Game Level 2 Day 10

By i k k a r f - Mei 04, 2019


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah..

#hari10
#tantangan10hari
#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kelasbundasayang
@institut.ibu.profesional

Hari ini hari sabtu waktunya libur, biasanya kalau libur gini hari buat janjian sama teman-teman komunitas atau sibuk domestikan. Kebetulan hari ini janjian main ke rumah 2 teman saya yang rumahnya banyak sekali tanaman. Alhasil pulang-pulang banyak tanaman yang diberi untuk saya angkut ke rumah. hihi. Alhamdulillaah.. Dan setelah perburuan tanaman itu, saya mampir ke tempat servis motor. Sudah berpuluh-puluh abad rasanya motor saya cuma dinaikin saja tapi belum pernah di servis lagi, efeknya speedometer mati, lampu motor mati, ban dalam sudah banyak tambalan. Udah parah banget kan??

Setelah menikah saya biasanya menyerahkan beberapa hal kepada suami (merasa ada sosok lelaki yang bisa membantu saya). Tetapi kebetulan suami adalah "kuli negara" yang waktu liburnya tidak bisa diprediksi. Selain kuli negara dia juga aktif di beberapa perkumpulan. Diawal menikah saya sudah dilatih mandiri oleh suami, jadi sudah terbiasa kemana-mana sendirian. Tapi memang ada kalanya saya ga berani ganti tabung gas sendiri, ganti galon sendiri, di saat-saat tertentu saya memilih naik motor sendiri saja daripada naik aplikasi ojek online (saya parno kejadian-kejadian serem di angkutan umum atau online sekarang ini, padahal dulu sewaktu sekolah suka naik angkot, kecuali naik kereta, bis masih bisa dipaksain sendirian karena rame dan udah biasa dulu kuliah di luar kota). Hari ini saya menantang diri sendiri untuk menyelesaikan tugas satu per-satu, karena jika menunggu suami yang ada malah nggak jalan-jalan. Apalagi suami sudah memberikan tanggungjawab karena motor ini saya yang pakai maka saya juga harus merawatnya.

Kemandirian seseorang terbentuk dari pola pikir yang positif dan tidak selalu bergantung pada orang lain sekalipun itu suami sendiri. Selalu siap menghadapi semua tantangan dan siap menerima resiko yang mungkin timbul dari sebuah pengambilan keputusan, karena setiap keputusan tentu mengandung resiko tertentu, tergantung seberapa besar kita meminimalisir resiko tersebut. 
Jika merujuk pada Al-qur'an, dijelaskan bahwa citra perempuan yang terpuji adalah perempuan yang memiliki kemandirian, memiliki hal berpolitik, dan kritis dalam apa yang dihadapinya. Penjelasan ini tertuang dalam surah An-Naml ayat 29-44 yang menceritakan seorang perempuan bernama Balqis yang menduduki takhta di negeri Saba'. Al-qur'an surah Al-Baqarah ayat 228 menyebutkan, Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban mereka menurut cara yang ma'ruf.

Jadi menurut saya perempuan yang mandiri itu baik, selama masih menghargai suami. Penting sekali komunikasi produktif kepada suami apa yang bisa kita lakukan sendiri dan apa yang perlu butuh bantuannya. Termasuk keuangan, menurut saya mempunyai penghasilan sendiri itu baik selama tugas utama seorang istri atau ibu sudah berjalan dengan baik. Harus bisa dibedakan, mana hal yang bisa dikerjakan sendiri, mana yang harus dikerjakan bersama-sama dengan pasangan (suami).

Demikian kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Source :

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments