Game Level 7 Day 9

By i k k a r f - November 06, 2019

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim...

#day9
#kelasbundsay
#tantangan10hari
#semuaanakadalahbintang
#gamelevel7

Lama tak posting tugas hehe kalau saya dalam satu bulan ada beberapa hari saya "semedi" karena kram perut akibat disminorea. Hari ini baru mulai enakan lagi, jadi saya akan menceritakan hasil observasi suami saya. Beberapa hari yang lalu suami saya cerita kalau dia diberi amanah untuk ngajar tentang "interpersonal" ke warga silat. Ohya fyi, suami saya aktif di purna paskibraka dan silat. Wah, bakat dia banget dong kalo ngomongin interpersonal. Sebenarnya dia bagus di kecerdasan bahasa, pinter ngomongnya aja tapi kalau nulis dia nggak begitu suka. Dia nyeletuk, belum buat ppt tentang interpersonal yang mau dia ajarkan nanti. Dari sini saya mencari tau karakteristik orang interpersonal itu seperti apa.

Berikut ini beberapa karakteristik seseorang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi :
1. Dapat mengembangkan serta menciptakan hubungan sosial yang baru dengan efektif.
2. Mampu berempati dengan orang lain, atau dapat dikatakan memiliki kemampuan memahami orang lain secara utuh.
3. Memiliki kemampuan dalam mempertahankan hubungan sosialnya dengan cara yang efektif, sehingga hubungan sosial yang dibinanya tak akan pernah musnah digerus oleh waktu bahkan senantiasa untuk berkembang semakin mendalam.
4. Dapat menyadari komunikasi, baik secara verbal ataupun non verbal dari orang-orang lainnya. Dapat dikatakan bahwa orang-orang dengan kecerdasan interpersonal tinggi memiliki sifat sensitif terhadap perubahan sosial serta tuntutan-tuntutan yang ada.
5. Dapat memecahkan masalah-masalah yang ada pada hubungan sosialnya, tentunya dengan pendekatan win-win solution. Selain itu, juga dapat mencegah terjadinya masalah pada hubungan sosialnya.
6. Memiliki ketrampilan komunikasi yang baik, dalam hal ini mencakup pada ketrampilan berbicara, mendengarkan, serta menulis secara efektif. Selain itu mereka yang memiliki kecerdasan interpersonal juga akan memberikan penampilan fisik yang memang sesuai dengan tuntutan dalam lingkungannya.

Dari penjelasan diatas benar sekali, terutama yang bagian sifat sensitif dan memberikan penampilan fisik yang memang sesuai dengan tuntutan dalam lingkungannya. Setelah belajar ini saya jadi terbuka akan pemikiran baru, saya kira suami saya genit atau puber hehe karena dia sangat peduli dengan penampilannya. Masyaallah tabarakallah.. semoga kelebihan yang dimiliki suami saya menjadi jalannya untuk meraih Ridho Allah dan berkah bagi sesama. Amiiin.

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..


Source :

  1. https://dosenpsikologi.com/kecerdasan-interpersonal

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments