Aliran Rasa Pohon Literasi

By i k k a r f - Agustus 27, 2019

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

Sampai juga di akhir game level 5 ini tentang literasi, berikut saya sertakan gambar skema literasi :


Jadi ada 4 tahapan dalam literasi seperti yang dijelaskan pada gambar diatas. Pada tantangan 10 hari kemarin saya belajar tahap pertama yaitu mendengarkan. Saya belajar mendengarkan audiobook, saya memilih mendengarkan podcast. Sekarang sudah banyak materi mulai dari yang ringan sampai yang berat. Saya biasanya mendengarkan ini sambil mengerjakan hal lain, saya bisa multitasking tetapi hanya beberapa yang terserap dari keseluruhan materi. Ternyata mendengarkan pun perlu fokus, tidak boleh melakukan hal lain agar materi terserap dengan baik. Jika kita hanya mendengarkan sekelumit dari materi maka pesan yang disampaikan si pembuat materi tidak mengena. Dari sini saya jadi ingin membuat podcast saya sendiri, ternyata literasi dengan ini lucu juga. Hehe 

Tahap kedua yaitu berbicara, di tantangan 10 hari kemarin saya melatih bicara saya dengan tulisan. Hehe.. ternyata berbeda yaa.. berbicara itu ya dengan ucapan (suara) mungkin ini eksekusi dari tahapan 1 saya tadi ya, mencoba beropini di podcast saya nanti. Ini hal baru bagi saya, dan saya bersemangat sekali dengan ini. Terkadang bahasa tulisan tidak selengkap dibandingkan dengan berbicara. Penggunaan kata-kata yang tepat akan lebih tersampaikan, jika ingin profesional harus membuat bagan dulu agar runut ketika berbicara nanti (tidak bingung mau ngobrol apa lagi). Public Speaking adalah salah satu bentuk literasi dengan metode berbicara. Saya harus belajar ini nih, karena saya terkadang belajar menjadi narasumber kelas kecil yang biasa saya adakan di rumah. Melatih dengan merekam suara sendiri sepertinya efektif untuk mengkoreksi perbendaharaan kata yang saya miliki ataupun bahasa yang saya sampaikan apakah sudah baik (tersampaikan pesannya) atau tidak.

Tahap ketiga adalah membaca, naah.. selama tantangan 10 hari kemarin saya terfokus hanya dengan tahap ini saja. Pohon literasi saya diisi dengan buku apa yang sudah saya baca. Sepertinya saya perlu memperbaiki metode saya ini. Saya jadi punya ide, kedepannya warna-warni daun akan saya gunakan menjadi indikator 4 kategori tahapan literasi ini (saya sangat bersemangat sekali, padahal belum dikerjain udah berbinar-binar dengan ide saya ini). Tetapi ada satu hal keuntungannya, saya menemukan rumusan waktu yang tepat untuk saya luangkan selama 15 menit untuk menyelesaikan tugas membaca saya setiap hari (project 15 to 21). Semoga istiqomah!

Tahap keempat, last but not least adalah menulis. Inilah target saya untuk membuat buku biografi diri saya sendiri. Minimal untuk pembaca saya yaitu keluarga saya nanti, syukur-syukur bisa diduitin yaa.. ada penerbit yang meminang buku saya (mimpi setinggi-tingginya, siapa tau menjadi doa yang menjadi nyata) hehe.. Selama tantangan 10 hari ini benar-benar saya mem-push diri saya sendiri untuk menulis selama 15 hari berturut-turut. Karena untuk menjadi penulis koentji-nya adalah mulai aja dulu. Disini saya memulai setiap hari belajar menulis di blog, meskipun di pertengahan rasanya ingin nyerah. Karena kesibukan ini itu rasanya malas untuk menulis, tetapi tekad dan niat yang kuat akhirnya saya berhasil mengalahkan rasa malas saya itu. Kedepannya saya ingin belajar lebih dalam mengkoreksi kata-kata dan tulisan saya dengan bergabung rumbel literasi IP Jember Raya. Bismillah.. Karena menulis sudah saya lakukan dari kecil (semenjak SD, setelah bisa membaca dan menulis). Saya berbinar ketika saya menulis buku diary, menulis cerpen baik di buku tulis, disimpan di memori komputer sampai di blog. Tetapi itu semua sudah saya bakar bukunya, blog lawas sudah saya hapus, dan komputer entah kemana sudah tidak ada jejak masa lalu (saya merasa tidak pe de dan "alay" bahasanya anak ABG) hehe sekarang memulai menulis lagi lebih baik (meskipun sekarang merasa masih belum baik tulisannya). Saya merasa ada perubahan ke arah lebih baik tulisan saya yang sekarang dibanding dulu. Yang penting, banyak belajar, banyak nulis, percaya diri, mulai aja dulu yuk..

Demikian kurang lebihnya aliran rasa saya sementara ini saya mengaplikasikan project ini ke diri saya sendiri, semoga kelak bisa satu tim keluarga dan semoga ada ibroh atau manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Source : 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments