Game Level 4 Day 9

By i k k a r f - Juli 23, 2019

#hari9
#tantangan10hari
#kelasbundasayang
#gamelevel4
#gayabelajaranak
@institut.ibu.profesional

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..


Setelah saya cari tau ciri-ciri 3 tipe gaya belajar, akhirnya saya bisa membuat mind mapping gaya belajar ala saya. Seperti yang terlihat di gambar diatas, secara sekilas saya tipe gaya belajar visual. Karena suka membuat grafik, gambar, serta permainan warna. Jadi tiap tipe gaya belajar saya pecah menjadi 3 yaitu umum, eksternal dan internal. Untuk internal tipe kinestetik dan auditory saya tidak menemukan, sedangkan di tipe visual internal saya yaitu imajinasi. Ya.. saya suka berimajinasi dan punya banyak sekali ide kreatif, tetapi saya memang tidak pandai untuk menjelaskannya secara jelas dan terperinci dengan ucapan tetapi saya bisa memvisualisasikan dengan bentuk gambar dan bagan-bagan begini.

Pada eksternal, di tipe visual saya suka membuat mind mapping, grafik, tabel, flow chart dan gambar-gambar ketika saya belajar. Hal ini sangat memudahkan saya untuk mengingat suatu teori ataupun ide. Pada tipe auditory sisi eksternal saya, ketika saya mengikuti pelajaran kelas Tamyiz online disitu saya melakukan hafalan dengan menirukan kembali nyanyian yang disampaikan oleh fasilitatornya dengan baik. Terutama jika lagunya sudah sangat familiar, tetapi jika nadanya baru dan jarang di dengar butuh diulang 2-3 kali untuk ditirukan kembali. Kekurangan saya itu mudah terganggu dengan keributan ketika belajar dan ini salah satu ciri tipe belajar auditory.

Sisi eksternal tipe belajar kinestetik saya adalah saya suka menyentuh segala sesuatu yang saya jumpai karena rasa penasaran saya tinggi. Yang kedua saya suka belajar dengan cara praktek atau percobaan seperti di laboraturium maupun di alam terbuka daripada harus belajar di dalam kelas duduk manis diam mendengarkan guru. Ketiga saya suka belajar dengan membuat permainan atau dengan beraktifitas fisik, ini lebih mudah saya pahami daripada belajar dengan duduk diam. Salah satu contoh lagi ketika saya mengikuti kelas Tamyiz online (belajar bahasa arab secara online), selain menghafalkan dengan menirukan suara fasilitator dengan lagu otomatis badan saya ikut bergoyang sesuai irama, tak jarang tangan saya pun ikut memutar-mutar bolpoint baru saya enjoy dan bisa faham.

Sekarang kita bahas secara umumnya tipe visual saya, saya suka mencorat-coret buku. Isi tas saya selalu ada notes dan pulpen yang dibawa kemana-mana, meskipun ada handphone saya lebih suka corat coret notes (menggambar dan menulis) daripada scroll atau mengetik via handphone. Tipe auditory saya secara umum, ketika membaca buku terkadang jika ada part yang agak susah dipahami saya otomatis menggerakkan bibir mengucapkan tulisan di buku tersebut, setelah faham saya akan angguk-angguk sendiri (hehe..). Yang terakhir tipe kinestetik saya, umumnya saya selalu ingin bergerak. Saya tidak bisa bertahan lama di satu posisi saja, selalu cepat bosan dan moody. Oleh karena itu, me time saya suka bebikinan (misal membuat decoupage, menghias botol bekas dengan kertas tisu) yang penting tangannya bergerak, kalau bosan saya suka berkebun. Ini lebih tahan lama daripada duduk diam membaca buku.

Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil 45% saya tipe visual, 30% tipe kinestetik dan 25% tipe auditory. Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh dan manfaat yang diambil.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments