TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

By i k k a r f - September 13, 2018

Assalamualaikum wr. wb.

Bismillah.. NHW 7 belajar untuk mencari tau bakat apa yang ada pada diri kita. Allah SWT menciptakan manusia itu sempurna, setiap individu sudah pasti mempunyai kelebihan dan bakatnya masing-masing. Cumaa... ada yang dengan mudah ketemu, dan ada juga yang butuh waktu lama untuk menemukan apa bakatnya. Kali ini saya ditugaskan untuk belajar mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang dibuat oleh para ahli di bidang pemetaan bakat. Ada banyak tools yang sudah diciptakan oleh para ahli tersebut, diantaranya dapat dilihat secara online di www.temubakat.com ; http://tesbakatindonesia.com/ ; www.tipskarir.com dan masih banyak lagi berbagai tes bakat online maupun offline yang bisa kita pelajari.

Untuk kali ini saya memilih salah satu tools yaitu www.temubakat.com setelah log in saya sempat kebingungan dalam mengerjakannya (ini salah satu kekurangan saya, kerja nyambi iseng-iseng buka yang berakhir gagal karena tidak fokus dan tidak teliti, udah emosi duluan hehehe) ternyata kita perlu membaca tulisan yang ada di dalam kotak, semakin lama pertanyaan yg banyak semakin sedikit.
Silahkan anda mencobanya juga!

Tugas berikutnya setelah mengkonfirmasi ulang bakat kita dengan tools yang ada, disarankan jangan percaya 100%. Saya mengkonfirmasi ulang hasil tersebut sekali lagi dengan mengisi pernyataan aktivitas apa yang saya SUKA dan BISA selama ini. Dengan membuat kuadran aktivitas saya, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran, kira-kira seperti gambar di bawah ini :




Keterangan gambar :
Kuadran 1 : aktivitas yang saya SUKA dan saya BISA
Kuadran 2 : aktivitas yang saya SUKA dan saya TIDAK BISA
Kuadran 3 : aktivitas yang saya TIDAK SUKA tetapi saya BISA
Kuadran 4 : aktivitas yang saya TIDAK SUKA dan saya TIDAK BISA

Berikut saya jabarkan aktivitas sehari-hari apa saja menurut pengamatan saya sendiri yang saya kerjakan :
Kuadran 1 saya isi dengan aktivitas :
mengubah barang bekas menjadi barang layak guna yang cantik, saya suka mengumpulkan barang-barang bekas kemudian menyulapnya menjadi lebih bagus. Ketika saya melakukan kegiatan ini saya merasa bersemangat, bahagia dan hilanglah kepenatan saya.
Kuadran 2 saya isi dengan aktivitas :
traveling/rihlah dan memotret, saya suka aktivitas ini tetapi tidak bisa dilakukan sering-sering travelingnya karena kesibukan dan sesuatu lain hal (waktu dan biaya), memotretpun sebisanya (ilmu memotret seadanya) belum ahli.
Kuadran 3 saya isi dengan aktivitas :
Tugas domestik yang tidak saya suka yaitu membersihkan kamar mandi. Saya bisa melakukannya tetapi tidak suka karena susahnya membersihkan kerak2 yang ada di tegel kamar mandi (karena hasilnya kurang bersih jadi saya merasa tidak puas jika harus membersihkan kamar mandi sendirian), biasanya meminta suami untuk melakukan pekerjaan ini. hehe
Kuadran 4 saya isi dengan aktivitas :
Sampai saat ini berfikir keras kegiatan yang tidak saya sukai dan saya tidak bisa. Sepertinya tidak ada. 😁

Demikian penjabaran pencarian bakat yang ada di diri saya dan hasil evaluasi aktivitas sehari-hari yang biasa saya lakukan. Setelah saya kerjakan NHW 1 sampai 7 ini, semakin saya mengenali diri saya lebih dalam. Saya begitu tersepona dengan kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri saya sendiri. Tidak pernah terlintas sedikitpun di benak saya, untuk mengenal diri saya sendiri sedalam ini. Saya sangat menunggu-nunggu review dari NHW 7 ini, karena jujur agak bingung dengan hasil dari tools temu bakat yang sudah saya kerjakan, sebab tidak ada salah benar disini. Yang keliru itu kita diam tidak melakukan apa-apa. Satu yang pasti belajar di matrikulasi institute ibu profesional ini sangat menyenangkan, selalu penasaran dengan tugas-tugas yang diberikan, tetapi disisi lain tidak terasa satu persatu saya juga belajar mengenali siapa saya, kenapa saya berada di dunia ini, di lingkungan ini dan apa sebenarnya tujuan hidup saya.

akhir kata, wassalamualaikum wr. wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments