Melatih Kemandirian

By i k k a r f - April 25, 2019


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillah..

#hari1
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Sudah memasuki game level 2 yaitu melatih kemandirian anak, karena saya belum punya anak maka saya akan melatih kemandirian ke diri sendiri. Menurut saya jika ingin merubah orang lain maka harus merubah diri sendiri terlebih dahulu. Awalnya bingung kemandirian yang seperti apa jika sudah dewasa seperti ini?! Karena materi yang disampaikan oleh tim bundsay hanya tentang kemandirian anak, mencoba browsing tagar di Instagram tidak juga menemukan jawaban. Bertanyalah saya kepada fasil kelas kami, beliau berkata menantang skill kemandirian kepada diri sendiri contohnya memasak. Ahhh benar saja.. ini pe er besar untuk saya, semenjak saya bekerja lumayan keteteran mengatur tentang perihal masak-memasak. Awalnya saya sedikit kesal, kenapa suami saya mewajibkan memasak.. kenapa tidak seperti suami lainnya yang santai tentang perdapuran ini. Kalau istri sibuk ya beli saja laah.. sekarang kan banyak masakan jadi, go food pun jadi (hawa nafsu mamak-mamak yang tidak bisa dikontrol hihi)

Seiring berjalannya waktu, saya faham kenapa suami saya punya alasan saya wajib memasak. Karena ketika memasak kita sambil berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan dalam setiap suapannya, semoga berkah bagi siapa saja yang memakannya (Amiin). Kebetulan kami masih tinggal di rumah ibu saya, saatnya saya melayani ibu. Nah, ibu saya ini penganut wajib sarapan pagi-pagi sekali. Semenjak saya bekerja di ranah publik, dunia perdapuran saya berantakan. Saya mengaku saya yang salah, karena kurang persiapan yang matang hehe. Pada kesempatan ini saya ingin memperbaiki kesalahan saya tersebut. Saya akan fokus pada skill melatih kemandirian sebagai ahli gizi di rumah (memasak makanan sehat dan minuman halal bin thoyib).

Saya akan membuat 4 step by step agar saya menjadi ahli gizi di rumah, apa sajakah itu?

1. Membaca buku panduan sehat ala rasulullah, saya ingin mengasah ilmu tentang sehat ala rasulullah. Kebetulan saya punya banyak buku yang belum selesai saya baca, akhir-akhir ini saya suka mengikuti ig dr.zaidul akbar. Alhamdulillah saya sudah mempraktikkan membuat minuman sehat dari produk-produk Allah. Jadi tugas saya mempelajari makanan apa saja yang bagus untuk program hamil (saya dan suami), makanan dan minuman untuk wanita menopause (ibu saya), dan juga makanan dan minuman untuk menjaga kesehatan adik saya. 

2. Food preparation, karena saya bekerja masuk pagi maka saya harus mempersiapkan agar tidak kelabakan di pagi hari. Mulai dari persiapan bumbu halus selama seminggu, masa waktu simpan sayuran dan buah-buahan di kulkas dll.

3. Memasak masakan yang sehat ala rasulullah dengan benar, agar nilai gizinya tidak hilang harus seperti apa.

4. Membuat menu masakan untuk buka dan sahur di bulan Ramadhan, menemukan menu yang pas untuk semua anggota keluarga (karena selera masing-masing orang beda-beda).

"The most effective way to do it, is to do it." sesuai dengan quote diatas mari kita mulai saja tantangan hari pertama, step pertama membaca buku. Jujur saja saya rajin menyimpan artikel materi dan buku tentang sehat ala Rasulullah, maka sekarang saatnya membaca dan mencari formula yang pas untuk di eksekusi. Saya mentarget membaca semua materi yang sudah saya miliki selama 4 hari. Jadi saya punya 4 buku, dan 12 materi dr.zaidul akbar dalam gdoc. Jadi dalam sehari saya harus minimal membaca 1 buku dan 3 materi, kemudian merangkumnya dalam tulisan di buku khusus.

Demikian semoga bermanfaat, kurang lebihnya saya mohon maaf. Yang baik diambil, yang buruk jangan ditiru.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments