Game Level 7 Day 8

By i k k a r f - November 01, 2019

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..

#hari8
#kelasbundsay
#tantangan10hari
#semuaanakadalahbintang
#gamelevel7



Hari ini mencoba belajar lebih dalam tentang tes bakat menurut Howard Gardner kemarin. Teori kecerdasan majemuk Gardner dalam Wikipedia, ia melihat kecerdasan seseorang dalam sebuah nilai dan tes yang terstandart, ia mendefinisikan kecerdasan sebagai berikut :
1. Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata.
2. Kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk diselesaikan.
3. Kemampuan untuk menghasilkan sesuatu (produk) atau menawarkan sebuah pelayanan yang dihasilkan dari kebudayaannya.

Jadi menurut Gardner dalam bukunya yang berjudul "Frames of Mind: Teori Multiple Intelegences" tahun 1983 mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, menciptakan suatu (produk) yang bernilai dalam suatu budaya. Adapun macam-macam kecerdasannya adalah :
1. Kecerdasan linguistik, kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu mengungkapkannya melalui kata-kata seperti berbicara, membaca atau menulis.
2. Kecerdasan matematis-logis, kemampuan untuk menagani bilangan dan perhitungan, serta pola pemikiran logis dan ilmiah.
3. Kecerdasan visual, kemampuan melihat suatu objek dengan detail.
4. Kecerdasan musikal, kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan musik, irama, nada dan suara.
5. Kecerdasan kinestetik, kemampuan menggabungkan gerakan fisik dan pikiran sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna.
6. Kecerdasan interpersonal, kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain.
7. Kecerdasan intrapersonal, kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan bertanggungjawab atas kehidupannya sendiri.
8. Kecerdasan naturalis, kemampuan untuk mengerti alam lingkungan dengan baik, kemampuan untuk memahami dan menikmati alam, dan mengenali berbagai jenis flora fauna dan fenomena alam lainnya.
9. Kecerdasan spiritual, kemampuan untuk merasakan keberagaman atau macam-macam orang.

Kesembilan kecerdasan tersebut perlu dikembangkan secara maksimal sejak usia dini agar bermanfaat bagi setiap anak tersebut. Adapun kecerdasan majemuk terbentuk karna faktor :
1. Hereditas yaitu faktor bawaan dari keturunan.
2. Lingkungan merupakan faktor yang berpengaruh besar untuk menghasilkan kemampuan fungsionalitas organ kecerdasan pada anak.
3. Nutrisi, asupan nutrisi merupakan salah satu faktor yang mendukung kecerdasan anak.

Masyaallah Tabarakallah, setelah kemarin hanya mendengarkan youtube dari dr. Aisah Dahlan, sekarang saya semakin faham dan jelas. Ketika mengetik ini saya takjub dan merinding, betapa Allah SWT tidak pernah salah menjodohkan seseorang laki-laki dengan perempuan. Dari hasil keterangan diatas, suami saya sangat unggul di kecerdasan interpersonal sedangkan saya di kecerdasan ini paling rendah (hasil mengisi quiznya). Saya memang belajar banyak dari suami saya tentang mengerti dan memahami orang lain, sebelumnya saya orang yang cuek dan cenderung apatis. Tidak saya pungkiri di tahun ke 5 pernikahan kami kemarin ada masalah, setelah melakukan komunikasi produktif salah satunya sifat saya yang cuek dan apatis ini. Setelah itu saya mengevaluasi diri, belajar melayani dan memahami orang lain.

Berikutnya saya menyoroti ada perbedaan 1 kriteria yang tidak ada di penjelasan dr. Aisah Dahlan yaitu kecerdasan spiritual, kemudian menurut dr. Aisah Dahlan 3 hasil terendah quiz akan sangat sulit di asahnya. Tetapi menurut artikel diatas kesembilan kecerdasan tersebut perlu dikembangkan semua kepada anak, saya fikir bakat itu tidak bisa dibentuk. Bakat itu terbentuk dari ke 3 faktor yang ada di artikel diatas. Wah semakin menarik nih, saya perlu mencari tau lebih banyak lagi tentang teori Howard Gardner ini agar nantinya bisa sharing dengan teman-teman, bahkan saya sudah punya bekal mengasah bakat anak saya kelak. Amiiin..

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini. Ambil baiknya dan buang jeleknya.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..


Source :
https://www.kompasiana.com/alvinzahro/5ae59a4dcbe5230abc21e442/mengenal-kecerdasan-majemuk-multiple-intelligence-pada-anak







  • Share:

You Might Also Like

0 Comments