Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

By i k k a r f - Agustus 24, 2018



Bismillah.. udah masuk NHW 4 nih.. makin seru.. sambil flashback ke NHW 1, 2 dan 3.
Alhamdulillah kemarin hari raya iedul adha, qurban apa saya????
Saya qurban hati dan pikiran.. meninggalkan hal-hal buruk untuk menjadi lebih baik lagi! Setelah sebelumnya saya telah melewati ujian hidup tepat seminggu sebelum hari raya qurban, saya jadi tertampar untuk menjadi pribadi yang lebih baik tidak bisa ditunda-tunda lagi. Butuh action, bukan cuma omong doang.
Ujian demi ujian yang saya lalui mendewasakan saya, diri ini semakin belajar bagaimana cara mencintai Allah dengan cinta yang sesungguhnya cinta. Karena kita sedang mencintai Sang Maha Cinta, cara mencintainya ternyata sangat-sangat berbeda dengan cara saya mencintai makhlukNya. Lebih rumit, lebih kompleks, dan saya semakin tau semakin saya mencintai Dia selangkah maka Allah akan mencintai saya seribu langkahNya (dengan caraNya pasti).

Ada beberapa hal dan indikator yang sudah saya tuliskan di NHW 1, 2, dan 3 yang akan saya revisi disini. Di NHW 1 dan 2 saya bisa ngerjain tugasnya SKS (sistem kebut semalam).. lahdalah.. di NHW 3 saya butuh beberapa hari untuk menyusun tugasnya, kali inipun saya susun jauh-jauh hari sebelum deathline (semakin lama semakin baper, semakin berat dan ga main-main). Baiklah kita mulai merevisi NHW 1.
a. Apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Jawaban saya, saya tetap memilih jurusan ilmu tersebut tetapi saya ingin menambahkan dan lebih memperincinya lagi. Jurusan ilmunya adalah :
1. Sabar dan ikhlas.
2. Management Waktu.
3. Belajar Memasak yang Halal dan Thoyib.
4. Berbagi Kebaikan.

Selanjutnya saya melangkah ke NHW 2, ada banyak yang ingin saya revisi disini.
b. Sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? (Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu "memantaskan diri" setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita).
Jawaban saya, saya masih belum konsisten karena checklist di NHW 2 belum jelas, masih umum. Berikut saya coba untuk menjabarkannya satu - persatu.
1. Jurusan ilmu Sabar dan ikhlas, checklistnya :
Harian :
- buat angket "anger management" yang berisi indikator tingkat kemarahan/management emosi dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi dengan prosentase selama 1 hari. Semakin rendah marahnya berarti semakin sabar dan ikhlas dalam menjalani hidup, sebaliknya semakin tinggi kemarahannya maka harus dievaluasi.
- isi dan evaluasi tiap malam angket "anger management".
Bulanan :
- Rekap angket "anger management" selama 1 bulan penuh, kemudian dievalusi, cek dengan bagaimana amalan ibadah kita kepada Allah (contoh : apakah solatnya kurang tumakninah. sebab berdasarkan dalil "Jika ingin merubah hidupmu mulailah dengan merubah/perbaiki solatmu" dan berdasarkan QS. Al-Baqarah : 45 sabar dan shalat hanya untuk orang yg khusu').
Begitu pula dengan evaluasi tahunan, diharapkan 3 tahun kedepan sudah dapat menata rasa sabar dan ikhlas dalam diri saya sesuai syariat Islam.

2. Jurusan Management Waktu, checklistnya :
Harian :
- Bangun pagi maximal jam 03.30 wib, tidur malam paling lambat jam 22.00 wib. Jika tidak bisa tidur dibuat baca buku. Dilarang nonton tv dan baca hp di atas jam 22.00 wib. Tidak boleh tidur di pagi hari.
- Istiqomah dan disiplin untuk melakukan aktifitas yang sudah dibuat.
Evaluasi tiap bulan dan tiap tahun, diharapkan 3 tahun kedepan sudah otomatis bangun pagi, dan istiqomah dengan jadwal yang sudah dibuat.

3. Jurusan Belajar Masakan Halal dan Thoyib, checklistnya :
Harian :
- Tiap pagi masak, tanpa MSG, dan pastikan makanannya sehat.
- Baca resep-resep makanan yang sehat.
Evaluasi tiap bulan dan tiap tahun, jika ada kegagalan dalam memasak kenapa hal itu terjadi. Diharapkan 3 tahun kedepan sudah otomatis masak masakan yang sehat tanpa nyontek buku atau internet lagi. Sebab makanan yang dibuat sendiri dan penuh cinta akan merekatkan rasa kasih sayang dalam keluarga.

4. Jurusan Berbagi Kebaikan, checklistnya :
Harian :
- Senyum setiap hari, pastikan pikiran selalu positif untuk melihat kebaikan orang tsb, bukan melihat kesalahannya. Karena senyum adalah sedekah yang paling ringan.
- Setiap hari sedekah minimal sehari seribu.
- Buat satu hari 1 postingan yang berisi dakwah atau sharing ilmu di medsos dan pastikan tidak hanya dakwah dengan tulisan tapi dengan akhlaq. Akhlaq yg baik juga dakwah.
Evaluasi tiap bulan dan tiap tahun, jika ada miss (tidak dilakukan) kenapa hal itu terjadi. Diharapkan 3 tahun kedepan sudah otomatis terbiasa berbagi kebaikan setiap harinya.

Selanjutnya kita beranjak ke NHW 3..
c. Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Jawaban saya, saya seorang bidan yang belum dikaruniai momongan. Setelah merenung, mungkin sekarang Allah menyuruh saya untuk memberikan inspirasi kepada banyak wanita di bidang "Kesehatan dan Pendidikan Ibu dan Anak berdasarkan Al-qur'an dan hadist". Berbagi ilmu yang sudah saya punya dan pelajari untuk ditularkan kepada banyak perempuan lainnya (minimal yang berada disekitar terdekat saya). Semoga kedepannya saya juga bisa menerapkan ilmu yang saya punya kepada anak-anak saya kelak.
Misi Hidup : Memberikan inspirasi ke orang lain.
Bidang : Kesehatan dan Pendidikan Ibu dan Anak berdasarkan Al-quran dan hadist.
Peran : Inspirator.

d. Setelah menemukan 3 hal diatas, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Jawaban saya, untuk bisa menjadi ahli di bidang Kesehatan dan Pendidikan Ibu dan Anak berdasarkan Al-qur'an dan hadist, maka saya harus menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai sebagai berikut (saya memilih nama-nama wanita yang dijamin surga oleh Allah, diharapkan kitalah berikutnya, dan berkumpul dg beliau semua di surgaNya.. amiin) :
1. Menjadi Asiah : Ilmu-ilmu seputar hijrah dari kebiasaan buruk ke kebiasaan baik, memaafkan innerchild, dan ilmu membangun self image (dakwah dengan akhlaq), belajar anger management (karena saya ingin selesai dengan diri saya dahulu, bahagia terlebih dahulu, baru orang lain akan ikut bahagia dan percaya dengan apa yang akan saya sampaikan nanti.).
2. Menjadi Maryam : Ilmu-ilmu seputar kesehatan Ibu dan Anak berdasarkan Al-qur'an dan hadist, mempelajari kembali ilmu kesehatan yang saya perolah (me-review) dan banyak belajar ilmu baru (baik dari buku maupun pelatihan), pastikan one bite at a time!
3. Menjadi Fatimah : Ilmu-ilmu seputar pendidikan Ibu dan Anak, mempelajari bagaimana mendidik yang sesuai fitrah berpedoman kepada syariat Islam (berdasarkan Al-qur'an dan Hadist).
4. Menjadi Khadijah : Ilmu-ilmu seputar wirausaha secara islami dan berbagi manfaat kepada banyak orang.

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup.
Saya menetapkan KM 0 pada usia 31 tahun ini, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat ini setiap hari saya mendedikasikan 5 jam waktu saya pada weekdays dan 15 jam pada saat weekend untuk mencari illmu, mempraktekkan, menuliskannya dengan suami di papan pencapaian yang dapat dilihat oleh semua anggota keluarga. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Millestone yang ditetapkan oleh saya adalah sbb :
KM 0 - KM 1 (tahun 1) : Menguasai ilmu seputar "Menjadi Asiah"
KM 1 - KM 2 (tahun 2) : Menguasai ilmu seputar "Menjadi Maryam"
KM 2 - KM 3 (tahun 3) : Menguasai ilmu seputar "Menjadi Fatimah"
KM 3 - KM 4 (tahun 4) : Menguasai ilmu seputar "Menjadi Khadijah"

Setelah mengkoreksi kembali checklist diatas (NHW 2) dan sudah saya rasa benar/sesuai, hal berikutnya yang dilakukan adalah lakukan, lakukan dan lakukan! Bismillah semoga istiqomah dan benar-benar berkomitmen melakukannya mulai hari ini! Semangat!

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments