Game Level 8 Day 2

By i k k a r f - November 22, 2019

#hari2
#kuliahbundasayang
#gamelevel8
#cerdasfinansial
#tantangan10hari

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Hari ini saya mencoba mencari ilmu baru, karena saya sudah pernah membahas bagaimana merencanakan dan pengelolaan keuangan rumah tangga di salah satu blog saya game level 6 menstimulasi kecerdasan matematis logic. Kali ini saya mencoba membaca beberapa buku dan artikel, kemudian menemukan istilah "cash flow for muslim" berikut gambarannya :


Melalui ilustrasi diatas, arus masuk keluar finansial dianalogikan sebagai tong yang mendapat asupan melalui pipa masuk dan dibelanjakan melalui beberapa pipa keluar. Untuk arus pemasukan, Islam memfilternya dengan filter "halal". Jika halal, setelah itu boleh masuk ke dalam tong. Untuk arus kelura, digambarkan ada 4 saluran :
  1. Untuk Allah SWT, hak pertama ini menjadi pos pertama dalam rangka bentuk penghambaan dan rasa syukur kepada Allah SWT yaitu melalui zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Besarnya 2,5% sampai 10%.
  2. Hak orang lain, pos pengluaran yang dimaksud adalah pengeluaran untuk pembayaran hutang. Besarnya tidak boleh lebih dari 30%.
  3. Hak sendiri di masa depan, pos yang ketiga berupa tabungan, investasi untuk berwirausaha, atau untuk keadaan darurat dan mendesak. Besarnya minimal 10%.
  4. Hak sendiri di masa sekarang, setelah semua pos ditunaikan, barulah dialokasikan pengeluaran rutin harian atau bulanan yang difilter dengan "tidak berlebihan". Idealnya besar pengeluaran untuk pos ini tidak lebih dari 50%.
Ada artikel lain yang kurang lebih hampir sama dengan gambaran diatas, berikut gambarnya :


Islamic Cash Flow Management berarti proses mencapai tujuan hidup seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana sesuai prinsip Syariah. Dengan melakukan hal ini, kekhawatiran kita akan masa depan yang "suram" bisa berkurang. Bahkan selain harta yang terproteksi nilainya investasi kita pun dapat semakin tumbuh berkembang, dan masa depan keturunan yang kita cintai pun akan terjamin keberlangsungan hidupnya, Insya Allah. 
Satu lagi bahwa, prinsip utamanya uang ada, memang sengaja diciptakan untuk digunakan, dan dihabiskan, bukan untuk disisakan. Kalau prinsip syariah ini hak sendiri di masa sekarang dipecah menjadi 2 yaitu pengeluaran rutin dan life style/pribadi. Pembagian prosentasenya seperti yang ada di gambar 2 ini. Untuk diingat ini harus dilakukan awal bulan setelah menerima gaji bukan pada akhir bulan.

Dari gambaran diatas, dapat disimpulkan menunaikan hak Allah SWT dan hak orang lain adalah sesuatu yang harus diprioritaskan, dengan begitu insyaallah akan lancar rezeki selanjutnya. 
"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar." (QS. An-Nisa : 9). Dari ayat ini Allah SWT mengajarkan kita untuk benar-benar mengatur keuangan dengan sangat baik untuk kesejahteraan hidup kita dan keluarga.

Contoh neracanya :







Dari ilmu-ilmu diatas, berikutnya berproses mencoba menerapkan metode baru yang saya temukan ini satu persatu akan saya break down dan dibahas secara terperinci satu per satu. Kalau saya pribadi lebih suka membagi menjadi 5 (hak sendiri di masa sekarang dipecah menjadi 2 yaitu pengeluaran rutin dan life style/pribadi), sebab lebih terperinci lagi. Jika pengeluaran rutin masuk ke dalam belanja bulanan untuk kebutuhan rumah tangga sedangkan life style sifatnya lebih personal yang belum tentu setiap bulan beli-beli (nanti akan saya bahas tentang pemikiran butuh atau tidak membeli suatu barang di next blog).

Alhamdulillah hari ini digerakkan Allah SWT untuk belajar ilmu baru, dan jujur istilah "cash flow for muslimah" ini baru untuk saya. Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada manfaat atau ibroh dari tulisan saya ini. 

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Source :
Jurnal Institut Ibu Profesional, Jejak Langkah Bunda Sayang bab game level 8. KipPublishing. 2019






  • Share:

You Might Also Like

0 Comments