Game Level 5 Day 9

By i k k a r f - Agustus 16, 2019

#hari9
#tantangan10hari
#gamelevel5
#pohonliterasi
#kelasbundasayang
@institut.ibu.profesional



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

Hari ini udah enakan, menstruasi juga sudah mulai berkurang.. tandanya sudah hampir selesai. Walhasil ngebut pekerjaan yang numpuk di 2 hari terakhir, nyelesaikan kerjaan kantor, domestik dan komunitas. Hari ini bawa buku-pun seperti biasanya, ga sempet baca di kantor. Ini juga baru senggang, setelah selesai mengisi jadi pemateri di wag "holistic fertility care". Buku target bacaan belum dipegang. Ya Allah... kalo udah gini ngerasa bersalah banget.. Nyesel emang dibelakang yaa.. Rasanya waktu cepet banget jalannya. Kali ini saya ingin mencari referensi lain, mengenai tipe-tipe pembaca buku. Kira-kira saya masuk yang mana ya..?

Dikutip dari The Yorker's Page-Turner Blog, ada 10 tipe pembaca buku :

  1. The hate reader, ini tipe orang yang suka komentar. Selalu ada saja yang dikomentarin selama mereka membaca buku, kalimat yang dianggap kurang pas-lah atau tentang plot yang mereka kurang suka dikomplian oleh si tukang komentar ini.
  2. The Chronological reader, membaca satu buku sampai habis is like a must for the chronological readers. Mereka ini membaca dengan perlahan tapi pasti. Mereka membeli satu buku, membacanya sampai tuntas baru ganti buku yang baru dan dibaca sampai tuntas lagi. 
  3. The Book-buster, mereka si tipe ini tanpa sadar telah menyakiti buku-buku yang mereka cintai. Pemandangan rumahnya dipenuhi dengan buku-buku yang berserakan. Saking cintanya bukunya dibawa kemana-mana, dibiarkan terlipat dan kotor, dan rusak di beberapa sisinya.
  4. Delayed Onset Reader #1, tidak diragukan lagi mereka tipe ini sangat menyukai buku. Tipe ini tidak bisa menahan diri tiap kali pergi ke toko buku. Mereka akan tergoda untuk membeli buku, bahkan banyak buku yang mereka mau. Setelah membeli dan setibanya di rumah, mereka menganggap buku seperti karya seni yang cantik sehingga diperlakukan dengan sangat apik, ditata di rak buku atau meja kecil disamping tempat tidurnya serapi mungkin. Namun sayangnya mereka sangat sibuk sehingga harus menunda membaca buku-buku yang mereka punya. Maka saat tiba waktunya mereka membaca buku yag sudah lama menunggu itu, mereka sangat sangat sangat senang! (selfplak nih.. sayaaaa buangeeeet!)
  5. Delayed Onset Reader #2, pembaca tipe ini bukanlah pembaca buku yang baik. Sering kali mereka membeli buku hanya untuk pamer. Mereka lebih senang menunjukkan koleksi buku mereka. Bukan hanya itu, rak bukunya pun bisa jadi hal lain yang mereka bangga-banggakan. 
  6. The Bookophile (kebalikan dari the book-buster), pembaca tipe ini begitu mencintai buku dan tidak akan mungkin menyakiti buku-bukunya. Lebih dari sekedar cinta baca, pembaca tipe ini memang cinta "buku". Mereka suka mencium aroma buku, apalagi buku baru. Mereka senang melihat halaman bukunya mulai menguning. Menurut mereka, buku adalah suatu objek keindahan.
  7. The Anti-Reader, mereka adalah tipe orang yang tidak suka menonton TV serta membaca buku. Namun apa yang terjadi setelah mereka menemukan moment dimana mereka harus membaca buku, mereka bisa membaca buku dan tenggelam beberapa saat saja di dalamnya. Setelah itu mereka akan merasa lebih baik dan merasa ada perubahan dalam diri mereka. Ini merupakan momentum awal di mana mereka mulai mau membaca sebuah buku.
  8. The Cross-Under, tipe ini tipe orang dewasa yang membaca buku anak-anak atau anak-anak yang membaca buku orang dewasa. Mereka adalah pemikir bebas dan tidak peduli apa kata orang tentang buku yang mereka baca. Bacaan mereka tidak terbatas oleh kategori usia, sebab ini merupakan kebiasaan yang mereka anggap menyenangkan.
  9. The Multi-Tasker, dalam satu hari dapat membaca lebih dari satu buku. Di pagi hari, mereka membaca beberapa halaman dari buku A, di siang hari mereka membaca buku B, dan di malam hari mereka membaca buku C. Tapi pada akhirnya mereka akan menyelesaikan semua buku yang mereka baca. 
  10. The Sleepy BedTime Reader, menurut pembaca tipe ini, waktu yang paling bisa digunakan untuk membaca adalah malam hari ketika mereka hendak tidur. Tetapi.. mereka selalu berakhir dengan buku terbuka yang menutup wajah di pagi hari, sebab mereka malah mengantuk kemudian terlelap ketika sedang membaca. (Lagi-lagi ini sayaa buangeeet juga!)

Well, whatever types of reader we are, we all must know that reading is a good habbit that can give us many benefits, such as knowledge, stress reduction, vocabulary expansion, memory improvement, stronger analytical thinking skill, improved focus and concentration, better writting skill, tranquility, and free entertainment. 



Demikian kurang lebihnya mohon maaf, ketika kita tau tipe yang mana kita maka cobalah untuk menyelesaikan membaca bukunya.. LOL! Semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..


gambar dari google


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments