Game Level 8 Day 3

By i k k a r f - November 23, 2019

#hari3
#tantangan10hari
#kuliahbundasayang
#gamelevel8
#cerdasfinansial

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillhirrahmanirrahim..

Kalau hari sabtu dan minggu disibukkan dengan pekerjaan domestik, jadi disini saya akan bercerita saja progres apa yang sudah saya lakukan dalam belajar cerdas finansial. Saya akan membagi 2 progres, finansial komunitas dan finansial omahQ (rumah tangga, pribadi dan bisnis).

🔺Finansial komunitas,
Sebentar lagi menjelang tahun 2020 IP melakukan change kepengurusan, tetapi saya tetap memilih menjadi ManKeu di SekReg. Meskipun melanjutkan jabatan, tetapi RAPBK (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Komunitas) kami masih ada beberapa yang belum lengkap. Akhirnya kemarin saya dibantu teman saya untuk melengkapi laporan RAPBK pas sesuai saldo yang ada di rekening. Kedepannya akan membahas pembagian prosentase sesuai peraturan pusat, dan saya membuat perubahan pencatatan dan pelaporan untuk kedepannya. Kalau mengulang kesalahan yang lalu akan rugi di saya, akibat tidak segera mencatat berujung mengingat-ingat lagi. Hehe..

🔺Finansial omahQ,
Saya mencoba mengevaluasi dan mencoba pembaharuan metode, jangan sampai kebocoran halus kemarin terjadi lagi. Saya menuliskan pemasukan rumah tangga, pribadi dan bisnis di buku kas (karena saya suka menulis sebaiknya ditulis di buku saja daripada pake aplikasi di HP). Setelah itu saya menuliskan pengeluaran pasti tiap bulannya, untuk rumah tangga dan gaji pribadi sudah pasti jumlah nominalnya. Yang jadi pr besar adalah membuat pembukuan untuk bisnis saya, ini acak adut sekali. Selama ini saya tidak mencatat sendiri, mengandalkan pegawai yang menulis di buku kas walhasil belum ada progres yang sangat baik sampai 4 tahun ini berwirausaha.


Setelah mencari-cari cara dan mencari-cari barang di rumah yang masih bisa dimanfaatkan lagi, saya menemukan 3 dompet ini. Kedepannya saya akan mempos-pos kan keuangan saya di dompet ini. Kalau dari prinsip yang saya temukan kemarin rencananya dari ke-3 pemasukan (gaji suami, gaji saya, pendapatan usaha), masing-masing harus punya pos-nya sendiri-sendiri. Berikut ini saya mencoba menganalisa satu persatu ;

Gaji Suami :
💟 30% Hutang -- sudah dibayar via transfer
💟 10% Zakat -- pos masuk dompet ✅
💟 10% Investasi -- pos di ATM -- mencoba belajar invest emas (perlu tanya-tanya lebih jelas lagi)
💟 25% Konsumsi -- pos di dompet -- belanja bulanan ✅
💟 25% Lifestyle -- pos di dompet -- nonton, rekreasi ✅

Gaji Pribadi :
💟 30% Hutang -- dibayar via transfer
💟 10% Zakat -- pos masuk dompet ✅
💟 10% Investasi -- pos di ATM
💟 25% Konsumsi -- pos di dompet -- jajan? ✅
💟 25% Lifestyle -- pos di dompet -- beli bensin ✅

Genkycorp (bisnis)
💟 20% Hutang -- lihat buku
💟 30% Zakat -- berbagi ilmu (buat mini class dari sini) -- pos di ATM tapi tulis di buku
💟 50% Investasi -- pos di ATM
💟 Konsumsi -- tidak perlu
💟 Lifestyle -- tidak perlu

Yang saya tandai checklist hijau perlu di masukkan ke pos dompet. Prosentase diatas berdasarkan teori yang sudah saya tuliskan di blog saya sebelum ini. Semoga dengan metode baru ini, tidak terjadi lagi kebocoran halus kedepannya. Teori ini akan saya mulai ketika gajian bulan depan, karena pos-pos ini wajib dilakukan di awal bulan. Karena hari masih kurang 1 minggu lagi, akan saya gunakan untuk evaluasi yang belum terselesaikan (misalnya cek pembukuan kas genky).

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments