisa lah ya menerima tantangan kali ini.

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Source :
Gambar dari google

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments