Game Level 4 Day 10

By i k k a r f - Juli 24, 2019

#hari10
#tantangan10hari
#gamelevel4
#kelasbundasayang
#gayabelajaranak
@institut.ibu.profesional

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..


Setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan tipe belajar kita, dan dominan cenderung tipe belajar yang mana. Diharapkan kita lebih kreatif memilih cara dan metode belajar seperti apa ketika sedang memperdalam suatu ilmu (baca : belajar). 


Dari gambar survey di Indonesia diatas kita tau prosentase tipe gaya belajar anak di Indonesia. Sebaiknya kita harus mengenal dulu tipe yang mana gaya belajar kita demikian juga kepada anak kita. Cara belajar yang sesuai dengan diri kita sendiri akan lebih mudah dipahami daripada memaksakan gaya belajar yang tidak sesuai dengan diri kita mungkin akan faham tetapi lebih lama fahamnya. 

Menurut DePetter dan Hearchi, 2003, tipe belajar merupakan gaya belajar yang dimiliki oleh setiap individu yang merupakan cara termudah dalam menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Sutanto, 2006, membagi tipe belajar seseorang menjadi 3 hal :
1. Manusia visual, dimana ia akan secara optimal menyerap informasi yang dibacanya/dilihatnya.
2. Manusia auditori, dimana informasi yang masuk melalui apa yang didengarnya akan diserap secara optimal.
3. Manusia kinestetik, dimana ia akan sangat senang dan cepat mengerti bila informasi yang harus diserapnya terlebih dahulu "dicontohkan" atau ia membayangkan orang lain melakukan hal yang akan dipelajarinya.

Selain ketiga tipe belajar tersebut, DePetter juga menambahkan bahwa ada tipe campuran dari tiga tipe belajar diatas, misalnya Auditori-visual atau Visual-kinestetik atau bisa ketiga-tiganya tapi biasanya satu tipe belajar lebih mendominasi. Saya termasuk yang terakhir punya tiga tipe belajar tetapi visual yang lebih mendominasi. Untuk kamu termasuk tipe gaya belajar yang mana?

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga ada ibroh dan manfaat dari tulisan saya ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments