Game Level 5 Day 12

By i k k a r f - Agustus 19, 2019

#hari12
#tantangan10hari
#gamelevel5
#kelasbundasayang
#pohonliterasi



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

Sedih banget semangat diawal tidak sebanding dengan niat membaca saya, jadi terulang lagi.. udah nge-list buku apa aja yang rencana akan dibaca tapi stuck di 1 buku belum beres-beres dibaca. Saya jadi mencari kiat-kiat untuk menumbuhkan minat membaca pada diri saya, dan inilah hasil telusuran saya :

  1. Menumbuhkan motivasi, motivasi ini harus dimulai dan tumbuh dari diri sendiri dulu memang. Tanamkan dalam diri kita bahwa dengan membaca pandangan kita menjadi terbuka atas hal-hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Selain itu membaca juga akan menambah perbendaharaan kata dan frase untuk bekal menjadi penulis kelak. Saya sudah paham dan tahu akan hal ini, banyak buku yang saya beli dan saya butuhkan untuk bahan rujukan saya kalau ditanya klien atau bahan untuk sharing dengan kelompok belajar saya. Begitulah kalau sudah lama tidak membaca buku, untuk membakar semangat membaca lagi lama (ngangetinnya). Tapi.. Bismillah.. kita coba paksakan ya.. Dari terpaksa jadi terbiasa..
  2. Memilih tema yang diminati, sebaiknya pilih buku dan sumber bacaan dengan tema yang kita sukai. Salah satu penyebab mengapa orang yang berniat untuk membiasakan diri membaca sering berhenti di tengah jalan karena telah memiliki mindset bahwa buku adalah bacaan yang membosankan dan berat (ini sebenarnya tidak berlaku bagi saya, tetapi ada beberapa buku yang membosankan tidak seperti dulu terutama buku-buku romansa percintaan remaja). Tetapi untuk diawal begini sebaiknya memang cari buku yang disukai, agar memulai membiasakan membaca buku lebih fun. Mungkin sebaiknya saya harus keluar dari list buku yang sudah saya buat. Saya harus mencari buku novel saja untuk "ngangetin" semangat membaca saya.
  3. Menyisihkan waktu, berpikirlah bahwa menyisihkan beberapa menit setiap hari tak hanya sebagai latihan untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga investasi untuk kehidupan yang lebih baik di hari depan. Untuk itu pilihlah waktu yang benar-benar senggang dimana Anda bisa fokus kepada bahan bacaan Anda. Kadang-kadang kita sulit menyerap suatu bahan bacaan karena konsentrasi kita tengah tertuju pada hal-hal lain. Meluangkan beberapa menit untuk membaca sebelum tidur bisa menjadi pilihan. Setelah terbiasa tambahkan durasinya sedikit demi sedikit setiap hari. Nah kalau poin ini saya sangat setuju, karena amanah tugas saya banyak, saya terfokus akan hal-hal lain. Contoh : saya mengikuti banyak grup whatsapp, ada kelas online, ada komunitas, ada pengurus, ada grup kantor. Ketika ada waktu senggang saya mulai membaca satu persatu chat yang banyak tadi, karena lelah melipir ke sosial media lain seperti instagram, twitter, dan facebook. Tidak terasa waktupun berlalu dan sudah malam, sudah sampai ambil buku tapi yang ada lelah ketiduran setelah membuka tanpa membaca. Saya berfikir untuk membuat strategi baru. Saya biasanya senggang di jam 20.00 wib. Oleh karena itu bed time story saya rubah menjadi 15 dalam 20 (meluangkan/menyisihkan 15 menit untuk membaca buku di jam 8 malam).
  4. Meningkatkan rasa ingin tahu, kunjungi perpustakaan atau toko buku. Di sana anda akan menemukan ratusan buku dengan judul-judul serta cover yang menarik. Mungkin anda akan berpikir bahwa ini adalah strategi marketing, memang benar, tetapi bukankah trik ini juga sukses membangkitkan rasa ingin tahu anda? Lanjutkan rasa penasaran ini untuk mengetahui isi buku tersebut dan lambat laun tanpa terasa anda akan menjadi orang dengan hobi membaca. Naaah.. inipun sempat terfikirkan oleh saya. Sudah lama saya tidak mengunjungi perpustakaan kota padahal jarak dari rumah ke perpustakaan sangat dekat. Karena jam buka-nya seperti jam kantor saya olehkarenanya saya tidak bisa melakukan ini, sempat terfikir untuk mencari suasana baru membaca buku di cafe dekat rumah. Lagi-lagi karena tidak punya teman yang diajak ke cafe jadi gagal wacana ini (padahal niatnya mau baca buku, kenapa malah cari temen ya.. yang ada kan bakalan cerita-cerita dong hehe).
  5. Meminta rekomendasi, meski masih dalam rangka belajar untuk meningkatkan minat baca, anda mungkin belum terlalu tahu buku-buku apa yang bagus untuk dibaca, untuk itu Anda bisa meminta saran atau rekomendasi dari rekan yang suka membaca, selain itu Anda juga bisa meminjam buku koleksi mereka yang menurut mereka bagus. Poin ini masih jadi pertimbangan, karena saya ingin menyelesaikan buku yang saya punya dan banyak buku bagusnya ada yang hasil rekomendasi teman juga.
  6. Membaca seperlunya, walaupun anda sangat bersemangat untuk mengembangkan hobi membaca ini, sebaiknya jangan berlebihan untuk menghindari rasa bosan sehingga Anda berhenti di tengah jalan. Kebutuhan untuk membaca itu memang tergantung dari hasrat masing-masing orang untuk memperoleh informasi. Sedikit demi sedikit intensitas membaca Anda akan semakin bertambah, begitu juga kualitas buku yang Anda baca sedikit demi sedikit tema yang dipilih bisa yang semakin "berat" atau serius. Ini sudah saya alami sendiri, saya mulai kecil sudah suka membaca sebenarnya, mulai dari majalah, komik, novel percintaan remaja, sampai detektif remaja. Semakin kesini bacaan saya semakin berat dan serius, tetapi saya suka dan butuh. 

Dari poin-poin diatas yang perlu utama saya coba adalah poin nomor 3, saya akan mencoba menerapkan "15 dalam 20" menggantikan "bed time story". Harus menyisihkan waktu dalam sehari untuk membaca. Jika saya membiarkan seperti ini terus maka saya tidak akan maju, yang ada hanya kebanyakan wacana saja. Bismillah.. komitmen yang dibuat harus dikerjakan! Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada hikmah dan ibroh dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments