Game Level 8 Day 11

By i k k a r f - Desember 02, 2019

#hari11
#tantangan10hari
#kuliahbundasayang
#gamelevel8
#cerdasfinansial

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

Hari ini tepat tanggal 1 waktunya mengaplikasikan ilmu yang sudah dicari selama 10 hari kemarin. Pertama-tama saya akan melihat pos-pos pemasukan saya yang masuk hari ini. Berapa totalnya kemudian dituliskan di buku. Kemudian mencoba memasukkan ke dalam neraca yang sudah di dapat informasinya seperti gambar berikut ini :

Saya membuat tabel seperti diatas mencoba menghitung penghasilan dan pengeluaran selama sebulan dan setahun. Membuat pengeluaran tak terduga (jumlah maksimal prosentase yang sudah dibuat diawal -- blog saya sebelumnya).

Membuat tabel neraca ini menghitung berapa total harta, hutang dan total harta bersih kami. Selama ini saya tidak pernah membuat ini, hal ini perlu dilakukan untuk bisa memperkirakan kemungkinan-kemungkinan tak terduga kedepannya.

Selama ini saya masih belum ikut asuransi manapun, suami saya pernah melakukan ini. Karena kami keduanya bekerja, otomatis gaji kami terpotong proteksi dari BPJS. Selain itu saya masih ragu tentang asuransi ini, mungkin besok kita cari tau artikelnya. Tetapi selama ini yang pernah saya pelajari, saya merasa asuransi ini syubhat (meragukan hukumnya, lebih baik investasi emas untuk keperluan tak terduga -- menurut saya pribadi).




Berikutnya saya akan membuat pos-pos pengeluaran seperti di gambar ini secara terperinci. Saya tidak perlu mencatat pengeluaran saya setiap hari, tetapi bagaimana caranya pengeluaran harus sejumlah uang (yang sudah dibagi prosentasenya seperti di blog saya sebelumnya) yang sudah saya pos (di taruh di dompet yang sudah saya siapkan). Kecuali pengeluaran tak terduga yang sangat urgent baru boleh mengambil uang di simpan di ATM (di luar dompet). Cara seperti ini saya rasa lebih efektif, dan saya akan mencoba melakukan ini sampai 3 bulan kedepan untuk kemudian di evaluasi.

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments