Game Level 8 Day 6

By i k k a r f - November 26, 2019

#hari6
#tantangan10hari
#gamelevel8
#kuliahbundasayang
#cerdasfinansial

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..


Selama ini saya mengevaluasi, kebocoran halus tiap bulan itu dari mana saja. Berikut ini tips yang saya temukan di suatu artikel tentang mengatasi hal ini :

  1. Selalu membuat daftar belanjaan untuk belanja bulanan dan usahakan tidak melenceng dengan membeli cemilan yang berlebihan.
  2. Atur ulang budget makan secara komsumtif, siasati dengan belanja (on track untuk diet sehat!)
  3. Sediakan dana sekunder misalnya ada undangan pernikahan dll.
  4. Gunakan kartu prabayar misal untuk membayar tol.
  5. Dahulukan investasi sebagai pengeluaran primer bukan sebaliknya.
  6. Pisahkan rekening tabungan dan rekening belanja agar tidak terjadi bocor halus.
  7. Hindari Santa Claus syndrome, ini adalah kebiasaan kita membelikan rokok atau coklat atau cemilan untuk teman atau pasangan/keluarga dengan iming-iming "ntar diganti!".
  8. Disiplin dalam arti mencatat seluruh pengeluaran yang bisa membuat kita memonitor pengeluaran bocor halus menjadi ketat atau lebih terkontrol, bedakan keinginan dan kebutuhan!

Setelah dipikir-pikir kadang seringnya bocor karena Santa Claus Syndrome sih, suami suka ngemil, saya kadang bosan dengan menu diet pengen cheating tapi saya tidak menyediakan cemilan sehat sebagai pengganti ketika "rasa" ini hadir. Secara ga sadar belanja ke toko dekat rumah, kalau malas go food. Ahhhh! Marilah kita mulai menambal bocor halus dengan memperbaiki cashflow yang ada terlebih dahulu. 

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, karena hari ini kebetulan datang bulan melanda (setiap bulan harus berjuang melawan sakit perut akibat endometriosis) jadi belom bisa menulis banyak. Semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Source : 





  • Share:

You Might Also Like

0 Comments