Game Level 2 Day 14

By i k k a r f - Mei 08, 2019


Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh..

Bismillah...

#hari14
#tantangan10hari
#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kelasbundasayang
@institut.ibu.profesional

Hari ini saya kembali sharing menjadi ahli gizi keluarga kembali. Bulan ini menantang diri sendiri untuk lebih mandiri mengatur asupan makanan selama bulan Ramadhan. Target saya ingin mendetoksifikasi tubuh saya selama 30 hari (menu khusus jika menstruasi). Seperti hari ini dimulai dari sahur, selalu minum air putih dan kurma ajwa (jumlahnya ganjil) kadang dibuat air nabeez, kadang di makan langsung. Sudah di tanggal 3 Ramadhan, sahurnya kadang makan gizi penuh pakai nasi kadang skip makan nasi. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada keluhan selama puasa. Lanjut berbuka, hari ini saya ingin membuat infused water. Karena saya tidak bisa jika makan banyak beberapa makanan jadi harus punya siasat untuk cukup makan buah dan sayur. Pakai buah-buahan yang ada di kulkas, berikut bahan-bahannya :
1 liter air berkualitas (kangen water ph 9,5)
1 potong semangka dengan bonggolnya dan isinya potong segitiga
1 buah delima merah
1 sdm air lemon

Cara membuat :
Campur semua bahan ke dalam wadah (usahakan menggunakan bahan kaca, jika tidak ada minimal botol plastik free BPA). Kocok hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 8 jam, minum ketika berbuka puasa. Buahnya saya makan semua, meskipun banyak sari-sari buah yang pindah ke air putih. Saya tidak memasukkan ke dalam kulkas, karena jika minum buka puasa dengan air dingin akan semakin membuat haus. Jadi saya diamkan di suhu ruang saja.

Alhamdulillah lebih segar, daripada minum es buah yang sudah banyak campuran susu ataupun gula cair. Dilanjutkan makan berat sambil diberi acar (resep ada di postingan blog saya game level 2 day 5). Karena saya masih makan goreng-gorengan, acar dapat menggelontor lemak-lemak jahat dalam tubuh. Banyak minum air putih minimal 2 liter selama buka dan sahur (kalau saya sedia 1 botol 1 liter, harus habis 2 kali isi ulang air putih). Pada saat Ramadhan kita harus kurangi makan, kurangi tidur dan banyak beribadah. Sudah 3 hari menerapkan ini alhamdulillah puasanya enak ke tubuh.

Tantangan selama puasa adalah melatih kemandirian tidak tidur setelah sholat subuh, ini tantangan sekali apalagi start tidurnya sudah lewat tengah malam, karena paginya harus kerja. Tantangan ke-2 mengajak suami mau makan menu sehat yang saya sediakan. Sementara ini hanya ibu saja yang mau, terkadang saya curi-curi ganti gula putih dengan madu. Awalnya bertanya, teh hangatnya apa di beri jeruk nipis (karena teh hangatnya saya beri raw honey, pengganti gula putih), saya jawab tidak. Eh habis juga teh hangatnya. Memang perlu kelihaian nih tantangan satu ini. Progres belanja ke pasar tiap 2 hari sekali dilakukan dengan sukses, belanja di hari selasa, kamis dan sabtu. Kebetulan selasa kemarin perdana belanja sepulang kerja, subhanallah jalanan macet dan penuh. Tantangannya saya mau pindah pasar yang lebih tenang.

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments