Game Level 5 Day 3

By i k k a r f - Agustus 10, 2019

#hari3
#tantangan10hari
#gamelevel5
#kelasbundasayang
#pohonliterasi
@institut.ibu.profesional



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..
Hari ketiga, masih belum berhasil mengkhatamkan buku target. Gagal memberi daun ke pohon yang masih kering kerontang hehe. Akhirnya saya mencoba googling, mungkin ada tips yang berhasil untuk saya membiasakan membaca buku setiap hari. Ini adalah hasil penelusuran saya, yang saya kutip dari kang uni mubarok.

Ada beberapa tips yang bisa kita coba untuk bisa produktif membaca. Bahkan kita bisa menamatkan 1 buku dalam 1 hari selama kita ada KEMAUAN. Berikut tipsnya :

  1. Mengatur jadwal membaca harian, saya masih bertanya-tanya sepertinya project "bed time story" (membaca sebelum tidur) belum efektif di saya. Saya akan mencari tau jam-jam yang luang untuk membaca buku.
  2. Mencoba audiobook, saya sedang penasaran dengan podcast, mungkin diawal ini untuk meningkatkan semangat baca saya, atau ketika saya sedang di jalan dan lupa membaca buku bisa mendengarkan podcast dari hape saya.
  3. Membaca buku kemanapun kita pergi, ini sudah saya lakukan membawa buku di dalam tas kemanapun saya pergi. Kalau sedang menunggu lama, saya membacanya. Tetapi kalau sebentar waktu senggangnya biasanya tidak terjamah itu buku. Yang sering sih yang terakhir hehe..
  4. Membuat reading list untuk memasang target membaca, ini sudah saya lakukan. Tetapi mungkin urutannya perlu saya survey terlebih dahulu, mana dulu buku yang sebaiknya saya baca pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.
  5. Bergantian genre untuk menghilangkan rasa bosan, mungkin nanti jika sudah mulai rutin hal ini akan saya pertimbangkan untuk dilakukan.
  6. Berhenti membaca buku yang tidak dinikmati dan alihkan ke buku yang lain sehingga kita bisa menikmati aktifitas membaca. Kalau yang ini sudah saya strategi, di awal memulai pembiasaan membaca buku saya memulai dengan buku yang ringan dulu. Tetapi kendala waktu dan niat tadi ya utamanya "KEMAUAN" harus di istiqomahkan lagi niatnya.

Alhamdulillah... mungkin saya akan memulai dengan mendengarkan podcast dulu di hp saya, jika sudah terbiasa didongengin saya akan memulai membaca buku-buku target saya. Sepertinya podcast akan menjadi penghilang rasa bosan saya selama membaca buku (asal pilihan audiobook-nya ringan dan santai). Ohya, rencananya suami mengajak saya mudik ke rumah neneknya. Ini tantangan untuk saya. Karena besok hari raya idul qurban, saya mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada para pembaca budiman (hehe) semoga pengorbanan kita melawan hawa nafsu dan godaan syetan setiap harinya akan meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah swt. Amiiin.

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Allaahuakbar... Allaahuakbar.... Allaaaahuakbar.. laillaaahaillallaaahuallaahuakbar... Allahuakbar walillaaailham..


Source :
https://video.kompasiana.com/kangunimubarok0679/5b5eb357ab12ae374f5938eb/tips-membaca-1-buku-dalam-1-hari

gambar dari google

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments