Game Level 6 Day 8

By i k k a r f - September 12, 2019

#hari8
#tantangan10hari
#kelasbundasayang
#ilovemath
#matharoundus
#gamelevel6

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillah..

Hari ini saya kebetulan ambil ijin tidak masuk kantor karena ingin menyelesaikan urusan perpanjangan STR yang belum beres. Alhamdulillah urusan hari ini selesai, seneng deh kalo checklist yang kita buat udah kecentang. Hari ini lumayan agak santai jadi saya mau membaca buku "Jejak Langkah Bunda Sayang" yang sudah lama saya miliki langsung ke bab Level 6 "Menstimulasi Kecerdasan Matematis Logis".


Saya tertarik dengan Manfaat Belajar Matematika yang ditulis oleh Tim Fasilitator Bunda Sayang #1. Jadi apa saja manfaat dan keuntungan belajar matematika ini?

  1. Mempunyai Pola Pikir yang Sistematis, kita terbiasa berhitung dan menimbang ketika belajar matematika sehingga secara tidak sadar kita telah melatih otak terbiasa berpikir secara runut sehingga mudah dalam mengorganisasi sesuatu.
  2. Logika Berpikir Lebih Berkembang, belajar matematika akan mencakup atau mencerminkan kemampuan berfikir logis. Kita dilatih untuk tidak bersandar pada asumsi dan praduga. Semua kesimpulan harus kita hasilkan melalui perhitungan yang tepat dan pembuktian yang logis.
  3. Terlatih Berhitung, setiap hari kita selalu berhitung seperti menghitung uang jajan atau uang belanja. Dengan terampil berhitung maka kita akan terbiasa melakukannya dengan tepat dan cepat.
  4. Mampu Menarik Kesimpulan Secara Deduktif, matematika sering disebut sebagai ilmu yang bersifat deduktif. Artinya matematika membantu seseorang dalam menarik kesimpulan berdasarkan pola yang umum sehingga membiasakan otak untuk berpikir secara objektif dan rasional. Kemampuan berpikir objektif dan rasional ini adalah kemampuan soft skill yang berguna untuk memecahkan masalah dalam semua lini kehidupan.
  5. Menjadi Teliti, Cermat dan Sabar, pelajaran matematika melatih kita menjalani proses yang panjang dengan penuh kesabaran dan kecermatan. Kualitas ini sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah dalam semua bidang kehidupan.
Setelah 7 hari saya mencoba menulisakan tantangan demi tantangan tentang matematika logic emang sesuai sih dengan kelima manfaat diatas. Bukan overthinking tetapi secara tidak langsung kita mempunyai kemampuan berpikir logic dan objektif. Hal ini terjadi kepada kita dalam keadaan sadar dan tenang, sangat berbeda jika emosional justru matematika logic itu tidak keluar. Ternyata matematika itu ga seserem yang kita bayangkan, di kehidupan sehari-hari kita berteman dengan matematika.

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Source :
Buku Jejak Langkah Bunda Sayang, jurnal Institut Ibu Profesional.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments