Game Level 5 Day 6

By i k k a r f - Agustus 13, 2019

#hari6
#tantangan10hari
#gamelevel5
#pohonliterasi
#kelasbundasayang
@institut.ibu.profesional

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..


Hari ini sudah ngumpulin 2 daun, tapi belum juga nempelin daun emas. Saya sedang mengumpulkan informasi agar saya termotivasi untuk mengumpulkan daun emas sebanyak-banyaknya. Dan ada fakta menarik yang saya dapat, berikut adalah perbedaan manfaat dan dampak negatif antara membaca buku fisik dengan e-book. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa :

1. Kehilangan beragam informasi penting.
Secara fisik, buku kertas bisa dilipat untuk menandai halaman berapa yang terakhir dibaca, hal ini karena melibatkan jari-jari tangan melipat kertas bisa menjadi semacam alat bantu mengingat. "Penelitian kami menemukan, orang yang membaca buku konvensional (fisik) memiliki empati dan rasa lebih terhanyut dalam cerita ketimbang orang-orang yang membaca buku digital," kata salah satu penulis buku, Anne Mangen dari Stavanger University di Norwegia.
Sementara dalam buku digital, perhatian pembaca jadi lebih terbagi-bagi. Ada banyak kemungkinan perhatian jadi teralihkan karean tautan ke tempat lain di internet.


2. Mengganggu waktu tidur.
Studi dari Harvard University mengatakan, membaca buku digital sebelum tidur mengganggu produksi hormon yang penting untuk tidur, yakni melatonin. Akibatnya akan membuat sulit tidur, susah mendapat tidur pulas dang bangun tidak segar.
Sementara itu buku dari bahan kertas membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Sebab buku dan informasi yang terkandung di dalamnya bisa membawa pikiran pembacanya keluar dari pikiran yang menimbulkan stress untuk sesaat.

3. Layar monitor = stress
Penggunaan telepon genggam atau notebook di malam hari erat kaitannya dengan depresi, level stress yang tinggi, serta kelelahan di antara orang muda.
Sedangkan membaca buku dari bahan kertas memang kesannya kuno dan tidak praktis. Namun, kesederhanaan dari memegang buku fisik, membalik halaman demi halaman dapat meningkatkan sensor-sensor di jari tangan akan meningkatkan daya ingat si pembaca.

Naaah... jadi sebuah insight baru untuk saya agar lebih bersemangat lagi untuk membaca buku fisik. Mungkin tanpa saya sadari efek-efek yang dijelaskan diatas terjadi juga kepada saya.

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, semoga ada hikmah atau ibroh dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Mari mulai membaca buku konvensional !

Source :











  • Share:

You Might Also Like

0 Comments