Game Level 6 Day 6

By i k k a r f - September 10, 2019

#hari6
#tantangan10hari
#kelasbundasayang
#gamelevel6
#ilovemath
#matharoundus
@institut.ibu.profesional

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

Matematika logic saya kali ini adalah tentang suhu basal tubuh. Diawali pertanyaan yang sering saya dengar yaitu "kok tanganmu anget?" Jadi kalau salaman dengan orang reaksi orang yang aku salami kurang lebih begitu. Pas banget saya juga pengen hamil. Sekalian saja mulai rutinin cek suhu tubuh di pagi hari, biar berfungsi juga tu termometer infrared yang beli tahun lalu. Jadi inget, barang yang lebih dari satu bulan tidak dipakai sama sekali maka mempunyai nilai hisab, jadi harus bersedekah zakatin alat itu. Wallahualambissowab..

Apa kaitannya suhu basal tubuh dengan kehamilan? Suhu basal tubuh adalah kondisi suhu tubuh pada pagi hari sebelum kita bangun dari tempat tidur dan memulai aktivitas. Biasanya perubahan pada suhu basal tubuh akan terjadi sekitar 12 hingga 24 jam setelah ovulasi atau masa subur tengah berlangsung. Karena itu, pengukuran suhu basal tubuh bukan untuk menentukan kapan kamu perlu berhubungan intim, melainkan untuk memberi tahu kamu jika ovulasi itu sudah terjadi. Umumnya suhu tubuh perempuan saat tak berovulasi yakni 35,5ºC hingga 36ºC.

Tetapi patokan itu tidak sama tiap perempuan, tergantung pada individu hingga suhu tempat tinggalnya. Oleh karena itu perlu mencatat suhu tubuh dalam jangka waktu yang panjang misal selama 3 bulan. Sehingga mengetahui berapa rata-rata suhu normal orang tersebut. Setelah telur sudah dilepaskan oleh indung telur (ovarium), rata-rata perempuan akan mengalami kenaikan terhadap suhu basal tubuh sekitar 0,5ºC. Biasanya akan mencapai suhu terendah saat tengah masa subur atau ovulasi bahkan akan mengalami kenaikan suhu sebesar 1ºC setelah masa ovulasi.

Namanya juga coba-coba, jadi saya mulai mengetes suhu tubuh saya kemarin malam. Keluarlah angka 37,4ºC  nah lhoo, saya sedang demam ataukah memang suhu tubuh saya yang memang tinggi segitu. Perlu evaluasi selama sebulan lebih ini, dan harus jamnya rutin ketika bangun tidur sebelum beraktivitas. Apakah lebih rendah ataukah lebih tinggi dari suhu tersebut? Kebetulan tadi pagi bangun tidur lupa ga ambil termometer malah ambil handphone. Hah! lain kali harus ada di samping tempat tidur itu termometer ya.. Semoga salah satu ikhtiar saya ini bisa membuat Allah mengizinkan saya hamil. Amiiin ya Allah..

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Source :
https://www.popmama.com/pregnancy/getting-pregnant/bagasdharma/ingin-hamil-harus-tahu-apa-itu-suhu-basal-tubuh/full















  • Share:

You Might Also Like

0 Comments