Game Level 6 Day 2

By i k k a r f - September 06, 2019

#hari2
#tantangan10hari
#kelasbundasayang
#ilovemath
#matharoundus
#gamelevel6
@institut.ibu.profesional

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..


Dari gambar di atas, tahu tidak bedanya pernyataan dan kalimat terbuka? Yaps! Pernyataan adalah kalimat yang bisa benar atau bisa salah. Sementara kalimat terbuka adalah jenis kalimat "yang belum diketahui kebenarannya". Sehingga, untuk menentukan benar atau salahnya, kita perlu pengamatan lebih lanjut.

Kemarin saya mencoba menghitung untuk memanagement waktu saya, sekarang saya ingin mencari tau sebenarnya arti dari Matematika Logic itu apa. Setelah menelusuri saya membaca artikel, dalam logika matematika kita belajar untuk menentukan nilai dari suatu pernyataan baik itu bernilai benar atau salah. Pernyataan sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Pernyataan tertutup (kalimat tertutup), pernyataan tertutup atau kalimat tertutup adalah suatu pernyataan yang sudah memiliki nilai benar atau salah. Contohnya : "5 adalah bilangan genap", kalimat tersebut bernilai salah karena yang benar adalah "5 adalah bilangan ganjil".
  • Pernyataan terbuka (kalimat terbuka), pernyataan terbuka atau kalimat terbuka adalah suatu pernyataan yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya karena adanya suatu perubah atau variabel. Contoh logika matematika : p(x): 3x+1 > 6, x \in \mathbb{R} --> yang artinya : Saat x = 1, maka p(1): 3(1) + 1 > 6 bernilai salah dan Saat x = 2, maka p(2): 3(2) + 1 > 6 bernilai benar
Dari tulisan diatas dapat disimpulkan, matematika itu bersifat pasti. Lalu apa manfaatnya matematika logik dengan kehidupan sehari-hari? Hal ini sebagai usaha untuk menemukan segala solusi dalam sebuah permasalahan dengan mempertimbangkan berbagai aspek penting, bukan hanya dari segi manfaatnya melainkan dari benar atau salahnya suatu tindakan. Logika dapat mengajarkan kita untuk berpikir dengan cara serius dan menyeluruh guna mendapatkan kebenaran dari segala situasi yang terjadi dan menerapkan hukum dan patokan yang harus dipenuhi. Berikut adalah manfaat dari logika dalam kehidupan :
  1. Membantu manusia berpikir cermat, objektif, dan abstrak.
  2. Membantu berpikir efisien dan sistematis.
  3. Berpikir secara teratur.
  4. Membantu menemukan kebenaran.
  5. Meningkatkan kecerdasan.
  6. Memiliki kemampuan dalam menganalisis suatu kejadian
  7. Diterapkan dalam kajian ilmu apapun.
Dengan belajar logika mampu meningkatkan daya analisi yang kian bertambah. Pengambilan keputusan akan diambil secara benar dengan mempertimbanhkan hal-hal yang sudah terlihat, terbaca dan dipahami dalam proses menemukan kesimpulan. Matematika logik mampu mengajarkan manusia untuk tidak secara langsung menganggap benar atau salah melalui "perasaan" tetapi lebih menggunakan fakta yang bisa dihitung secara pasti. Dari teori ini berarti cara menghitung waktu yang saya lakukan kemarin bisa dikatakan mencari kesimpulan atau mengatasi persoalan dengan menggunakan matematika logik.

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada manfaat atau ibroh dari tulisan saya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Source :












  • Share:

You Might Also Like

0 Comments