Game Level 5 Day 1

By i k k a r f - Agustus 08, 2019

#hari1
#tantangan10hari
#kelasbundasayang
#gamelevel5
#pohonliterasi
@institut.ibu.profesional

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

Akhirnya sampai ke game level 5 yaitu menstimulus keluarga suka membaca. Saya akan menantang diri saya sendiri untuk rutin tiap hari membaca buku yang sudah direncanakan. Sebelumnya saya mulai print gambar yang sudah diberikan oleh tim Bundsay. Saya juga mulai membuka kembali koleksi buku-buku saya yang sudah menumpuk dan beranak. Saya tergiur kalau ada promo-promo buku bagus hehe..


Sementara masih segitu dulu target bacanya, nanti kalau sudah selesai dilanjut rak kedua dibawahnya lagi dipenuhi target buku bacaannya. Sengaja juga saya pajang di wall grid biar semua anggota keluarga tau dan harapannya ini adalah pendekatan secara halus untuk menularkan kebaikan membaca. Saya ingat teori Enlightning Parenting bahwa Berubah itu Mengubah. Jadi perbaiki diri sendiri dulu maka nanti sekitar kita akan mengikuti hal baik yang kita biasakan lakukan. Setelah membuat target buku apa saja yang akan saya baca, saya membuat 2 projet :
1. Rimbunkan Pohon Literasi


Saya membuat 2 batang pohon. Nantinya jika sudah selesai membaca buku, saya akan menuliskannya di sehelai daun. Kemudian ditempel di pohon yang masih kering kerontang diatas. Rencana saya akan membandingkan, pohon mana yang paling rimbun. Pohon di tahun 2019 atau di tahun 2020?Kedepannya saya akan membuat pohon setiap tahunnya, jadi saya akan tau semangat membaca saya semakin meningkat atau malah menurun. Semoga nanti ada pohon anggota keluarga yang lain juga.

Filosofinya membaca adalah sebuah pohon  dan dedaunan itu bukunya (sumber ilmu pengetahuan). Semakin kita banyak membaca maka semakin rimbun pohon, berbuah lebat, dan akarnya semakin menghujam ke dalam tanah yang membawa air dan oksigen dalam tanah disebarkan ke seluruh tubuh pohon. Harapannya semakin berisi diri kita, ilmu dari buku-buku yang kita baca itu semakin membuat kita banyak transfer ilmu dengan sesama. Karena ilmu yang bermanfaat diajarkan ke orang lain maka pahalanya akan terus mengalir meskipun kita telah tiada di dunia ini.

2. Bed Time Story
Project kedua ini eksekusinya.. Karena kesibukan yang saya punyai maka saya kesulitan mencari waktu yang pas untuk membaca buku. Naaah.. sekaranglah saatnya saya menantang diri saya sendiri untuk istiqomah membaca. Minimal membaca buku sebelum tidur, meskipun itu hanya selembar atau 2 lembar saja.

Persiapan tempur sudah disiapkan, sekarang saatnya eksekusi. Setelah memposting tugas ini, saya akan mulai membaca buku yang ringan dulu. Buku ini sudah saya baca beberapa bab ketika mudik lebaran kemarin, tetapi habis itu ditinggal begitu saja dan belum tuntas. Bercerita tentang "mata hati wanita" jadi sebuah buku antologi, cerita nyata dari beberapa perempuan yang mengkisahkan perjuangan hidupnya. Saya ingin segera menyelesaikan buku ini, karena cerita-ceritanya menarik mulai dari kisah seorang single parents, suka duka dengan suami, sampai ada yang menceritakan sedu sedan persalinan VBA2C nya. Semoga suatu saat bisa membuat buku saya sendiri ya, buku ini tulus dari hati maka sampai juga di hati pembacanya (idaman saya buat buku seperti ini). Jadi strategi saya untuk menaikkan semangat membaca, dimulai dari buku cerita dulu kemudian naik level yang agak serius.

Demikian kurang lebihnya mohon maaf, semoga ada manfaat dan ibroh dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



  • Share:

You Might Also Like

0 Comments